5 Kiat-kiat Sukses Menjadi Dropshipper

0
440
sukses menjadi dropshipper

Setiap kesuksesan yang tercipta dibangun dengan kerja keras dan kerja cerdas, begitu pun dengan kesuksesan dalam menjalankan bisnis dropship yang perlu juga dibangun dengan kerja keras dan kerja cerdas. Istilah dropshipper yang terdengar lazim di telinga Sobat Shipper ini tentu sudah amat diketahui betul ya oleh Sobat Shipper.

Yup, bisnis dropship yang cocok diterapkan oleh perintis usaha online ini telah menjadi primadona banyak pebisnis dan terus berkembang hingga saat ini. Oke, jika istilah dropship telah diketahui betul oleh Sobat Shipper, bagaimana dengan cara menjadi dropshipper yang sukses? Apakah sudah diketahui betul pula oleh para Sobat Shipper? Nah, pada artikel ini Sobat Shipper akan disajikan dengan berbagai tips dan cara memulai dropshipper yang sukses dan layak banget untuk dicoba.

Oleh karena itu, yuk baca artikel ini sampai habis! Agar Sobat Shipper dapat menelisik beragam tips dan kiat sukses dalam menerapkan bisnis dropship.

1. Persiapkan Matang Bisnis Dropship

Seseorang tidak akan pernah tahu keberhasilannya sebelum ia memulainya, begitu pun Sobat Shipper yang tidak akan tahu keberhasilan dalam bisnis dropshipnya sebelum Sobat Shipper memulainya. Hal penting yang diterapkan oleh seorang dropshipper sukses adalah memulai usaha dropship dengan memperhatikan supplier yang terpercaya dan memilah produk yang baik.

Sobat Shipper harus bisa memilah supplier yang terpercaya dengan memperhatikan aspek penilaian terhadap supplier dari dropshipper sebelumnya serta memperhatikan kelayakan produk milik supplier. Sedangkan untuk pemilahan produk, Sobat Shipper perlu mengoptimalkan produk yang akan diperjualbelikan dengan memperhatikan target pasar, minat konsumen, dan tren produk masa kini.

Oh iya Sobat Shipper, perlu diingat ya. Bahwa mencari supplier yang terpercaya itu tidak selalu mudah lho. Maka dari itu, chemistry antar Sobat Shipper dan supplier perlu dibangun sejak dini dan amat penting untuk terus dijaga. Karena produk yang berkualitas baik berasal dari supplier yang baik pula.

2. Hindari Banting Harga, Yuk Berikan Harga Jual Eksklusif!

Saat memilah produk yang akan Sobat Shipper beli, apa hal utama yang Sobat Shipper lihat selain kualitas produk, spesifikasi produk, dan ulasan produk? Yup, tentu saja harga produk bukan? Para calon konsumen bahkan biasanya menjadikan harga sebagai hal nomor satu yang wajib diperhatikan sebelum kualitas dan lain sebagainya. Dengan adanya hal ini, pola pikir seperti “Semakin kecil harga maka peluang terjual produk pun semakin besar.” Itu terbentuk.

Dan dengan terbentuknya pola pikir ini banyak penjual yang melakukan banting harga terhadap produk yang ia jual. Padahal, besarnya kuantitas dari produk yang laku terjual bukan berarti berujung mendapatkan keuntungan yang besar pula, bukan? Bahkan jika dilakukan dalam jangka panjang dapat merugikan penjual itu sendiri. Maka dari itu, Sobat Shipper dapat menyiasati fenomena banting harga ini dengan memberikan harga jual eksklusif.

Harga jual eksklusif yang dimaksud dapat berupa bentuk pelayanan. Contohnya packaging dengan perlindungan ekstra, customer service yang kompeten, jaminan Pengiriman sampai dalam waktu singkat, serta menyelipkan spesial gift

3. Pengoptimalan Branding

Ini juga tak kalah penting untuk Sobat Shipper perhatikan, walaupun terlihat sepele, membangun brand itu perlu dilakukan dan diperhatikan. Karena brand adalah identitas bisnis Sobat Shipper yang akan terus diingat dan diperhatikan oleh pelanggan. Nama brand yang Sobat Shipper buat bisa berupa nama yang unik atau ikonik mengenai produk yang dipasarkan dalam usaha online Sobat Shipper.

