Ini Dia Jenis Fasilitas Logistik yang Perlu Kamu Ketahui

0
14
jenis fasilitas logistik

Kalau Sobat Shipper adalah seorang pelaku bisnis online yang ingin mengembangkan bisnis tersebut, Sobat Shipper juga harus meningkatkan pola pikir. Supaya tetap kompetitif, Sobat Shipper perlu memperluas jangkauan pelanggan dan melakukan pengiriman yang cepat dan terjangkau. Sehingga, meningkatkan skala bisnis berarti Sobat Shipper harus berinvestasi untuk mengoptimalkan operasi logistik.

Fasilitas logistik memainkan peran kunci dalam pengoptimalan rantai pasokan suatu bisnis karena menentukan seberapa efektif Sobat Shipper mendistribusikan inventaris dan seberapa efisien memenuhi pesanan.

Apa yang dimaksud dengan fasilitas logistik? Dalam artikel ini, Sobat Shipper akan mengetahui lebih lanjut mengenai cara kerja fasilitas logistik, jenis-jenisnya, dan mengapa banyak pelaku bisnis online memilih untuk bermitra dengan pihak ketiga yang menawarkan jaringan distribusi yang luas.

Apa itu Fasilitas Logistik?

Fasilitas logistik adalah gudang yang menawarkan ruang penyimpanan stok dan layanan logistik tambahan seperti pengiriman langsung ke pelanggan.

Tidak jarang fasilitas logistik menawarkan lebih dari satu lokasi dalam satu jaringan. Hal ini memungkinkan Sobat Shipper untuk mendistribusikan inventaris secara strategis di berbagai lokasi, menyederhanakan proses pengambilan dan pengemasan, dan mengirimkan produk ke lokasi lain atau ke pelanggan.

Namun, beberapa fasilitas logistik memiliki penawaran jasa yang berbeda . Misalnya, beberapa fasilitas logistik hanya berfokus pada transfer barang dari satu lokasi distribusi ke lokasi distribusi berikutnya, sedangkan fasilitas logistik lainnya berfokus pada penyimpanan stok, pemenuhan permintaan, dan pengiriman pesanan ke pelanggan.

Jenis-jenis Fasilitas Logistik 

Tidak semua fasilitas logistik sama. Ada berbagai fasilitas logistik yang menawarkan jasa yang berbeda, mulai dari layanan penyimpanan hingga pengiriman pesanan.

Sobat Shipper perlu mengetahui kebutuhan bisnis, sebelum memilih jenis fasilitas logistik untuk menyimpan stok atau mengirimkan produk. 

Berikut adalah penjelasan dari berbagai jenis fasilitas logistik yang bisa dipilih oleh Sobat Shipper;

  1. Pusat Fulfilment

Fasilitas logistik ini adalah lokasi fisik yang dioperasikan oleh penyedia logistik pihak ketiga (3PL) yang tidak hanya menyimpan inventaris, tetapi juga mengirimkan pesanan atas nama Sobat Shipper.

Pusat fulfillment dirancang untuk mengoptimalkan proses pengiriman, menjaga biaya logistik tetap rendah, dan mempercepat pengiriman terakhir ke konsumen.

Seringkali, pusat fulfillment didukung oleh software 3PL yang memungkinkan Sobat Shipper untuk menghubungkan online shop dengan fasilitas tersebut. Hal ini memungkinkan pesanan yang dilakukan secara online dan otomatis dikirim ke pusat fulfillment terdekat untuk diambil, dikemas, dan dikirim sesegera mungkin.

Menyimpan inventaris di pusat fulfillment dan mengalihdayakan pengiriman ke pihak ketiga akan mempermudah pengelolaan inventaris, mengirimkan pesanan pelanggan, dan menghabiskan lebih sedikit waktu dan uang untuk pengemasan dan pengiriman.

  1. Pusat Distribusi

Meskipun istilah pusat distribusi sering digunakan untuk merujuk pada pusat fulfillment, beberapa pusat distribusi tidak menawarkan layanan pengiriman untuk online shop.

Beberapa 3PL menganggap jaringan fulfilment mereka sebagai pusat distribusi dikarenakan oleh kemampuan untuk membagi inventaris di berbagai lokasi dalam jaringan yang sama untuk mendistribusikan produk secara efisien. Dengan begitu, pesanan bisa dipenuhi dari pusat fulfillment terdekat dengan pelanggan.

Dalam beberapa kasus, pusat distribusi bertindak sebagai pusat transit untuk produk yang perlu dipindahkan lebih jauh dalam rantai pasokan atau didistribusikan kembali. Banyak retailer besar menggunakan metode ini untuk transfer internal, misalnya untuk mengisi stok toko cabang mereka.

Terkadang, produk dikirim ke pusat distribusi untuk ditransfer ke moda transportasi lain untuk mencapai tujuan berikutnya dengan efisien, baik itu konsumen atau gudang yang berbeda.

Saat Sobat Shipper mengembangkan bisnis dan mengoptimalkan sistem logistik, fasilitas logistik pihak ketiga adalah solusinya. Jaringan fasilitas logistik yang luas akan mempermudah Sobat Shipper mulai dari pengemasan produk dan manajemen retur penjualan hingga perencanaan inventaris dan bantuan pemasaran.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id