Berikut Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang Termurah

0
227
tips memilih jasa pengiriman barang termurah shipper

Saat ini jasa pengiriman barang termurah memang cukup mudah ditemukan. Pastinya, iklan di TV, internet, hingga media sosial seringkali menginformasikan tentang jasa pengiriman barang dengan harga murah. Untuk itu, agar kamu tidak salah memilihnya, ada baiknya mengetahui beberapa tips di bawah ini.

Harga yang kompetitif

Pastinya, soal murah semua akan mengklaim yang paling murah. Untuk itu, kamu perlu membandingkan tiga atau empat ekspedisi. Karena ada jasa yang menetapkan tarif flat, namun ada juga yang menetapkan tarif tambahan seperti biaya bongkar muat atau biaya packing. Ada juga yang menerapkan sistem penghitungan dimensi berat kiriman.

Nah, kamu bisa bandingkan mana yang menawarkan harga paling murah yang memang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Memang bisa dilihat bahwa semua orang akan tergiur dengan penawaran harga yang murah, termasuk kamu, ya kan! Pilihlah harga murah yang memang wajar. Jangan sampai kamu memilih jasa yang menawarkan harga murah, namun pelayanan yang diberikan tidak profesional. 

Jangan lupa perhatikan timing dan kecepatan

Tips memilih jasa pengiriman barang termurah berikutnya adalah dengan memperhatikan tinggi dan kecepatan. Tentunya ada dua hal timing serta kecepatan yang bisa diukur, yang pertama adalah kecepatan dalam menangani permintaan customer, dan yang kedua adalah timing yang pas dalam menggunakan jasa ekspedisi. Hal ini berarti ketika mereka sigap, cepat, bahkan bisa melakukan pekerjaannya dengan baik, maka bisa dipastikan jasa tersebut merupakan jasa yang sudah profesional di bidangnya. 

Lalu atur timing kamu, jangan terburu-buru untuk menggunakan jasa ekspedisi saat hari besar dan hari libur nasional. Dalam waktu itu biasanya mereka akan memiliki jumlah customer yang cukup banyak, yang terkadang kualitas pelayanan yang diberikan akan sedikit berkurang. 

Pahami pedoman dan syarat serta ketentuan yang digunakan

Tips jasa pengiriman barang termurah berikutnya adalah dengan memahami pedoman, syarat, hingga ketentuan yang berlaku. Tentu saja, seluruh perusahaan jasa pengiriman barang akan memiliki pedoman yang perlu diikuti oleh para customernya. Maka dari itu, pastikan syarat dan ketentuan yang diberikan tidak melanggar kode etik maupun tidak merugikan diri kamu sendiri. 

Cek kredibilitas, hingga reputasi perusahaan pengiriman tersebut

Yang jelas kamu harus dapat memastikan sejak kapan perusahaan pengiriman yang kamu pilih sudah berdiri. Saat kamu cek di Google, tentu saja kamu bisa melihat link atau postingan mengenai perusahaan tersebut, dan jangan lupa untuk melihat kapan website tersebut dibuat. 
Lihatlah juga apakah ada customer sebelumnya yang komplain terhadap perusahaan tersebut atau tidak. Jika jasa pengiriman barang termurah memiliki komplain dari customer nya dan mereka bisa mengatasinya dengan baik, maka kamu harus memilih jasa tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Layanan Jasa Pengiriman Barang Luar Negeri Agar Tidak Salah