7 Kesalahan Umum Saat Membuat Website Jualan

0
107
membuat website jualan

Website jualan atau website toko online merupakan media yang efektif untuk menjalankan transaksi jual beli di era teknologi seperti saat ini. Tren jual beli yang dahulu melalui aktivitas tatap muka di mana pembeli harus datang ke toko, kini lebih praktis dilakukan melalui web. Namun, tahukah Sobat Shipper ada beberapa kesalahan umum saat membuat website jualan yang kadang tidak sadar dilakukan pelaku bisnis?

Supaya kamu tidak mengalami kesalahan umum saat membuat website jualan, mari kita bahas apa saja kesalahan tersebut dan bagaimana solusi praktisnya.

1. Tidak Memasukkan Identitas Bisnis

Website bisnis atau website toko online tentu berbeda dengan blog pribadi atau website untuk personal branding. Website jualan sebaiknya memuat identitas bisnis secara jelas. Identitas bisnis tersebut meliputi logo perusahaan, nama merek, warna brand, dan lain lain. Selain itu website untuk jualan harus memuat informasi kontak dan alamat perusahaan.

Mengapa identitas bisnis penting dalam website jualan? Website untuk jualan bertujuan menghasilkan transaksi jual beli online. Pelanggan sebelum bertransaksi tentu harus memastikan bahwa toko online tersebut terpercaya. Fungsi identitas bisnis dalam website yaitu untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa website toko online kamu adalah bisnis yang kredibel, terpercaya dan profesional.

Selain itu, pelanggan juga tidak bingung untuk mengenali website toko online karena langsung bisa mengetahuinya dari identitas bisnis. Logo perusahaan atau nama merek sebaiknya ada pada bagian website yang mudah dilihat pengunjung. Tambahkan menu tentang kami dan kontak untuk penjelasan lebih detail mengenai profil perusahaan.

2. Konten Website Belum Siap

Ketika membuat website ada persiapan yang harus dilakukan dengan matang. Sobat Shipper sebagai pemilik bisnis sebaiknya sudah menyiapkan data dan bahan konten website selama masa pembuatan website. Kamu harus tahu data dan informasi apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam website. Komunikasikan hal ini dengan baik ke pengembang website atau penulis konten website Anda.

Kesalahan umum saat membuat website jualan adalah web terlihat kosong dan belum siap karena minim data dan informasi. Website jualan yang terlihat kosong dapat menurunkan kepercayaan pelanggan. Siapkan konten website sebelum web tersebut launching. Kamu harus menyiapkan konten untuk setiap menu yang ada di web. Contohnya seperti menu about us, etalase toko online, produk terbaru, info promo launching web, konten artikel dan lain-lain.

3. Desain Website Kurang Nyaman

Website jualan tak jauh berbeda fungsinya dengan toko offline. Toko offline ditata sedemikian rapi untuk bisa memberi kenyamanan pelanggan berbelanja. Selain itu desain toko yang rapi juga memudahkan penjual atau karyawan toko dalam mengelola toko. Begitu juga dengan website jualan yang harus ditata dengan baik untuk memberikan kenyamanan bagi penjual dan pembeli.

Kesalahan umum saat membuat website jualan adalah tampilan web yang tidak nyaman, layout berantakan, pemilihan warna atau huruf yang salah, menu sulit diakses dan sebagainya. Hindari kesalahan ini jika ingin web jualan kamu banyak mendapat pelanggan. Bagaimana cara buat website untuk mengatasi hal ini?

· Menggunakan template web yang cocok dengan identitas bisnis dan target konsumen.

· Pemilihan warna yang sesuai dan nyaman di mata.

· Menggunakan font yang mudah dibaca.

· Berikan media visual seperti gambar, foto, video dan lain-lain untuk membuat web lebih hidup.

· Atur layout dan navigasi web agar mudah digunakan oleh pengunjung web.

· Perhatikan kecepatan web, jika website jualan lemot risiko kehilangan pelanggan bisa lebih besar.

· Pastikan website juga dapat diakses melalui media selular dengan tampilan yang nyaman.

4. Deskripsi Produk Kurang Menarik

Deskripsi produk terdiri dari media visual dan teks untuk menjelaskan informasi produk kepada pelanggan. Jika di toko offline penjual atau karyawan bisa menjelaskan langsung kepada calon pembeli mengenai informasi produk, mulai dari jenis, komposisi, harga, keunggulan, varian dan lain-lain. Di toko online peran deskripsi produk sangat penting untuk meyakinkan calon pembeli. Penjual perlu membuat deskripsi produk dengan jelas dan menarik.

Berikan tampilan visual produk yang jelas dan menarik, gunakan foto produk asli untuk meyakinkan pelanggan. Gunakan teknik copywriting yang dapat mendorong calon pelanggan membeli produk tersebut. Pastikan informasi yang dibutuhkan pelanggan ada pada bagian deskripsi produk sehingga pelanggan tidak harus repot banyak bertanya sebelum berbelanja di web kamu.

5. Tidak Ada Konten Pendukung Selain Info Produk

Sobat Shipper, konten dalam website jualan tidak hanya info produk saja. Kesalahan umum saat membuat website jualan yang sering terjadi adalah konten web kurang bermanfaat bagi pengunjung. Untuk menarikkan jumlah pengunjung web harus memiliki konten yang beragam dan berkualitas.

Selain konten informasi produk, kamu bisa menambahkan konten-konten yang bermanfaat bagi target konsumen. Konten ini dapat membantu dalam soft promotion dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Contohnya seperti konten artikel berisi tips yang relevan dengan produk yang kamu jual.

6. Website Tidak Dikelola dengan Baik

Sobat Shipper harus mengelola web dengan baik untuk mendatangkan lebih banyak calon pembeli. Sayang sekali bukan jika web sudah dibuat tapi malas mengelolanya. Penting untuk mengelola web secara berkala. Web harus memiliki info produk-produk baru yang selalu update.

Buatlah jadwal untuk memposting konten web secara rutin. Konten yang ada di website harus sesuai dengan kebutuhan target konsumen kamu. Kamu bisa memberi informasi event atau promosi di website untuk menarik lebih banyak minat pengunjung. Web yang rutin update dengan info bermanfaat dapat membuat pengunjung ingin kembali lagi ke website kamu.

7. Website Tidak Dioptimasi dengan Baik

Kesalahan umum saat membuat website jualan yang sering terjadi adalah tidak melakukan optimasi web. Supaya web semakin baik performanya kamu perlu mengoptimasi website. Optimasi website jualan bertujuan agar web memiliki trafik baik dan bisa muncul dalam hasil atas mesin pencari berdasarkan kata kunci yang tepat.

Beberapa tips dalam optimasi web yaitu:

· Optimasi dengan teknik SEO untuk menaikkan trafik pengunjung.

· Gunakan aplikasi analisis website seperti Google Analytics.

· Lakukan promosi web di media lain seperti media sosial atau email.

· Buat iklan online sesuai dengan target konsumen untuk meningkatkan penjualan.

Sobat Shipper itulah beberapa kesalahan umum saat membuat website jualan. Dengan mengetahui hal ini kamu bisa mencegahnya dan mengoptimalkan performa toko online kamu. Jangan lupa untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mulai dari pemesanan hingga pengiriman barang.

Shipper adalah solusi untuk layanan pengiriman yang aman, berpengalaman dan terpercaya. Bekerja sama dengan Shipper akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan toko online kamu. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari Shipper, yuk kunjungi websitenya di shipper.id untuk info lebih lanjut!

Baca Juga : Mau Bikin Website Sendiri untuk Jualan? Pelajari Website Builder Ini