7 Jenis Gudang Bisnis Sesuai Fungsinya, Mana yang Cocok Buatmu?

0
422

Dalam mengelola proses distribusi, keberadaan gudang bisnis bakal membantumu menyimpan stok barang. Kamu juga tak perlu langsung membeli, sebab sekarang sudah ada banyak pemilik gudang yang menyewakannya dengan tarif terjangkau.

Peran Gudang dalam Sebuah Bisnis

Peran gudang bisnis bukan sekadar tempat penyimpanan barang. Dengan status barang sebagai produk yang bakal menentukan kesuksesan bisnis, pemilihan gudang bakal berdampak besar terhadap kualitas. Makanya, kamu jangan sampai sembarangan menyewanya.

Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan di gudang selain menyimpan barang? Gudang bisnis dipakai untuk menyortir, mengolah, hingga mengemas barang. Tanpa gudang, kamu bakal kesulitan mengatur siklus produksi dan konsumsi. Akibatnya, pelanggan tak akan menerima barang tepat waktu dan membuat reputasi bisnismu memburuk.

Kemudian, gudang bisnis juga bermanfaat buat kamu yang mengelola bisnis musiman. Pasalnya saat menjalankan jenis bisnis ini, jumlah permintaan konsumen cenderung terus berjalan kendati pasokan barang sedang menurun. Benefit gudang bisnis dalam hal ini adalah menaruh stok cadangan yang bisa kamu jual saat masa produksi sedang lesu. Jadi, profitmu juga bakal tetap stabil.

Baca juga: Kian Diminati dalam Bisnis, Apa Sebenarnya Manfaat Gudang Online?

Jenis Gudang Berdasarkan Fungsinya

Sudah mendapatkan gambaran seputar definisi gudang bisnis? Berdasarkan fungsinya, terbagi menjadi tujuh jenis, antara lain:

1. Gudang Bahan Baku

Sebagian besar perusahaan dan pebisnis umumnya punya satu gedung untuk menyimpan bahan baku. Mereka bakal menaruh bahan-bahan tersebut setelah tahap produksi selesai. Material bangunan hingga komoditas seperti karet adalah beberapa bahan baku yang sering disimpan di jenis gudang yang satu ini.

2. Gudang Barang Setengah Jadi

Dalam hal ini, barang setengah jadi adalah barang-barang yang masih ada dalam proses manufaktur. Namun, tarif sewa gudang barang setengah jadi lebih mahal karena ada proses pelabelan yang makan waktu dan tenaga ekstra.

3. Gudang Bahan Hasil Produksi

Gudang bahan hasil produksi adalah gudang bisnis yang bisa kamu pilih buat menyimpan barang hasil produksi. Harga sewanya juga lebih murah, karena tipe barang ini umumnya sudah siap sudah kamu distribusikan kepada pelanggan.

4. Gudang Pusat Sortir

Jenis gudang yang satu ini dipakai perusahaan yang menjalankan layanan jasa pengiriman surat dan parsel. Dalam prosesnya, barang bakal dikumpulkan di gudang untuk kemudian disortir sesuai kodepos atau zona. Setelah itu, barang akan dikonsolidasikan sebelum dikirimkan ke alamat tujuan.

5. Gudang Pusat Transit

Fungsi gudang untuk bisnis ini sendiri hampir sama dengan gudang sortir karena menerima barang-barang yang berdatangan dari macam-macam tempat. Selanjutnya, barang-barang akan digabungkan dan dikirimkan ke konsumen atau diteruskan ke proses produksi lain.

6. Gudang Cross Docking

Kalau kamu belum pernah mendengarnya, peran gudang yang satu ini difungsikan untuk memproses barang dengan perputaran cepat. Barang yang disimpan di gudang cross docking biasanya akan dijual pada hari yang cepat, terutama buat barang yang cepat kedaluwarsa.

7. Gudang kepentingan publik

Dikenal juga sebagai gudang bulog, jenis pergudangan ini dikelola negara buat menyimpan beras. Sementara gudang kepentingan publik buat tentara dapat digunakan untuk menaruh kebutuhan buat korban bencana alam. Butuh rekomendasi gudang untuk menjalankan bisnis kamu yang bagus dan terpercaya? Shipper yang berpengalaman menangani banyak klien di Indonesia siap kamu andalkan buat stok barang.

Sobat Shipper, kamu bisa memilih gudang Shipper terdekat dari lokasimu dan menentukan layanan yang diperlukan sesuai bisnis. Untuk informasi tambahan yang lebih akurat, kamu bisa langsung berkunjung ke https://shipper.id/warehouse!

Baca juga: 4 Kekurangan Pengiriman Cargo dan Solusinya