Kriteria Warehouse yang Baik untuk Menunjang Bisnis Kamu

0
540
sewa gudang Jakarta Selatan
sewa warehouse Jakarta Selatan

Dalam memulai usaha apapun, keberadaan warehouse atau gudang adalah hal yang sangat penting untuk dijadikan pilihan. Dengan memiliki gudang yang baik, barang-barang kamu nantinya akan aman dari kerusakan dan kehilangan. Bahkan di perusahaan manufaktur besar, gudang ini merupakan salah satu departemen utama yang bisa dibilang sangat penting.

Di dalam gudang sendiri terdapat banyak metode pengelolaan untuk memaksimalkan ruang dan menjaga kualitas barang. Hal ini pun merupakan salah satu aspek terpenting yang wajib kamu perhatikan. Jika disepelekan, produk yang kamu simpan mungkin akan mudah rusak atau hilang.

Jangankan disimpan di tempat biasa, bahkan saat disimpan di gudang sekalipun, resiko barang hilang tetaplah ada. Terlebih di gudang logistik yang menjadi tempat keluar masuk banyak orang dan kendaraan. Resikonya tentu akan semakin meningkat.

Agar bisa terhindar dari beberapa risiko tersebut, ada beberapa kriteria gudang yang harus kamu pahami terlebih dahulu. Dengan penerapan kriteria tersebut, kami jamin usahamu akan semakin lancar dan resiko barang hilang atau rusak bisa diminimalisir sepenuhnya. Langsung saja, ini dia kriteria tersebut!

1. Memiliki Volume Ruang yang Memadai

Kriteria pertama yang harus dimiliki oleh sebuah gudang adalah memiliki volume ruang yang memadai. Berarti panjang, lebar dan tinggi gudang tersebut memang harus sesuai dengan kebutuhan. Kalau tidak memadai, hal ini akan berdampak terhadap pengelolaan barang di dalamnya.

Untuk menghemat lahan, biasanya barang yang ada di dalam gudang akan ditumpuk. Terutama di daerah padat penduduk seperti Jakarta. Saat ini ada banyak sekali jasa sewa warehouse Jakarta. Mereka menggunakan konsep tumpuk seperti ini dalam pengelolaan dan penyimpanan barangnya. 

Jadi luas lahan gudang bisa menyimpan barang yang lain. Namun kalau gudang tersebut tidak memiliki tinggi gedung yang memadai, tentu saja penyimpanan barang tidak akan efektif. Kriteria satu ini harus kamu pertimbangkan sejak awal.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Sewa Gudang yang Tepat untuk Bisnis Kamu

2. Memiliki Akses Jalan yang Mudah Dilalui

Kriteria warehouse yang baik lainnya adalah memiliki akses jalan yang mudah untuk dilalui. Terlebih lagi untuk gudang dengan ukuran yang sangat besar. Kalau gudang kamu berukuran besar, sudah tentu akan ada banyak kendaraan besar juga yang datang baik untuk menyimpan ataupun untuk membawa barang.

Kalau akses jalannya tidak memadai, sudah tentu ada banyak kesulitan yang akan kamu hadapi. Ini akan berpengaruh pada kualitas pengelolaan barang yang ada di dalam gudang itu sendiri. Gudang yang baik pasti mudah dilalui berbagai jenis kendaraan meskipun berada di wilayah yang padat. 

Kamu bisa melihat jasa sewa gudang Jakarta Selatan. Sebagai salah satu wilayah paling padat di Jakarta saat ini, para pengelola gudang tersebut tetap bisa memberikan kenyamanan kepada carrier barang untuk membawa dan menurunkan barang dengan mudah setiap harinya.

3. Memiliki Sistem Pengelolaan Barang yang Baik

Kriteria lain yang warehouse yang berkualitas adalah memiliki sistem pengelolaan yang baik. Sistem pengelolaan ini tentunya mencakup sistem penyimpanan barang, sistem pengepakan, sistem pengeluaran dan sistem pengiriman (dispatching). SOP gudang logistik yang diterapkan dengan baik akan menghindarkan barang-barang yang ada di dalamnya dari kerusakan dan kehilangan. 

Secara tidak langsung, hal ini menghindarkan kamu dari resiko kerugian secara finansial. Namun untuk memahami SOP ini dengan baik tentu saja kamu harus memahami pengertian gudang logistik itu sendiri lebih jauh.

Kalau kamu bingung untuk menerapkan kriteria gudang yang baik di atas, Shipper merupakan solusi terbaik yang bisa dipilih. Kami melayani layanan penyimpanan barang di gudang bertaraf internasional dengan manajemen yang profesional. Cek di www.shipper.id/warehouse untuk sewa gudang terbaik bagi produk kamu.

Baca Juga : Tips dan Trik Memulai Bisnis Jasa Ekspedisi yang Perlu Dipahami