Yang Perlu Kamu Tahu, Ketika Mencari Jasa Pengiriman Barang Murah!

0
214
Cari Jasa Pengiriman Barang Murah di Shipper

Kamu yang sedang mencari atau bahkan ingin menggunakan jasa pengiriman barang murah, sebaiknya tahan dulu, dan perhatikan beberapa hal berikut ini. Mencari dan menggunakan layanan pengiriman barang dengan harga murah pastinya menguntungkan, tapi ada hal lain yang juga harus diperhatikan dengan baik, antara lain :

Legalitas perusahaan

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman barang, adalah legalitas perusahan tersebut. Pastikan perusahaan tersebut resmi dan sudah mempunyai sertifikat dan legalitas badan usaha yang sah di mata hukum. Selain itu, pastikan juga alamat kantornya jelas, no telpon yang dapat dihubungi dan hal-hal lainnya.

Jangkauan pengiriman

Hal berikutnya yang perlu di cek adalah jangkauan pengiriman yang dimiliki oleh penyedia jasa tersebut. Pilih yang jangkauannya luas, dan mampu mengirimkan hingga ke daerah terpencil. Kali ini cek apakah daerah atau bahkan alamat penerima barang yang akan kamu kirim ada di pihak penyedia jasa. Misalnya saja kamu akan mengirimkan barang ke kota Ambon. Pastikan kota, daerah atau bahkan alamat dapat tercover, atau masuk ke dalam area / jangkauan pengiriman pihak penyedia jasa.  

Layanan yang diberikan

Dalam memilih jasa pengiriman barang murah, cek juga bagaimana pelayanan yang diberikan, apakah lengkap atau tidak. Layanan yang dimaksud disini adalah layanan pengiriman via darat, laut udara, dan juga kurier. Termasuk didalamnya, sistem pengiriman barang, seperti Full Truck Load / FTL, Less Than Truckload / LTL, Full Charter Load / FCL dan juga Less Than container Load / LCL.

Kualitas layanan yang diberikan

Selain layanan, cek jug bagaimana kualitas layanan yang diberikan. Dalam hal ini, kamu perlu mengecek apakah sistem pengiriman barangnya selalu tepat waktu, adanya fasilitas sistem tracking atau melacak barang yang dikirim, layanan antar barang (misalnya port to door, door to door, dan yang lainnya), serta layanan lainnya. Dalam hal ini, kamu juga perlu memastikan bahwa customer service yang dimiliki aktif, dan mudah dihubungi, jika kamu mempunyai masalah yang berhubungan dengan sistem pengiriman.

Garansi dan asuransi

Akan lebih baik, jika kamu memilih penyedia jasa yang menyediakan layanan asuransi dan juga garansi. Layanan seperti ini, sedikit banyak membuat kamu merasa tenang, akan barang yang dikirim pasti sampai dengan selamat ke tujuan.

Tapi sedikit catatan untuk kamu , ketika akan mengirimkan barang, tulis dan jelaskan barang yang akan dikirim, dan bungkus dengan rapi, agar barang tidak mengalami kerusakan selama perjalanan, juga agar pihak pengirim barang tahu, akan isi barang, dan berhati-hati akan barang tersebut.   

Jadi dalam memilih penyedia jasa pengiriman barang murah tidak terlalu sulit. Memilih jasa pengiriman murah, memang tidak masalah, tapi pastikan layanan yang diberikan tidak murahan.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang