4 Hal yang Mungkin Terjadi Jika Kamu Salah Pilih Jasa Pengiriman

0
289
Perhatikan saat memilih pengiriman barang termurah

Saat proses pengiriman barang atau ekspedisi semua orang memiliki harapan yang sama yaitu cepat sampai, tarifnya murah, tidak cacat dan sesuai ekspektasi. Faktanya, ada banyak sekali kasus yang tidak disangka terjadi. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan semua kendala pengiriman barang termurah itu? Yuk, kita ulas penyebab kendala tersebut!

1.      Sistem Eror

Setiap pengiriman barang atau paket akan diminta data pengirim dan tujuan kiriman. Sebagai contoh kasus yang banyak terjadi adalah sama nama tetapi beda alamat, nama hampir sama dengan alamat sama dan atau desa sama, nama sama tetapi beda negara. Sistem di komputer mungkin sedikit rancu karena ketika memasukkan data menggunakan jaringan online. Jika jaringan tersebut error efeknya berpengaruh pada data yang akan disimpan. 

Bisa juga karena kurang sempurnanya software sehingga kurang peka dalam pembacaan data, hal ini adalah risiko agen ekspedisi. Jadi, jika ada agen yang memberikan penjelasan tentang sebuah kesalahan pembacaan data karena sistemnya eror memang benar adanya. Untuk antisipasi error sistem semacam ini bisa diperbaiki dengan memakai sistem ori dan lakukan service rutin. 

2.      Human Error

Human error atau tingkah tak sempurna dari manusia terbagi menjadi 2 bagian yaitu eror pengirim dan error kurir. Error pengirim adalah kesalahan yang dibuat oleh pihak pengirim seperti tulisan salah, atau kurang jelas. Sedangkan error kurir adalah perilaku salah yang dilakukan oleh pihak agen ekspedisi. Agen ekspedisi terdiri dari kurir, administrasi atau checker barang. 

Tidak semua kurir akan tahu dengan alamat yang dituju karena mereka yang baru saja bekerja butuh waktu lama untuk menghafalkan alamat di kota yang ditinggali. Solusinya adalah meningkatkan potensi sumber daya manusia dengan terobosan aplikasi penentu tujuan daerah. Dalam pengiriman barang ke alamat tujuan sebaiknya ditata dahulu agar kurir tidak capai di jalan. Sebagai contoh, seleksilah paket dengan alamat terdekat dahulu, tempatkan di bak motor dengan posisi paling atas. 

3.      Operasional Eror

Bentuk operasional eror seperti kendaraan angkutan paket mengalami kerusakan atau gangguan. Efeknya adalah tertundanya waktu yang akan sampai, harusnya pengiriman barang termurah sore hari bisa tiba di rumah tujuan tetapi karena kendaraannya mengalami gangguan membuat lebih lama 

Operasional lainnya adalah ongkos perjalanan (bensin) yang telat diberikan oleh admin kantor sehingga membuat tertundanya pengiriman. 

4.      Bencana Alam  

Kendala yang satu ini sangat mutlak dimaklumi karena kehendak alam. Sebagai contoh, proses pengiriman barang dengan media laut mengalami kecelakaan di tengah layar karena cuaca buruk atau tiba-tiba saja gempa yang disertai tsunami. Efeknya, barang yang dipaketkan bisa rusak selamat atau rusak total.  Ada 4 faktor utama penyebab kendala yang sering kali terjadi dalam proses pengiriman barang termurah. Jika Anda sudah tahu maka diharapkan segala kendala yang memungkinkan bisa dimaklumi. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa Pengiriman Barang

Nah, agar kamu tidak salah pilih sebaiknya cek dan pastikan terlebih dahulu review dari jasa ekspedisi yang akan kamu jadikan pilihan nantinya. Salah satunya yang bisa kamu pilih yakni Shipper. Sudah terpercaya dan bekerja sama dengan jasa ekspedisi terpercaya yang ada di Indonesia. Untuk keterangan lebih lanjut kamu bisa cek langsung di www.shipper.id