Begitu pun dengan branding logo dan online shop, Sobat Shipper dapat membuat logo brand usaha online milik Sobat Shipper sendiri dengan aplikasi editing ataupun dengan bantuan profesional. Logo filosofis dan ikonik yang dibuat oleh Sobat Shipper dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelanggan. Sementara untuk pengoptimalan branding online shop, Sobat Shipper dapat menyiasatinya dengan menyajikan unggahan terhadap desain foto produk yang menarik dan konten-konten berupa feeds menarik yang dapat diunggah ke media sosial.

Hal selanjutnya yang masuk dalam pengoptimalan branding dan sering kali dianggap sepele adalah pembentukan website. Ya, website juga penting untuk dibentuk. Karena website yang Sobat Shipper buat akan menyajikan berbagai informasi tentang produk yang diperjualbelikan. Jika Sobat Shipper merasa kesulitan dalam membuat website, Sobat Shipper dapat membuat wordpress atau landing page terlebih dahulu. Namun, dalam pembuatan website Sobat Shipper juga dapat meminta bantuan kepada jasa profesional.

4. Mulailah Optimalisasi Promosi

Ada banyak platform yang bisa Sobat Shipper manfaatkan sebagai media promosi terhadap online shop dan produk milik Sobat Shipper. Misalnya pada platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, YouTube dan TikTok. Pada platform WhatsApp Sobat Shipper dapat mempromosikan produk melalui fitur status WhatsApp. Umumnya target pasar yang dijangkau cukup sempit, yakni sanak saudara, keluarga, dan kerabat.

Lain halnya dengan platform Instagram, YouTube, ataupun TikTok. Sobat Shipper bisa mempromosikan produk dan online shop milik Sobat Shipper dengan jangkauan yang lebih luas, serta fitur yang jauh lebih beragam. Seperti adanya fitur feeds dan Instagram story pada platform Instagram, lalu fitur video beserta filter unik pada TikTok, dan adanya fitur YouTube short.

Pada ketiga platform ini Sobat Shipper dapat menyertakan hastag yang tengah tren atau relevan dengan produk yang Sobat Shipper promosikan. Dari hastag itulah produk Sobat Shipper dapat dijumpai oleh berbagai kalangan. Maka dari itu, penting bagi Sobat Shipper untuk membuat visual promosi yang apik dan menarik serta sesekali menyisipkan konten di luar promosi produk. Karena visual yang baik akan memberikan calon konsumen pandangan yang baik pula.

5. Evaluasi Bisnis Dropship Sobat Shipper

Ini juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan pada tips menjadi dropshipper sukses dan tidak seharusnya diabaikan. Ada baiknya Sobat Shipper mengevaluasi bisnis dropship secara berkala, dapat dilakukan satu bulan sekali ataupun tiga bulan sekali. Evaluasi ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana progres Sobat Shipper dalam berbisnis, yang mana hal tersebut meliputi, apa kemajuan yang Sobat Shipper peroleh, bentuk penurunan yang terjadi, keefektifan media promosi, dan minat pelanggan terhadap produk yang Sobat Shipper pasarkan.

 Hasil evaluasi ini nantinya harus terus ditinjau dan diperbaiki agar permasalahan yang terjadi sebelumnya tidak lagi terulang dan kemajuan-kemajuan yang diperoleh dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Bagaimana Sobat Shipper kiat-kiat cara  jadi dropshipper sukses pada artikel kali ini? Layak banget untuk dicoba bukan? Dan pastinya bisa segera diterapkan pada usaha online milik Sobat Shipper. Semoga  tips menjadi dropshipper sukses ini dapat membantu Sobat Shipper ya. Tentunya, jangan lupa menggunakan jasa ekspedisi yang pas dan terjamin seperti Shipper. Kamu juga dapat terus mengunjungi shipper.id untuk informasi lebih lanjut.