5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Jasa Kirim Makanan

0
136

Tentunya jasa kirim makanan sangat dibutuhkan buat Sobat Shipper yang mempunyai bisnis makanan. Apalagi jika makanan yang dijual terbilang cukup unik, dan dapat dikirim ke berbagai daerah, bahkan ke luar pulau, seperti makanan beku, snack, dan yang lainnya.

Bisnis Makanan Online

Saat ini bisnis makanan online terbilang cukup digemari, selain terlihat lebih praktis, untuk memesan, serta barangnya juga cepat sampai. Pastinya dalam kondisi baik.

Tapi hal tersebut, tidak semata-mata demikian, ketika Sobat Shipper tidak memilih penyedia jasa kirim makanan, yang tepat. bukan tidak mungkin makanan yang akan dikirim nantinya kualitasnya jadi berkurang. Baik karena sistem pengemasan yang kurang tepat, atau sistem pengiriman yang kurang tepat. ini adalah 2 hal yang benar-benar harus diperhatikan.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Jasa Kirim Makanan

Baca juga: Cara Kemas Makanan untuk Pengiriman Antar Kota

Lalu apa saja yang harus Sobat Shipper lakukan, ketika akan menggunakan layanan jasa kirim makanan seperti ini. Sudah tentu ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan, antara lain:

1. Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Hal pertama yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih jasa kirim makanan adalah, makanan yang akan dikirim. Misalnya saja Sobat Shipper akan mengirim makanan ringan kemasan, seperti snack, atau lainnya, yang awet, dan tidak mudah basi. 

Sudah pasti, sistem pengiriman biasa dapat dipilih. Tapi, jika makanan yang akan dikirim termasuk ke dalam kategori frozen food, sudah pasti pilih penyedia jasa yang tepat, dan menyediakan layanan jasa kirim makanan beku. Selain itu, pilih juga sistem pengiriman yang akan digunakan. Apakah  pengiriman standar, ekspress atau yang lainnya.  

2. Cek Makanan yang Akan Dikirim

Hal berikutnya yang sebaiknya diperhatikan adalah, memperhatikan makanan yang akan dikirim. Untuk makanan ringan, yang tidak mudah basi, mungkin hal seperti ini tidak masalah. Lain halnya ketika Sobat Shipper mengirim makanan yang cepat basi, atau juga tidak dipacking secara baik, maka produk akan mudah basi. 

Ada baiknya jika mengirim makanan yang masih baru dibuat. Dalam hal ini, memilih layanan jasa kirim makanan murah, memang tidak masalah, tapi pastikan, layanan yang diberikan baik, dan mampu menjaga kualitas makanan yang dikirim.

3. Cek Pengemasan Makanan

Cek juga bagaimana pengemasan makanan yang sebaiknya dilakukan. Misalnya saja untuk makanan frozen food, sbaikny makanan divacum, terlebih dahulu, dan dimasukkan ke dalam peti es, agar makanan tidak mudah lumer, dan basi.

Lain halnya ketika Sobat Shipper akan mengirimkan makanan ringan, seperti aneka kue kering, snack ringan dan yang lainnya. Sebaiknya gunakan dus yang ukurannya pas, dan dilapisi dengan bubble wrap agar makanan di dalamnya tidak mudah goyang, dan hancur. Apalagi jika pengirimannya hingga ke luar kota. Pastikan pengemasannya baik, dan pilih layanan jasa kirim makanan ke luar kota juga tepat, dan mampu mengirimkan makanan tersebut secara tepat pula.

4. Gunakan Pengemasan yang Tepat

Selain pengemasan makanan, cek juga pengemasan luar makanan yang akan digunakan. Seperti yang selintas dijelaskan di atas, sebaiknya gunakan dus atau bubble wrap, untuk menjaga bentuk makanan yang akan dikirim, sekaligus menjaga makanan agar tidak mudah rusak, selama perjalanan.

Tips lainnya, tidak ada salahnya jika Sobat Shipper menggunakan layanan styrofoam, untuk menjaga agar makanan yang dikirim nantinya tidak mudah rusak. Tentunya pihak jasa kirim makanan praktis akan memberikan berbagai informasi penting seperti ini untuk Sobat Shipper. Agar nantinya mampu memberikan kemasan pengiriman yang baik.

5. Jangan Lupa Beri Label Pada Kemasan

Adapun tips menggunakan jasa kirim makanan yang sebaiknya jangan dilupakan adalah, jangan lupa untuk memberi label pada kemasan luar. Sebagai informasi pada pihak penyedia jasa, apa yang ada di dalam kemasan. Sekaligus sebagai peringatan, untuk memperlakukan paket tersebut secara hati-hati.

Demikianlah beberapa informasi tentang cara menggunakan jasa kirim makanan, yang sebaiknya Sobat Shipper lakukan.


Baca juga: Contoh Bisnis Kuliner yang Aman Dikirim Menggunakan Jasa Logistik