5 Tips Memilih Layanan Jasa Pengiriman Barang Luar Negeri Agar Tidak Salah

0
116
tips jasa pengiriman barang ke luar negeri

Mengingat layanan jasa pengiriman barang luar negeri ini memang cukup banyak, kamu sebagai konsumen, harus lebih pandai dalam memilih layanan jasa yang tepat, dan sesuai kebutuhan.

1. Perhatikan Jenis Barang yang Akan Dikirim

Pertama-tama perhatikan terlebih dahulu jenis barang yang akan dikirim. Apakah barang yang akan dikirim ukurannya kecil, seperti perlengkapan elektronik, pakaian, barang pecah belah atau yang lainnya.

Pastikan barang yang akan dikirim, termasuk barang yang aman, karena ada beberapa jenis barang yang tidak dapat dikirim ke luar negeri. Jika pun bisa, ada dokumen resmi yang menyertai barang tersebut.

2. Perhatikan Ukuran dan Berat Barang yang Akan Dikirim

Hal berikutnya dalam memilih layanan jasa pengiriman barang luar negeri yang tepat adalah memperhatikan ukuran dan berat barang yang akan dikirim. Kali ini perhatikan dimensi, volume dan berat barang itu sendiri. Hal ini penting, untuk memudahkan kamu dalam memilih layanan pengiriman yang akan digunakan.

3. Perhatikan Layanan Pengiriman yang Akan Dipilih

Jika kamu hendak mengirim barang dalam jumlah banyak, bahkan hingga 1 kontainer atau bahkan lebih sudah pasti, layanan pengiriman yang sebaiknya dipilih adalah via laut. Demikian juga ketika kamu akan mengirim beberapa barang yang berukuran berat, cairan atau beberapa hal lainnya. Untuk ketentuan yang satu ini, kamu bisa menanyakannya langsung pada pihak customer service.

Tapi jika barang yang akan dikirim ukuranya kecil, ringan, atau tidak terlalu berat, maka kamu bisa memilih sistem pengiriman via udara. Bisanya sistem pengiriman yang satu ini menggunakan maskapai yang berpenumpang, atau ada juga yang khusus mengangkut aneka macam paket kiriman. Biasanya jasa pengiriman besar, sudah mempunyai pesawat sendiri, untuk mengangkut barang dari 1 negara ke negara lainnya. Adapun jenis pesawat yang digunakan adalah pesawat umum, yang akan terbang menuju lokasi atau negara tujuan paket tersebut.

4. Cek Apakah Ada Layanan Bea Cukai

Sebelum mengunjungi jasa pengiriman barang dalam rangka mengirim barang, tidak ada salahnya jika kamu juga mengecek apakah barang yang akan dikirimkan nanti, harus melalui bea cukai terlebih dahulu atau tidak. Atau tidak ada salahnya jika kamu bertanya langsung pada pihak customer service, tentang layanan bea cukai, hal-hal atau dokumen yang perlu dipersiapkan dan biaya yang juga harus disiapkan untuk mengirim barang tersebut.

5. Berapa Biaya yang Akan Dikeluarkan  

Jangan lupa cek juga berapa total biaya pengiriman yang harus dikeluarkan. Cek juga termasuk biaya apa sajakah itu. Usahakan agar kamu tidak mengeluarkan uang lagi, selain uang yang sudah dikeluarkan sebelumnya pada pihak penyedia jasa. termasuk biaya untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan bea cukai. Dengan berkonsultasi dengan pihak customer service jasa pengiriman barang luar negeri, kamu jadi lebih paham, dan mampu memilih layanan terbaik, agar barang kiriman sampai dengan aman dan selamat  ke lokasi tujuan.

Nah, itu tadi tips memilih jasa pengiriman barang luar negeri yang bisa kamu ketahui. Tak hanya itu saja, Shipper yang merupakan salah satu aggregator logistik di Indonesia pun juga menyediakan berbagai macam pilihan jasa ekspedisi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan cek langsung di www.shipper.id

 
Baca Juga: Memulai Usaha Ekspedisi Pengiriman Barang