Cara Kemas Makanan untuk Pengiriman Antar Kota

0
67
kemasan makanan untuk pengiriman antar kota
Asian delivery man wearing in red uniform holding lunch box and takeaway coffee isolated over yellow background

Masa pandemi COVID-19 seperti ini membuat banyak orang beralih untuk membeli makanan kemasan secara online agar lebih mudah. Karena belum terbiasa, sebagian produsen makanan beku tentu ada yang kebingungan dalam proses pengemasannya. Bagi kamu yang menjalani bisnis makanan beku, tentunya kamu harus memastikan bahwa kualitas makanan tetap baik sampai di tangan si pembeli nantinya. 

Meskipun sama-sama dikirim melalui jasa ekspedisi, namun mengirim makanan beku tentu saja sangat berbeda. Agar tidak salah berikut ini cara kemas makanan untuk pengiriman antar kota yang perlu Sobat Shipper perhatikan demi menjaga kualitas.

Pastikan Kemasan Makanan dengan Baik

Hal pertama tentu kamu harus memastikan bahwa makanan kemasan yang akan dikirim sudah terkemas dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk memperhatikan kelembapan serta suhu saat mengirimkan makanan agar terhindar dari kerusakan dan bisa tahan lebih lama. Usahakan untuk membungkusnya dengan plastik nilon karena memiliki fleksibilitas dan elastisitas yang cukup tinggi. 

Gunakan Ice Gel Tambahan

Tips lainnya yang bisa kamu gunakan yakni menggunakan ice gel tambahan. Untuk mengurangi biaya, kamu bisa membuatnya sendiri. Sobat Shipper, kamu hanya memerlukan bahan-bahan sederhana seperti tepung tapioka, garam dan cuka. Tentu saja, dengan menggunakan ice gel tambahan akan membuat makanan kemasan kamu lebih tahan lama dan tetap fresh.

Gunakan Styrofoam

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa styrofoam merupakan produk insulin yang bisa membuat suhu makanan beku tetap dingin di dalamnya dan bertahan lebih lama, jangan lupa untuk menambahkan ice gel juga, ya. Kamu juga bisa memilih kemasan makanan ramah lingkungan lainnya sesuai dengan selera dan ketahanannya. 

Pastikan Wadah yang Digunakan Berkualitas

Tak hanya menggunakan styrofoam dan ice gel saja, kamu juga harus memastikan bahwa wadah makanan yang digunakan berkualitas dan tidak cepat rusak, agar selama perjalanan nantinya makanan kemasan yang dikirimkan tetap memiliki kualitas yang baik saat diterima di alamat tujuan dengan keadaan yang baik. 

Pilih Jasa Pengiriman yang Tepat

Nah, jika kamu sudah menirukan beberapa poin yang telah disebutkan tadi di atas, kini saatnya memilih jasa pengiriman yang tepat. Hal terakhir ini sangat penting untuk dipertimbangkan demi menjaga kualitas pengiriman tetap baik sampai di tujuan nantinya. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan saat mengirim kemasan makanan yakni Shipper.

Jika menggunakan Shipper, kamu bisa memilih berbagai macam ekspedisi sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive 24 jam dengan tambahan fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim, secara online dan akurat, lho. 

Baca Juga: 5 Ide Usaha Sampingan Saat Corona untuk Tambah Pemasukan yang Bisa Kamu Coba

Contoh Kemasan Makanan

Sobat Shipper, berikut ini juga ada beberapa ide contoh kemasan makanan yang bisa kamu jadikan pilihan saat membungkus produk makanan kemasan kamu, lho. 

  1. Stand up Pouch
  2. Kemasan Side Gusset Pouch
  3. Flat Bottom Pouch
  4. Kemasan Pillow Pouch
  5. Three Side Seal

Jadi, kamu akan pilih yang mana nih?