Sistem Manajemen Warehouse Sangat Penting untuk Bisnis Online

0
217
jasa sewa gudang

Warehouse merupakan sistem pergudangan yang memiliki peran penting terutama dalam bisnis online. Terdapat pengelolaan dengan menggunakan teknologi modern sehingga arah barang lebih mudah diketahui. Sebanyak apapun barang kamu simpan dalam gudang tidak menjadi masalah dan tetap termanajemen dengan baik.

Secara singkat warehouse adalah gudang yang fungsinya untuk menyimpan hasil produksi atau barang jadi. Lama waktu penyimpanannya bisa dalam rentang waktu tertentu atau sampai dikirimkan ke konsumen langsung. Sistem digunakan biasanya kemitraan dan sudah banyak pelaku usaha lebih tertarik menggunakan sistem ini. 

Menggunakan sistem manajemen warehouse sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis online kamu. Memanfaatkan teknologi memudahkan pergerakan barang masuk, penyimpanan sampai proses pengiriman. Berikut gambaran alur jika kamu tertarik untuk memanfaatkan sistem manajemen pergudangan Shipper secara profesional untuk bisnis online.

1. Jemput barang langsung dari supplier

Proses manajemen pergudangan dimulai dari tahapan penjemputan barang yang langsung dari supplier. Jadi barang-barang tersebut tidak perlu ditaruh ditempat kamu dulu sehingga tidak repot juga menyediakan tempat. Kamu dapat melakukan stock barang sebanyak mungkin tanpa ribet memikirkan tempat atau gudang sendiri.

2. Penyimpanan barang 

Setelah sampai di warehouse, lanjut ke proses penyimpanan dengan menggunakan metode paling tepat. Penyimpanan dilakukan dengan memperhatikan lokasi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing barang. Proses yang dilakukan tidak sekedar menyimpan seadanya namun menggunakan sistem manajemen terbaik.

Baca juga : Kenalin, Gudang Shipper: Solusi Bisnis Bebas Repot 

3. Pemeriksaan kualitas

Memastikan kualitas dilakukan pada saat barang datang sehingga dapat diketahui kerusakan di awal masuknya. Hal ini memberikan jaminan setiap barang-barang yang masuk sudah memenuhi kriteria kualitas terbaik. Sehingga kualitas barang selama disimpan tidak menjadi menurun atau mengalami kerusakan yang dapat merugikan.

4. Memastikan stok dengan dashboard

Dalam tahapan ini terdapat sinkronisasi real-time atau selalu update terhadap stok barang yang tersedia di gudang. Antara stok dan dashboard tidak akan ada perbedaan sehingga ketika terjadi penjualan dijamin stok aman. Proses ini sangat penting demi menjaga kepercayaan konsumen serta dasar keputusan perihal stok barang.

5. Order masuk ke sistem

Setiap order yang masuk ke sistem warehouse akan dikelola dengan baik dengan menggunakan sistem modern. Hal ini sangat penting untuk meminimalkan berbagai kesalahan yang mungkin terjadi di masing-masing order. Apalagi dalam bisnis online harus minim kesalahan karena sangat merepotkan jika harus retur barang.

6. Pengemasan 

Setelah order masuk maka tahapan selanjutnya adalah proses pengemasan yang dilakukan oleh manajemen gudang. Kamu tidak perlu repot memikirkan pengemasan sehingga bisa fokus ke pemasaran serta penjualan. Barang dikemas dengan baik sesuai standar keamanan produk didalamnya sehingga selamat sampai di konsumen.

7. Pengiriman

Banyak pilihan ekspedisi yang disediakan sehingga dapat disesuaikan dengan permintaan atau order dari konsumen. Jangan khawatirkan soal pengiriman karena manajemen pergudangan yang akan menyelesaikan semua prosesnya. Kamu hanya perlu memastikan kalau barang dikirim dengan tepat waktu dan ke alamat yang benar.

8. Pemberian nomor resi

Manajemen gudang akan selalu update nomor resi atau nomor pelacakan di dashboard setiap harinya. Kamu dapat melakukan pengecekan atau memberikan bukti ke konsumen kalau barang sudah benar-benar dikirim. Kecepatan update informasi sangat penting untuk kepercayaan konsumen terhadap toko online sehingga perlu manajemen gudang yang profesional.

Baca juga : Shipper Menjawab Tantangan Bisnis Logistik Berbasis Digital 

Sobat Shipper, nah itu tadi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan jasa gudang untuk bisnis online shop kamu. Tentunya, para pelaku bisnis tidak perlu lagi kerepotan dalam mengurus aktivitas logistiknya. Mulai dari penyimpanan barang, pengepakan barang sesuai order, sampai dengan pengiriman barang melalui ekspedisi pilihan, semuanya akan diurus langsung sama Shipper.

Ada banyak keuntungan yang didapatkan jika memilih Shipper sebagai tempat sewa gudang bisnismu. Mulai dari mengurangi biaya operasional, menjadi solusi lengkap 1 pintu, mengurangi biaya pengiriman, hingga memiliki platform reporting yang canggih. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai jasa sewa gudang Shipper, kamu bisa cek langsung di www.shipper.id/warehouse.