Apa Itu Email Marketing dan Kegunaannya untuk Bisnis Online

0
41

Sobat Shipper, banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran produk baik online atau offline. Salah satu media pemasaran yang dinilai efektif yaitu email marketing. Sebab, hampir semua orang sekarang punya email. Hal ini yang dimanfaatkan pebisnis untuk menjangkau lebih banyak target pelanggan potensial untuk meningkatkan penjualan. 

Ingin tahu lebih banyak tentang email marketing? Mari kita bahas lebih dalam mengenai pengertian dan manfaat email marketing khususnya untuk bisnis online.

1. Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah teknik pemasaran online memanfaatkan media pesan elektronik untuk membangun hubungan baik dengan target konsumen. Email marketing pertama ditemukan sekitar tahun 1978. Tentu ini berbeda dengan email spam atau email yang biasa Sobat Shipper terima dari rekan kerja. 

Tujuan dari email marketing adalah menginformasikan produk atau hal-hal yang berhubungan dengan bisnis kepada target konsumen. Ada teknik khusus dalam menulis isi email pemasaran yang baik dan cara menargetkan penerima email yang tepat. Selain itu, teknik pemasaran melalui email juga memerlukan tools atau layanan khusus agar hasilnya jauh lebih efektif.

2. Kegunaan Email Marketing untuk Bisnis Online

Perlukan sebuah bisnis online menggunakan email marketing dalam strategi pemasarannya? Jawabannya relatif. Namun, dalam pemasaran online sebaiknya bisnis apa pun memaksimalkan strategi marketing yang paling tepat dan efektif. Email marketing bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang layak dicoba. 

Berikut ini adalah kegunaan email marketing untuk bisnis online

  • Sebagai cara pemasaran yang bersifat personal sehingga lebih mudah menarik perhatian calon pelanggan agar pelanggan merasa lebih nyaman menerima penawaran bisnis melalui email
  • Untuk menyebarkan informasi bisnis dengan cepat dan tepat sasaran sebab pengiriman email dapat diatur langsung ke banyak orang berdasarkan kriteria atau segmentasi tertentu.  
  • Untuk meningkatkan efisiensi dari segi waktu dan biaya pemasaran bisnis online dibandingkan harus menghubungi satu per satu pelanggan untuk memberikan penawaran. 
  • Berguna dalam membantu mengembangkan bisnis online sebab email marketing mudah dianalisis dan dievaluasi hasilnya melalui tools pemasaran.   
  • Untuk meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan bisnis online melalui surat elektronik yang baik untuk meningkatkan penjualan. 

Baca Juga: Seberapa Ampuh Affiliate Marketing untuk Bisnis

3. Cara Memulai Email Marketing

Jika Sobat Shipper tertarik menggunakan email dalam strategi pemasaran, beberapa hal berikut ini dapat dilakukan. 

  • Pilih layanan atau tools email marketing yang tepat untuk memudahkan mengirim email pemasaran ke target pelanggan, sesuaikan tools dengan kebutuhan dan budget.
  • Kumpulkan daftar kotak email sebanyak-banyaknya, misalnya dari database pelanggan atau membuat pendaftaran di acara-acara offline dan sebagainya. 
  • Manfaatkan tools untuk membuat email yang baik, tools menyediakan template khusus untuk email marketing
  • Mulailah menulis konten email dengan bahasa yang baik dan persuasif. 
  • Jelaskan apa yang ditawarkan dengan padat dan jelas di bagian headline email, isi email jangan bertele-tele dan gunakan call to action di dalam isi email tersebut.    
  • Analisis dan evaluasi hasil dari campaign email marketing-mu.

Sobat Shipper itulah beberapa informasi terkait email marketing yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik bisnis online. Sobat Shipper, dalam menjalankan bisnis online layanan pengiriman adalah bagian penting untuk mendapat kepercayaan pelanggan. Shipper adalah layanan pengiriman yang memberikan jaminan aman dan harga kompetitif untukmu. Untuk keterangan lebih lanjut kamu bisa berkunjung langsung ke https://shipper.id untuk mendapat penawaran terbaik!

Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya!

Baca Juga: 5 Strategi Mengelola Iklan Digital Agar Jualan Laris dan Tidak Rugi