Online Seller Wajib Tahu 6 Cara Menentukan Produk Paling Laris!

0
1721
menentukan produk paling laris

Daftar Isi
1. Cara Menentukan Produk Paling Laris
2. Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik
3. Trik Jitu Menentukan Harga Jual agar Menang saat Perang Harga 
4. Tips Membuat diskon/ Promo yang Efektif 
5. Teknik Closing Ampuh untuk Jualan
6. Tips Membuat Konsumen Repeat Order
7. Mengelola Iklan Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi
8. Tips Menggunakan Influencer sebagai Media Pemasaran
9. Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis
10. Strategi  Mengelola Database untuk UMKM

Sobat Shipper, sebagai penjual online penting untuk mengetahui tren pasar mengenai produk laris yang saat ini banyak diburu pembeli. Tren produk yang sedang banyak dicari bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti musim tertentu, target konsumen, pengaruh iklan dan sebagainya. Sebagai contoh, di masa pandemi Covid-19 mempengaruhi tren produk laris, seperti masker, vitamin, produk elektronik untuk menunjang WFH dan sebagainya. 

Sobat Shipper perlu melakukan riset pasar secara mendalam untuk mengetahui produk terlaris saat ini. Riset pasar merupakan bagian penting sebelum memulai marketing strategi untuk meningkatkan penjualan. Menyediakan produk-produk yang sedang tren di toko kamu tentu bisa membuat jualan laris. Mau tahu bagaimana cara menentukan produk laris di pasaran saat ini? Mari simak penjelasan berikut ini!

1. Riset Pasar Menggunakan Google Trend

Internet merupakan tempat yang tepat untuk melakukan riset pasar di era teknologi seperti saat ini. Hampir sebagian besar orang mencari informasi mengenai produk yang mereka butuhkan melalui internet. Seseorang tidak perlu lagi datang ke toko dan mengecek satu per satu produk. Calon pembeli cukup memasukkan kata kunci di mesin pencari tentang produk yang mereka butuhkan, meliputi jenis produk, manfaat, komposisi, merek dan sebagainya. 

Untuk mengetahui tren produk laris dari internet kamu bisa memanfaatkan penggunaan Google Trends. Google Trends adalah tools digital marketing yang disediakan Google untuk membantu seseorang mengetahui hal-hal yang sedang tren atau banyak dibicarakan di internet menggunakan data dan info grafik.

Sobat Shipper bisa mengetahui produk laris yang tengah banyak dicari melalui link http://trends.google.com. Kemudian masukkan kata kunci yang berhubungan dengan penjualan seperti “jual”, “beli”, “diskon” dan sebagainya. Google Trend akan memberikan info hal-hal yang ramai dibicarakan di internet dalam 12 bulan terakhir berdasarkan kata kunci tersebut. 

2. Riset Pasar Menggunakan Google Keyword Planner

Selain Google Trends, Google Keyword Planner merupakan tools digital marketing yang banyak digunakan dalam menentukan kata kunci jenis produk potensial untuk dijual. Google Keyword Planner dapat membantu Sobat Shipper menemukan produk laris saat ini dengan cara memberi data berdasarkan kata kunci yang banyak dicari di internet. 

Untuk bisa menggunakan Google Keyword Planner kamu perlu terdaftar dalam Google Ads. Google Ads biasanya digunakan sebagai salah satu strategi digital marketing untuk membuat iklan online yang tepat sasaran berdasarkan kata kunci tertentu dan target konsumen potensial. Google Ads sebagai salah satu upaya jualan laris. Jika Sobat Shipper ingin mencoba Google Ads dan Google Keyword Planner kunjungi situs https://ads.google.com

3. Cari Tahu Produk Laris dari Situs E-Commerce Populer

Sebagian aktivitas jual beli online terjadi di situs-situs e-commerce atau marketplace. Hal ini bisa menjadi salah satu marketing strategi untuk melakukan riset pasar berdasarkan produk laris di situs e-commerce. Situs e-commerce populer di Indonesia saat ini adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan Blibli. Setiap situs e-commerce biasanya punya daftar produk laris berbeda sesuai dengan target konsumennya. 

