Cara Menerapkan Warehouse Management System untuk Pengelolaan Barang

0
31
gudang Jakarta
gudang Jakarta

Penerapan sistem manajemen warehouse atau gudang sangatlah penting untuk menjaga siklus produksi bekerja sesuai rencana. Hal ini wajib dilakukan oleh semua yang terlibat di dalam pergudangan itu sendiri. 

Apakah kamu pemilik produksi? Atau mungkin kamu pengelola dari layanan jasa sewa gudang? Yang pasti, kamu bertanggung jawab dalam proses penerapannya. Ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus selalu dijaga. Kalau tidak, mungkin ada resiko besar yang mengintai.

Penerapan manajemen gudang yang baik akan membantu line produksi untuk bekerja sesuai rencana tanpa terkecuali. Bisa dibilang gudang ini menjadi titik pusat distribusi yang tidak bisa disepelekan keberadaannya. 

Karena itulah cara penerapan WMS atau Warehouse Management System ini harus diterapkan semaksimal mungkin. Kalau secara teori, mungkin semua orang bisa memahaminya. Namun kalau bicara secara teknis, langkah-langkah berikut adalah metode terbaik yang bisa kamu lakukan.

1. Pengelolaan Data yang Akurat

Pengelolaan data yang akurat menjadi inti dari permasalahan yang ada di gudang. Terlebih lagi kalau kita bicara mengenai gudang logistik yang menjadi tempat berkumpulnya banyak orang tidak dikenal. Untuk memaksimalkan fungsi dari WMS, dibutuhkan SOP gudang logistik yang baik. Terutama dari pengelolaan data.

Sebaiknya pengelolaan data yang ada di gudang dilakukan secara periodik. Ini akan memudahkan admin gudang dalam melakukan input ataupun output data. Agar hasilnya lebih maksimal, stock opname barang juga dilakukan per semester. Ini akan membuat jumlah barang yang hilang akibat kesalahan data bisa segera diperbaiki.

Baca Juga : Cara Pengiriman Barang dari Luar Negeri ke Indonesia

2. Membuat Forecast Stok Barang

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diterapkan saat kamu berada dalam pengelolaan sebuah warehouse adalah pembuatan forecast persediaan atau stok barang. Hal ini khususnya diterapkan pada perusahaan yang memiliki stok lebih dari puluhan ribu barang.

Dengan pembuatan forecast stok, kamu akan terhindar dari resiko hilangnya barang akibat penerapan WMS yang menyalahi aturan. Meskipun sulit untuk dibuat dalam jangka pendek, keberadaan forecast persediaan ini terbilang wajib dalam penerapan sebuah WMS.

3. Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Hal lain yang tidak kalah wajib untuk kamu terapkan adalah melakukan pengecekan barang. Ini juga harus dilakukan secara berkala. Jangan menganggap ini sebagai hal yang membuang waktu. Menghitung stok barang di lapangan secara kumulatif bisa membuat kamu terhindar dari resiko barang hilang di warehouse.

Memiliki data yang valid memang bagus, namun kalau kita terlalu percaya pada data tanpa melihat kondisi di lapangan, ini bukan penerapan WMS yang baik. Kalau kamu melihat jasa sewa gudang Jakarta Selatan yang memiliki daya tampung besar, pengecekan ini masih tetap dilakukan.

4. Pisahkan Stok Barang Baru dengan yang Lama

Hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu terapkan adalah pemisahan antara stok barang yang baru dengan lama. Ini merupakan salah satu bentuk penerapan FIFO (First in First Out) dimana barang yang pertama kali masuk (barang lama) adalah barang yang pertama kali dikeluarkan.

Jangan sampai kamu mencampur barang baru dengan barang lama. Hal ini akan sangat menyulitkan kamu dalam pengelolaan nantinya. Barang baru dengan jenis yang sama harusnya disimpan di sisi belakang agar barang lama bisa segera keluar dari gudang.  Banyak jasa sewa warehouse Jakarta yang menerapkan metode satu ini. 

Dengan melakukan metode tersebut, resiko barang yang hilang atau rusak bisa dibilang nol sama sekali. Hal ini dikarenakan distribusi barang tersebut memang tergambar dengan jelas. Ini sudah sejalan dengan prinsip dan pengertian gudang logistik yang mungkin belum pernah kamu alami sebelumnya.

Untuk memudahkan kamu dalam pengelolaan barang, Shipper hadir sebagai solusi. Kami melayani penyewaan gudang berstandar internasional dengan harga yang terjangkau. Kunjungi www.shipper.id/warehouse untuk informasi lebih lanjut mengenai jasa sewa warehouse ini.Baca Juga : Biar Makin Sayang, Yuk Kenalan Sama Shipper.id