Simak! Macam-macam Bisnis Online yang Menjanjikan

0
101
bisnis online

Di era digital ini, macam-macam bisnis online berkembang dengan pesat di Indonesia. Kalau Sobat Shipper tertarik untuk menjadi seorang wirausahawan, bisnis online adalah pilihan terbaik. 

Macam-macam bisnis online ini bisa dikategorikan dengan beberapa cara, misalnya berdasarkan tempat berjualan dan sumber produk.

Dengan perkembangan lingkungan online yang semakin luas, Sobat Shipper memiliki banyak opsi bisnis yang menjanjikan. 

Yuk, simak macam-macam bisnis yang bisa Sobat Shipper pertimbangkan di bawah ini!

Macam-macam Etika Bisnis

Sebelum Sobat Shipper memulai suatu bisnis, ada baiknya untuk mengetahui etika bisnis itu sendiri. Berikut adalah beberapa etika yang harus Sobat Shipper ikuti saat menjalankan sebuah bisnis. 

  1. Berprinsip Otonomi

Seorang pelaku bisnis haruslah bebas menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan sesuai visi dan kemampuan yang dimiliki.

  1. Berprinsip Kejujuran

Sebuah bisnis harus dijalankan dengan jujur, sehingga tidak merugikan pihak lain saat mendapatkan keuntungan.

  1. Berprinsip Keadilan

Walaupun tujuan utama sebuah bisnis adalah mendapatkan keuntungan, seorang pelaku bisnis harus tetap berlaku adil pada semua pihak yang berhubungan, seperti pelanggan dan kompetitor. 

Macam-macam Bisnis Online Berdasarkan Sistem Operasi

  1. Reselling

Jenis bisnis ini pada dasarnya berarti “menjual sesuatu kembali.” Model bisnis ini melibatkan pembelian barang dan kemudian menjualnya dengan markup kepada pelanggan melalui platform online seperti Tokopedia atau Shopee, atau toko barang bekas. Banyak juga reseller yang menjual barang bekas sendiri yang sudah tidak dibutuhkan lagi.

Reselling adalah peluang bisnis yang bagus untuk Sobat Shipper yang tidak memiliki waktu atau pengetahuan untuk memproduksi barang dagangan sendiri, tetapi bisa mengidentifikasi barang berharga yang tersedia untuk dijual.

  1. Dropshipping

Jenis bisnis ini adalah metode operasi di mana Sobat Shipper tidak menyimpan produk yang Sobat Shipper jual dalam stok. Sebagai gantinya, Sobat Shipper membeli produk dari pemasok pihak ketiga dan mengirimkannya langsung ke pelanggan. Oleh karena itu, Sobat Shipper tidak harus menangani produk secara langsung.

Dengan model bisnis ini, Sobat Shipper tidak perlu membeli produk sebelum melakukan penjualan dan sudah dibayar oleh pelanggan. Tanpa investasi inventaris di muka yang signifikan, Sobat Shipper hanya membutuhkan sedikit modal untuk mulai mencari produk dan meluncurkan bisnis dropshipping yang sukses. 

Dan karena Sobat Shipper tidak berkomitmen untuk menjual melalui inventaris apa pun yang dibeli sebelumnya, risiko yang terlibat dalam memulai toko dropshipping atau menguji lini produk baru menjadi lebih kecil.

  1. Self-Manufacturing 

Pada dasarnya, Sobat Shipper melakukan semua aktivitas bisnis sendiri dari hulu ke hilir. Sobat Shipper harus membuat keputusan tentang distribusi, strategi pemasaran, berapa banyak kapasitas produksi dan persediaan, dan lainnya. 

Kalau produk Sobat Shipper terjual dengan baik, keuntungan bersih yang didapatkan akan lebih besar. Namun, Sobat Shipper juga harus memikirkan biaya dan waktu produksi. 

Macam-macam Bisnis Online Berdasarkan Tempat Berjualan

  1. Website Sendiri

Jenis bisnis ini adalah model operasi di mana Sobat Shipper menjual produk di website yang dikembangkan sendiri. Model ini memungkinkan Sobat Shipper untuk mengontrol segala sesuatu yang berhubungan dengan proses transaksi, mulai dari pemasangan listing hingga keamanan pembayaran. 

  1. E-commerce

Platform online marketplace memang merupakan aplikasi digital yang sangat berguna untuk para pelaku bisnis online. Sobat Shipper tidak perlu repot untuk memikirkan pembuatan website dan keamanan transaksi karena sudah diatur oleh platform yang dipilih. Kekurangan dari jenis bisnis ini adalah jangkauan pemasaran yang terbatas oleh jumlah pengguna dan banyaknya kompetitor sejenis. 

  1. Media Sosial

Berjualan di media sosial bilang dianggap sebagai jenis bisnis yang paling mudah dan sederhana dalam kategori ini. Sobat Shipper hanya perlu membuat akun di berbagai platform media sosial yang ada, kemudian langsung bisa memasarkan produk. 

Jangkauan pemasaran media sosial juga sangat luas karena banyaknya jumlah pengguna platform tersebut. Yang perlu Sobat Shipper perhatikan adalah bagaimana cara pemasaran yang tepat untuk menarik pelanggan ke akun bisnis dengan konten-konten yang menarik, tetapi sesuai dengan algoritma platform tersebut. 

Nah, itulah macam-macam bisnis yang Sobat Shipper perlu ketahui sebelum memulai bisnismu  sendiri.

Mari bekerjasama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman terbaik! Shipper memberikan tarif pengiriman terbaik dan bebas pilih ekspedisi.  Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id