Tips Melakukan Branding untuk UMKM Melalui Instagram, Apa Saja?

0
400

Daftar Isi:
1. Apa Itu Branding
2. Unsur-unsur Branding
2.1 Cara Membuat Logo 
2.2 Kesalahan dalam Membuat Logo
2.3 Aplikasi Pembuat Logo Gratis
2.4 Contoh-contoh Logo yang Baik
2.5 Cara Membuat Nama Brand
2.6 Cara Menentukan Warna Brand
2.7 Cara Agar Slogan Mudah Diingat
2.8 Tips Membuat Desain Kemasan Murah
2.9 Instagram Sebagai Media Branding Efektif
3. Strategi Branding
4. Kesalahan dalam Branding Produk

Siapa yang tidak mengenal Instagram saat ini? Instagram menjadi media sosial paling populer dan digunakan berbagai kalangan. Awalnya Instagram hanya digunakan sebagai media berbagai foto atau video. Fitur Instagram semakin berkembang saat ini. Kamu bisa menggunakan Instagram untuk meningkatkan branding dan selling UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).

Social media marketing adalah bagian dari digital marketing yang fleksibel dan efektif. Media sosial punya banyak pengguna dan terus bertambah sehingga perlu dioptimalkan sebagai strategi marketing. Kamu sebagai pemilik bisnis online akan lebih mudah melakukan branding dan promosi melalui media sosial, contohnya Instagram.  

Kamu yang sedang memulai bisnis online atau sedang mengembangkan UMKM penting memahami social media marketing sebagai media promosi yang mudah dan hemat. Khususnya Instagram, kamu bisa melakukan branding dan selling sekaligus. Bagaimana cara menggunakan Instagram sebagai media branding dan selling yang efektif untuk UMKM? Simak strategi branding dan selling ini, yuk!

1. Buat Akun Khusus Brand

Langkah pertama untuk menggunakan Instagram sebagai media branding dan selling adalah mempunyai akun khusus brand. Akun yang kamu gunakan untuk bisnis online atau UMKM harus berupa akun bisnis. Jangan campurkan akun pribadi untuk promosi atau jualan. Bedakan antara akun pribadi dan akun bisnis supaya terlihat profesional.  

Setelah membuat akun bisnis, selanjutnya melengkapi nama toko atau brand, logo, cantumkan kontak, link website, link marketplace dan info penting lainnya. Pelanggan membutuhkan informasi brand yang jelas di Instagram untuk mengenal, percaya dan kemudian melakukan transaksi.  

2. Buat Konten Menarik dan Sesuai Target Market

Konten adalah hal utama untuk menghidupkan Instagram bisnis kamu. Maka dari itu, penting untuk membuat konten yang menarik dan sesuai dengan target market. Kamu perlu mengetahui siapa target market potensial untuk produk yang kamu pasarkan. 

Instagram disukai sebagai media promosi yang tidak agresif. Kamu perlu berpromosi dengan cerdas. Kreasikan konten agar tidak terlalu hard selling. Berikan informasi-informasi yang dibutuhkan pelanggan kamu seputar produk atau hal-hal di luar produk yang masih berkaitan dengan produk. 

Jika kamu menjual produk fashion, maka kamu bisa membuat konten ide OOTD atau informasi bahan pakaian yang nyaman dan sebagainya. Lalu, berikan contoh bahan pakaian nyaman dari produk yang kamu jual. Secara tidak langsung, kamu sedang mempromosikan produk yang kamu jual kepada pelanggan melalui konten informasi yang kamu posting. 

3. Berinteraksi dengan Followers

Menjalin hubungan baik dengan followers hal yang harus dilakukan dalam proses branding bisnis apa pun termasuk UMKM. Followers adalah target konsumen potensial yang kamu miliki. Cara menjalin interaksi dengan followers di antaranya menyapa mereka lewat caption atau instastory

Kamu bisa memaksimalkan fitur instastory untuk berinteraksi dengan followers. Kamu bisa gunakan fitur pertanyaan, polling, kuis dan fitur lain pada instastory agar interaksimu pada followers semakin beragam. Konten dan caption yang menarik di feeds Instagram juga bisa menjadi media interaksi kamu dengan followers

Jangan lupa, sering-sering membalas komentar atau pesan dari followers dengan cara yang baik. Hal ini juga penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan dan membuat pelanggan merasa diperhatikan. Tips lain, kamu bisa membuat campaign yang melibatkan pelanggan. 