Cobalah kunjungi situs e-commerce populer dan lakukan riset berdasarkan kategori produk yang ingin kamu cari tahu, lalu analisis bagian produk terlaris. Misalnya kamu berjualan pakaian maka lihatlah tren di bidang fashion. Jenis pakaian apa yang sedang banyak dibeli saat ini bisa menjadi ide produk jualan di toko online kamu. Kamu bisa cari tahu pakaian populer berdasarkan jenis bahan, style, warna yang sedang tren dan sebagainya. 

4. Cari Info Bidang Usaha yang Sedang Naik Daun

Sama seperti tren produk laris, bidang usaha pun punya tren tersendiri yang mungkin berbeda setiap musim. Contohnya, di masa pandemi ini kamu bisa menganalisis bidang usaha yang sedang naik daun di sektor kuliner. Terjadi peningkatan bidang usaha kuliner. Tren ini dipengaruhi oleh para ibu rumah tangga menjadi lebih produktif selama pandemi dengan menjual kreasi masakan mereka secara online melalui marketplace atau dengan bantuan layanan delivery order.

Memahami bidang usaha yang sedang naik daun saat ini bisa membuka peluang usaha baru. Hal yang perlu diperhatikan adalah mencoba menghasilkan produk yang unik dan punya nilai jual atau keunggulan untuk bisa bersaing dalam sektor usaha yang sedang naik daun. Selain jenis produk, marketing strategi yang tepat juga dapat membantu jualan laris manis. Selain riset online, untuk mengetahui hal ini kamu bisa melakukan riset offline melalui iklan di koran, ulasan di majalah dan sebagainya.

5. Gunakan Media Sosial untuk Mengetahui Tren Produk Laris

Produk laris atau viral biasanya mudah diketahui dari popularitasnya di media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok hingga Youtube. Sebagai penjual kamu perlu update dengan tren jual beli yang bisa dianalisis melalui media sosial. Banyak brand  menggunakan jasa influencer sebagai bagian strategi marketing. Sobat Shipper bisa mengikuti update dari beberapa influencer terkenal dan menganalisa produk laris yang mereka promosikan. 

Selain mengikuti update dari influencer, kamu juga bisa melakukan analisis dari tagar atau konten viral yang sedang populer di media sosial. Dari hasil analisis tersebut kamu bisa menambahkan produk laris yang sesuai ke barang jualan kamu agar toko kamu semakin banyak dikunjungi oleh konsumen yang potensial.  

6. Analisis Produk yang Paling Disukai oleh Konsumen Potensial Kamu

Jika kamu memiliki media sosial kamu bisa menganalisis produk laris dari followers kamu. Salah satu caranya dengan melalukan survei online. Tanyakan pada followers media sosial bisnis kamu, produk mana yang mereka paling suka dari brand atau toko online kamu. Selain itu, tanyakan juga ide produk baru yang mereka inginkan agar kamu produksi atau kamu jual di toko online kamu. 

Beritahu pelanggan bahwa kamu berencana membuat produk baru dan meminta masukkan dari mereka mengenai produk yang akan mereka sukai. Ini bisa menjadi ide baru yang berguna untuk perkembangan bisnis kamu. Selain itu followers akan lebih loyal dan merasa senang karena bisa ikut terlibat dalam menentukan produk laris dan ide produk baru. Survei bisa melalui kolom komentar media sosial, kuisioner dan lain-lain.

Sobat Shipper itulah beberapa cara menentukan produk terlaris yang bisa kamu coba. Jika kamu melalukan riset pasar untuk mencari produk yang sedang tren pastikan telah sesuai dengan target konsumen brand atau toko online kamu, ya. Misal, toko online kamu menjual produk fashion dengan target konsumen remaja wanita, maka carilah produk laris yang revelan dengan remaja wanita. 

Selain marketing strategi yang tepat untuk membuat jualan online laris, kamu juga perlu layanan pengiriman terpercaya untuk menjaga loyalitas konsumen. Caranya dengan memilih jasa pengiriman profesional dengan jaminan keamanan. Percayakan kebutuhan jasa pengiriman kepada Shipper! Shipper memberi banyak kemudahan bagi penjual online seperti layanan jemput paket gratis. Jika ingin tahu keunggulan lain dari Shipper, kamu juga bisa kunjungi websitenya di shipper.id.