5 Jenis-jenis Gudang untuk Mengembangkan Bisnis Online

0
130
gudang online shop

Saat mendengar kata “gudang”, mungkin Sobat Shipper berpikir tentang bangunan berdebu, dingin dan gelap, penuh dengan rak, kotak dan peti kemas. Pada kenyataannya, gudang modern adalah pusat aktivitas bisnis yang bersih, cerah, dan membantu menjaga rantai pasokan bisnis Sobat Shipper bergerak dengan mulus. 

Ada jenis-jenis gudang yang harus Sobat Shipper ketahui saat mencari gudang yang tepat untuk bisnis online Sobat Shipper. Yuk, simak setiap jenis gudang dan fungsinya di bawah ini.

Kualitas Gudang yang Harus Diperhatikan

Jenis-jenis gudang dalam rantai pasokan memiliki keunggulan dan fungsi yang berbeda. Namun, ada beberapa karakteristik umum yang harus dimiliki gudang yang efisien dan aman, yaitu; 

  1. Keselamatan dan keamanan
  2. Staf terlatih
  3. Aksesibilitas dan kedekatan pasar
  4. Ruang penyimpanan yang sesuai
  5. Peralatan mekanik terbaru
  6. Interior yang dirancang dengan benar
  7. Protokol darurat hingga standar terbaru
  8. Proses pengambilan dan penerimaan yang terorganisir
  9. Cek kualitas
  10. Perangkat lunak yang diperbarui
  11. Pengiriman yang cepat dan layanan pelanggan

Jenis-jenis Gudang

  1. Gudang Umum

Jenis gudang ini dimiliki oleh badan pemerintah dan disediakan untuk perusahaan sektor swasta. 

Gudang umum dapat dipinjamkan untuk keperluan bisnis dan pribadi. Kalau Sobat Shipper adalah pelaku UMKM dan ingin menyimpan produk untuk waktu yang singkat, gudang umum dapat menjadi pilihan yang bagus dibandingkan dengan jenis gudang lainnya.

Meskipun biasanya tidak begitu canggih seperti berbagai jenis gudang data, jenis ini umumnya merupakan pilihan yang paling terjangkau dan mudah diakses, dan dengan demikian merupakan pilihan yang baik untuk bisnis yang masih baru dan UMKM dibandingkan dengan gudang pribadi.

  1. Gudang Swasta

Jenis gudang ini dimiliki oleh pengecer, distributor, atau produsen. Ritel besar dan marketplace online juga memiliki gudang milik pribadi mereka sendiri.

Meskipun umumnya lebih mahal daripada gudang umum, gudang swasta masih bisa menjadi pilihan bagus untuk bisnis online, kalau Sobat Shipper membutuhkan lokasi strategis jangka panjang yang besar di wilayah penting dibandingkan dengan berbagai jenis gudang lain. Meskipun membutuhkan modal yang lebih mahal daripada jenis gudang lain, gudang swasta masih tetap menjadi pilihan gudang yang bagus karena menawarkan berbagai fasilitas yang aman dan teruji.

  1. Gudang Berikat

Fungsi gudang ini adalah menyimpan barang-barang impor sebelum dipungut bea masuk. Pihak berwenang memberi izin perusahaan untuk menggunakan gudang ini ketika mereka perlu menyimpan produk impor mereka sebelum dijual.

Tujuannya adalah menyimpan barang impor tanpa perlu membayar bea apapun sebelum barang tersebut laku terjual. Sobat Shipper juga bisa menyimpan barang-barang yang diregulasi di gudang ini sampai mendapatkan dokumen yang sesuai. Gudang berikat juga menawarkan fasilitas untuk menyimpan barang dalam jangka waktu yang lama.

Jenis gudang ini cocok untuk importir karena mereka bisa menyimpan stok bebas bea sampai mereka menemukan pembeli. Jenis ini juga memiliki reputasi sebagai ruang penyimpanan barang yang aman dan terjamin.

  1. Gudang Pintar

Seluruh operasi dalam jenis gudang ini, mulai dari penyimpanan, proses pemenuhan, hingga manajemen inventaris, diotomatisasi dengan AI. Otomatisasi biasanya mencakup segala hal mulai dari software untuk manajemen inventaris hingga robot dan drone yang melakukan tugas seperti pengepakan, penimbangan, pengangkutan, dan penyimpanan stok.

Perusahaan seperti Amazon dan Alibaba menggunakan jenis gudang ini yang membuat pemenuhan pesanan cepat dan tanpa risiko kesalahan manusia. Dengan gudang pintar, Sobat Shipper tidak perlu mengkhawatirkan manajemen gudang.

  1. Pusat Distribusi

Jenis gudang ini adalah ruang penyimpanan yang biasanya dibangun dengan tujuan mengoptimalkan logistik bisnis yang menjadi klien mereka.

Penyimpanan digunakan untuk kebutuhan sementara dan barang dipindahkan dengan cepat dalam rantai pasokan. Inventaris besar diterima dan didistribusikan ke distributor dan pelanggan dalam waktu singkat.

Pusat distribusi mampu didistribusikan produk dalam waktu satu hari. Hal ini sangat penting untuk produk makanan dan minuman, serta produk yang mudah rusak. Umumnya, pusat distribusi terjangkau untuk disewa, serta menawarkan fasilitas dan layanan yang bervariasi.

Itulah jenis-jenis gudang untuk online shop yang memiliki fungsi dan keunggulan masing-masing. Untuk, memilih jenis gudang yang cocok bergantung pada kebutuhan bisnis spesifik Sobat Shipper, rantai pasokan, target pasar, anggaran, dan aspek bisnis lainnya.

Belum terlambat untuk berpartner dengan Shipper untuk meningkatkan kualitas penyimpanan barang. Silakan kunjungi https://shipper.id/warehouse buat mempelajari lebih lengkap layanan dari Shipper terkait pergudangan.