4. Manfaatkan Instagram Shopping

Selain melakukan branding dan promosi, kamu juga bisa jualan di Instagram. Manfaatkan fitur Instagram Shopping yang disediakan Instagram untuk berjualan. Strategi ini sangat cocok untuk kamu yang punya bisnis online atau UMKM.

Untuk bisa menggunakan Instagram Shopping kamu perlu mengatur akun menjadi instagram bisnis dan terhubung dengan Facebook Page. Pastikan juga, akun Instagram terhubung dengan katalog produk pada Facebook Page. Kemudian, gunakan tag produk di setiap postingan kamu di Instagram Shopping.  

5. Optimalkan Fitur Instagram

Banyak fitur yang bisa dioptimalkan untuk berpromosi dan jualan di Instagram. Berikut ini adalah penjelasan tentang fitur-fitur Instagram bisnis yang bisa digunakan. 

a. Balas Cepat

Menjaga hubungan baik dengan followers penting, kamu perlu memberi tanggapan yang baik. Untuk menghemat waktu membalas pesan secara cepat dan praktis bisa manfaatkan fitur auto reply atau balas cepat yang ada pada Instagram Bisnis. 

Sobat Shipper bisa mengatur fitur balas cepat pada bagian pengaturan > Bisnis > Balasan Tersimpan.  Simpan tanggapan dari pesan atau pertanyaan yang sering diberikan oleh followers. Kamu bisa menyimpan beberapa balasan pesan sekaligus. 

b. Insight

Fitur insight bisa menjadi salah satu alat analisis bisnis kamu. Insight Instagram memberi informasi dan data seputar interaksi konten, demografi, tindakan pengikut dan sebagainya. Sobat Shipper bisa tahu konten mana yang sudah efektif . Selain itu, kamu juga bisa lebih mengenali target konsumen dari karakteristik followers berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi dan sebagainya.  

c. IG TV, Live IG dan Reels

Selain konten feeds dan instastory, kamu bisa kreasikan konten dengan memanfaatkan fitur Instagram lainnya. IG TV punya durasi lebih panjang dari konten video di feeds sehingga bisa kamu gunakan lebih leluasa untuk membuat konten yang keren. Ajak followers berinteraksi melalui Live IG yang seru dan interaktif. Reels adalah fitur terbaru Instagram untuk membuat konten yang lebih kreatif.  

d. Instagram Ads

Instagram Ads termasuk fitur iklan instagram untuk mendukung bisnis kecil hingga besar. Instagram Ads menjadi pilihan iklan online dengan biaya hemat untuk menjangkau audiens secara spesifik. Sobat Shipper bisa melakukan targeting audiens berdasarkan lokasi, minat, jenis kelamin dan usia. Sistem targeting audiens pada Instagram Ads membuat hasilnya lebih efektif. 

Itulah beberapa yang bisa diterapkan dalam strategi branding dan selling khususnya bagi UMKM. Proses branding adalah kegiatan yang harus dilakukan dengan konsisten dan kreatif. Branding yang sukses akan membawa hasil optimal dalam penjualan. Selain melalui Instagram, maksimalkan dengan strategi digital marketing lain dan promosi offline. Meningkatkan pelayanan pelanggan salah satunya dengan memberikan layanan pengiriman yang aman dan terpercaya.

Yuk, bekerja sama dengan Shipper untuk menghadirkan layanan pengiriman terbaik bagi pelanggan kamu! Shipper memberikan banyak kemudahan untuk kamu pemilik UMKM atau bisnis online. Kamu bebas pilih jasa ekspedisi dengan biaya penjemputan gratis. Cari tahu apa saja layanan unggulan Shipper untuk kamu, klik www.shipper.id!