Mengapa Logistik Butuh Layanan Kurir COD?

0
179

Salah satu metode penyaluran logistik dari penjual kepada pembeli adalah metode cash on delivery atau COD. Solusi pembayaran seperti ini menjadi solusi untuk orang-orang yang hanya memegang uang tunai serta memiliki kendala melakukan pembayaran secara virtual.

Meskipun demikian memang resikonya lebih besar ditanggung penjual serta kurir karena berpotensi masuk jebakan penipuan. Akan tetapi, melalui sistem sedemikian rupa yang dibuat ketat serta unsur kepercayaan kedua belah pihak maka hal tersebut bisa diatasi.

COD dianggap aman oleh pembeli karena mereka tidak seolah-olah membeli kucing di dalam karung. Para pembeli bisa melihat barang terlebih dahulu sebelum akhirnya menyerahkan uang kepada kurir sebagai tanda bahwa transaksi telah diakhiri dengan sah dan lunas.

Tidak sedikit orang enggan mengambil resiko membayar barang belanjaan lebih dulu karena memiliki pilihan untuk membayar belakangan. Transaksi baru benar-benar berakhir ketika kurir sudah menerima uang seharga barang yang diantarkan.

Mengenal Sistem COD Lebih Jauh

Sistem bayar di tempat setelah mendapatkan logistik atau keperluan yang diinginkan adalah metode aman anti ribet. Banyak orang mengatakan COD, namun tidak semuanya memahami apa maksud dari ucapan tersebut. Sistem bayar di tempat belakangan banyak ditawarkan e-commerce.

Jika dimanfaatkan secara bijak maka sistem bayar di tempat dapat menambah kredibilitas toko. Penjual bisa memastikan kepada pembeli bahwa barang yang dipesan sesuai dengan keinginan mereka. Ketika pembeli merasa puas maka dengan sendirinya rating toko melonjak.

Dampak jangka panjangnya bisa jadi secara Sengaja maupun tidak sengaja pembeli tersebut merekomendasikan kepada teman-temannya titik dengan begitu lebih mudah bagi kamu menggaet kepercayaan konsumen setelah menemukan 1 orang yang mereview jujur dengan bagus. 

Dalam hal ini pemilik toko harus bijaksana dalam memilih kurir COD agar barang benar-benar sampai tanpa cacat pada konsumen. Peranan kurir sangat penting sebagai perantara antara penjual dengan pembeli sekaligus memegang amanah kepercayaan kedua belah pihak.

Baca juga: Peran penting Nomor Resi bagi pelanggan?

Sebagai antisipasi hal tidak diinginkan, penjual dapat mendokumentasikan proses packing, sementara pembeli dapat merekam proses unboxing. Aktivitas keduanya untuk memastikan tidak ada kerusakan atau cacat sedikit saja pada saat mengemas atau membongkar barang. 

Alasan Ekspedisi Harus Sediakan Layanan COD

Terdapat berbagai alasan jasa ekspedisi harus menyediakan logistik guna mendukung pengantar barang dengan sistem bayar di tempat, diantaranya:

1. Mengambil Kesempatan di Lapangan

Tidak dapat dimungkiri bahwa peluang bisnis ini mudah ditiru oleh banyak orang. Kesempatan tersebut seolah menjadi angin segar, namun juga dapat menjadi boomerang ketika sebuah jasa ekspedisi tidak pandai memanfaatkan situasi menyediakan layanan COD.

2. Menarik Kepercayaan Penerima Barang

Jika dilakukan secara amanah maka peranan para jasa pengantar paket ini akan sangat memberi efek baik bagi kepercayaan konsumen. Pada akhirnya bukan hanya reputasi jasa ekspedisi yang menjadi baik, namun juga membantu mengembangkan toko online tertentu.

3. Bekerja Profesional dengan Pengirim

Apabila memperoleh klien secara tepat maka dengan sendirinya pelanggan mudah diciptakan. Hal penting dalam sistem ini adalah kepercayaan serta kesadaran masing-masing pihak untuk menjalankan bisnis dengan tanggung jawab penuh dan siap menerima segala risiko. 

Tidak sedikit kasus layanan bayar di tempat mengalami pengaduan, namun hal ini tidak selalu terjadi. Paling penting tanggung jawab.

Baca juga: Biar Makin Sayang, Yuk Kenalan Sama Shipper.id

Shipper hadir untuk memenuhi kebutuhan dan menjaga kepercayaan para konsumen berikut para penjual dalam bidang bisnis online. Sobat Shipper, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung mengunjungi www.shipper.id untuk mendapatkan pelayanan terbaik dari kurir COD profesional.