Ketahui Apa Itu Warehouse & Logistik, Serta Kegunaannya

0
793

Baca Shipper Module Series Warehouse untuk menggali informasi lebih mendalam seputar warehouse dan gudang di sini.

Baca Juga: Apa itu Warehouse dan Mengapa Penting untuk Operasional Bisnis?

Bagi kebanyakan orang, warehouse adalah sama dengan logistik. Frase warehouse logistik boleh jadi sering didengar dan digunakan oleh banyak orang sehingga orang-orang menganggap warehouse dan logistik itu sama saja. Kenyataannya, kedua perusahaan tersebut mempunyai fungsi yang berbeda meskipun tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Mari kita pahami lebih dalam mengenai perusahaan warehouse dan perusahaan logistik serta perbedaan mendasar dari keduanya.

Pengertian Perusahaan Warehouse

Pertama, mari kita selami lebih dalam mengenai perusahaan warehouse. Nah, perusahaan warehouse adalah perusahaan yang bergerak di jasa pergudangan. Akan tetapi, perusahaan warehouse tidak hanya menyimpan barang. Perusahaan ini juga memproduksi produk dengan jumlah tertentu pada periode tertentu untuk kemudian dikirimkan kepada para pelanggan sesuai dengan pesanan yang dibuat.

Pengertian Perusahaan Logistik

Sobat Shipper bisa menyimpulkan bahwa perusahaan warehouse adalah perusahaan yang memproduksi sekaligus menyimpan dan mengirimkan barang ke alamat pelanggan. Bagaimana dengan perusahaan logistik? Perusahaan logistik lebih fokus di jasa transportasi dan pergudangan.

Memang benar bahwa perusahaan logistik dan warehouse adalah perusahaan yang sama-sama bergerak di bidang pergudangan. Akan tetapi, perusahaan logistik menggunakan pergudangannya hanya untuk menyimpan produk untuk sementara. 

Perusahaan logistik tidak memproduksi barang yang disimpan di dalam warehouse sendiri. Barang yang disimpan dalam pergudangan perusahaan logistik berasal dari perusahaan lain yang menggunakan layanan perusahaan logistik untuk mengirimkan barang tersebut ke alamat pengiriman pelanggan.

Warehouse Logistik

Jika disederhanakan, perusahaan warehouse adalah pergudangan perusahaan yang memproduksi barang untuk dikirim langsung ke pelanggan, sementara perusahaan logistik adalah perusahaan jasa pengiriman yang menggunakan pergudangan untuk menyimpan barang kiriman pelanggan untuk sementara.

Akan tetapi, kedua jenis perusahaan ini sering disatukan ke dalam satu kategori, yaitu warehouse logistik. Mengapa demikian? Lihat saja, kedua perusahaan tersebut sama-sama memakai pergudangan dalam rantai produksinya. Selain itu, keduanya juga sama-sama mengirim produk dari gudang ke pelanggan baik konsumen maupun produsen lain. Tidak heran jika kedua perusahaan tersebut sering dianggap sama walaupun pemanfaatan gudang logistik dan warehouse adalah berbeda sama sekali.

Manfaat Warehouse Logistik

Setelah mengetahui pengertian warehouse adalah perusahaan yang memberikan layanan pergudangan dan perbedaannya dengan perusahaan logistik, Sobat Shipper perlu tahu juga mengenai manfaat warehouse logistik. Dengan demikian, Sobat Shipper tak perlu ragu untuk menggunakan jasa perusahaan warehouse logistik. 

Alasan pertama untuk menggunakan jasa perusahaan warehouse logistik adalah kontrol kualitas barang yang disimpan di dalamnya. Perusahaan warehouse logistik menyediakan fasilitas yang sesuai dengan barang yang akan disimpan. Gudang produk makanan misalnya mempunyai fasilitas yang berbeda dengan gudang penyimpanan barang bukan makanan. Kualitas produk yang disimpan dalam gudang tetap terjaga sebelum dikirim karena kondisi produk akan dicatat secara berkala.

Selain itu, warehouse juga menjadi pusat informasi yang berguna bagi perusahaan. Dari warehouse, perusahaan bisa mendapatkan informasi mengenai ketersediaan produk, permintaan dan penawaran, perputaran produk, dan pergerakan produk tersebut ke konsumen. Dari data tersebut, produsen bisa mengambil keputusan berdasarkan produk mana yang akan tren maupun tidak.

Karena lengkapnya data warehouse, pengiriman produk akan menjadi lebih efisien. Tak hanya membuat produk lebih cepat diterima oleh konsumen, menggunakan jasa warehouse juga akan membuat kepuasan pelanggan meningkat.

Walaupun pada dasarnya warehouse adalah tempat untuk menyimpan produk, warehouse juga bisa memberikan ruang untuk merakit barang sebelum dikirim ke konsumen. Warehouse juga bisa menjadi pusat pengembalian barang.

Shipper bisa menjadi sobat penyimpanan dan pengiriman barang yang kamu butuhkan. Tak perlu ragu untuk menggunakan jasa perusahaan warehouse dengan mengunjungi https://shipper.id/warehouse untuk informasi lebih lanjut.