Memahami Pengertian Manajemen Gudang dan Mengapa Penting untuk Perusahaan

0
122

Dalam sistem operasional bisnis gudang atau warehouse memegang peranan cukup penting. Tak hanya sebagai tempat penyimpanan saja, gudang juga menjadi tempat aktivitas pergudangan lainnya. Dalam pengelolaannya dibutuhkan manajemen gudang yang baik. Apa itu manajemen gudang? Mari simak penjelasannya berikut ini! 

1. Pengertian Manajemen Gudang

Manajemen gudang adalah bagian dari manajemen logistik dalam suatu perusahaan. Pengertian manajemen gudang yaitu proses mengelola aktivitas pergudangan, meliputi penerimaan, penyimpanan dan pendistribusian yang terjadi di dalam gudang. Proses pengelolaan gudang berdasarkan permintaan pelanggan, spesifikasi produk, tata gudang, waktu penyimpanan, jumlah produk dan lain-lain.  

2. Kegiatan Manajemen Gudang

Untuk lebih memahami pengertian manajemen gudang, Sobat Shipper perlu tahu apa saja kegiatan yang terjadi dalam proses manajemen gudang. Berikut ini adalah beberapa kegiatan manajemen gudang yang perlu Sobat Shipper ketahui. 

  • Penerimaan barang / receiving
  • Penempatan barang / putaway
  • Penyimpanan barang sementara / storage
  • Pemindahan barang / order picking
  • Pemeriksaan atau persiapan pengiriman barang / shipping
  • Penyaluran barang / distribusi

3. Tujuan Manajemen Gudang

Sobat Shipper, manajemen warehouse punya tujuan dalam proses pengelolaan warehouse. Apa saja tujuan manajemen gudang? Berikut ini adalah tujuan manajemen gudang yang perlu diketahui oleh perusahaan. 

Tujuan manajemen gudang yaitu: 

  • Menjaga kualitas dan kuantitas produk atau peralatan logistik yang ada di dalam gudang.
  • Mengatur keamanan dalam gudang agar keberadaan barang yang masuk dan tersimpan terjaga dengan baik.
  • Meningkatkan pelayanan pelanggan dalam sistem pendistribusian atau pengiriman barang.
  • Memberikan informasi terkait kebutuhan dan aktivitas warehouse yang dapat berguna dalam laporan manajemen perusahaan.
  • Meningkatkan kenyamanan dan ketertiban di dalam warehouse.

Alasan Manajemen Gudang Penting untuk Perusahaan

Mungkin Sobat Shipper sudah punya gambaran terkait pentingnya manajemen gudang bagi perusahaan setelah mengetahui pengertian manajemen gudang dan fungsinya.

Namun, agar lebih jelas mari kita bahas alasan manajemen gudang penting untuk perusahaan berikut ini. 

1. Meningkatkan Efisiensi 

Manajemen warehouse yang baik dapat mengontrol bahkan menghemat biaya transportasi dan produksi. Jika Sobat Shipper menggunakan manajemen gudang dengan sistem komputerisasi dapat menghemat biaya dan waktu juga tenaga kerja. Sehingga aktivitas pergudangan berjalan lebih efisien.

2. Mengkoordinasi Permintaan dan Penawaran

Manajemen gudang penting untuk mengatur permintaan dan penawaran barang agar pergerakan barang dapat lebih efisien sehingga mudah mencapai target. Sobat Shipper dapat mengetahui jumlah stok produk, permintaan pelanggan, proses produksi dan lain-lain melalui manajemen warehouse yang dikelola dengan baik. 

3. Pertimbangan Produksi dan Pemasaran

Manajemen warehouse membantu dalam melakukan analisis dan pertimbangan terkait kebutuhan produksi barang dan pemasaran produk. Manajemen gudang memberikan data dan informasi yang akurat sehingga produksi dan pemasaran dapat berjalan lebih efektif dan tepat sasaran. 

Itulah beberapa hal terkait manajemen gudang yang perlu Sobat Shipper tahu. Sayang sekali jika gudang tidak dikelola dengan baik karena dapat menghambat sistem operasional perusahaan. Proses manajemen warehouse di era teknologi tidak lagi sulit sebab banyak sistem komputer yang dapat dimanfaatkan. Sehingga pekerjaan pegawai dapat lebih ringan, hemat waktu dan biaya. 

Sobat Shipper jika membutuhkan layanan warehouse dengan manajemen gudang yang profesional solusinya adalah Shipper.  Shipper menyediakan sewa gudang terpercaya dengan harga bersaing dan layanan terbaik. Shipper menyediakan layanan mulai dari penyimpanan hingga pemantauan stok dengan sistem terbaik. Kunjungi website https://shipper.id untuk mengetahui layanan warehouse terbaik dari Shipper untukmu!