Lakukan 5 Langkah Ini untuk Jaga Sirkulasi Gudang Sewaan Kamu

0
303

Apa yang biasanya Sobat Shipper periksa saat survei warehouse dari jasa sewa gudang? Beberapa orang biasanya bakal memfokuskan perhatian pada fasilitas yang menunjang kegiatan operasional. Akan tetapi, bagaimana dengan hal-hal yang tampak sepele seperti sirkulasi udara?

Jendela dan ventilasi yang kurang baik berdampak besar terhadap kinerja karyawan dan kualitas barang juga. Setelah mendapatkan gudang barang sewaan, Sobat Shipper dapat mengoptimalkan sirkulasi udara dengan cara-cara berikut ini!

1. Ketahui fungsi utama ventilasi

Dalam pengaturan sirkulasi udara, ventilasi berfungsi sebagai ruang masuk dan keluar udara yang memungkinkan adanya proses pergantian. Keberadaan ventilasi bisa Sobat Shipper cek saat datang ke warehouse milik jasa sewa gudang buat mengetahui sebaik apa pergantian udara yang terjadi.

Jika ventilasi kurang optimal atau sudah rusak, Sobat Shipper bisa mengajukan penggantian pada pihak yang menyediakan layanan jasa sewa gudang. Membiarkannya terlalu lama bakal mengganggu aktivitas sampai mengurangi kualitas stok barang.

Baca juga: Ketahui 4 Syarat Gudang Yang Baik Dan Harus Terpenuhi

2. Pelajari persyaratan teknis ventilasi

Ada sejumlah persyaratan teknis yang perlu Sobat Shipper perhatikan dalam pemasangan ventilasi. Misalnya, luas lubang ventilasi tetap minimum 5% dari luas lantai ruangan dengan tinggi lubang 80 cm dari langit-langit. Pastikan juga lubang hawanya berhadapan antara dua dinding ruangan.

Kemudian, saat melakukan pemeriksaan bersama jasa sewa gudang, pastikan tingkat kelembaban ruangan. Level yang aman berkisar dari 40% sampai 70%. Sobat Shipper juga bisa menyiapkan alat-alat berkualitas yang bakal menunjang pemeliharaan.

3. Kenali jenis ventilasi untuk penentuan sistem

Jenis ventilasi gudang sewaan tak bisa Sobat Shipper samakan dengan ventilasi rumah. Untuk skala warehouse besar, gudang yang biasanya dipasang menggunakan kipas penghisap untuk menyaring udara kotor dan partikel lainnya yang dapat menurunkan kualitas udara bersih.

Kemudian, ada comfort ventilation, jenis ventilasi yang sudah dilengkapi AC (air conditioner) untuk mengoptimalkan sirkulasi udara. Sobat Shipper yang memprioritaskan kenyamanan dan kelancaran kegiatan di gudang bisa memanfaatkan comfort ventilation untuk hal tersebut.

4. Pasang bukaan angin-angin (bouvenlight)

Belum bisa membeli AC atau comfort ventilation? Jika jasa sewa gudang mengizinkan, Sobat Shipper dapat mengakalinya dengan memasang bukaan angin-angin atau bouvenlight. Sesuai namanya, alat ini bakal memaksimalkan sirkulasi udara dengan permainan angin.

Bouvenlight juga bakal menghemat pengeluaran biaya listrik, sehingga membantu Sobat Shipper juga buat mengatur anggaran saat memulai usaha. Kalau usaha sudah berkembang, Sobat Shipper dapat membeli perangkat yang lebih bagus untuk fasilitas gudang sewaan.

5. Manfaatkan wewangian dari minyak esensial

Selain udara kotor, kadang gudang sewaan yang sudah lama tak terurus mengeluarkan bau pengap. Sobat Shipper dapat mengatasinya dengan pembersihan menyeluruh. Perawatan inipun sebaiknya dilakukan secara berkala supaya gudang tidak cepat kotor.

Kemudian untuk memudarkan bau tak sedap yang tersisa, semprotkan saja minyak esensial di sudut-sudut ruangan. Gunangan aroma atau wewangian yang tidak terlalu menyengat sekaligus bisa mengusir hama seperti lemon dan jeruk nipis.

Pengaturan ventilasi sebenarnya bisa dipermudah kalau Sobat Shipper memilih jasa sewa gudang profesional. Seperti Shipper, misalnya, yang selalu memastikan setiap warehouse atau gudang yang mereka sediakan dilengkapi sirkulasi udara memadai.

Ketersediaan sirkulasi yang memenuhi standar hanya satu dari sekian kelebihan yang ditawarkan Shipper melalui gudangnya. Kalau Sobat Shipper ingin tahu lebih banyak seputar warehouse, lokasi, dan tarif sewa, kunjungi saja website resmi Shipperdi https://shipper.id/warehouse, ya!
Baca juga: 6 Elemen yang Perlu Diperhatikan Agar Jualan Semakin Mantap