Tips Mengoptimalkan Pengiriman E-commerce & Marketplace dengan Jasa Fulfillment Indonesia!

0
32

Bertambahnya jumlah e-commerce dan marketplace meningkatkan ekspektasi konsumen terhadap layanan belanja, apalagi kecepatan menjadi indikator yang mereka pasang terhadap produsen. Dalam hal ini, jasa fulfillment Indonesia yang baik sebenarnya bisa membantu Sobat Shipper buat mengoptimalkan penjualan maupun layanan konsumen.

Pemenuhan pesanan atau fulfillment service yang dikelola dengan baik bakal mengurangi pos pengeluaran untuk sejumlah kebutuhan, meningkatkan kepuasan sekaligus menyederhanakan pengalaman konsumen. Lantas, langkah seperti apa yang sebaiknya diterapkan agar jasa fulfillment Jakarta terbaik yang Sobat Shipper berikan terasa oleh target pasar?

Manfaatkan data untuk mengambil keputusan

Pendekatan berbasis data merupakan kiat sukses yang harus Sobat Shipper perhatikan dalam mengelola jasa fulfillment Jakarta. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah menganalisis data pengiriman produk untuk menemukan masalah, lalu mencari solusi buat memecahkannya. 

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Jasa Warehouse & Fulfillment untuk Bisnis Kamu

Lantas setelah sudah mampu mengefesiensikan layanan fulfillment Indonesia, Sobat Shipper pun bakal lebih mudah bersaing dalam mendapatkan perhatian konsumen. Beberapa cara yang bisa diterapkan adalah menawarkan layanan cepat dan fleksibel, melacak tingkat pengiriman sesuai estimasi, maupun membuka peluang menabung sesuai konsep investasi yang sedang diminati masyarakat luas.

Tips mengoptimalkan pengiriman produk dalam bisnis

Dalam menjalankan bisnis di ranah e-commerce dan marketplace, pengiriman memegang peran penting untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Pengiriman juga masuk ke dalam prosedur jasa fulfillment Indonesia, sehingga perlu Sobat Shipper perhatikan alurnya untuk menjaga kelancaran bisnis yang sedang dikembangkan.

Adapun tip yang bisa Sobat Shipper gunakan untuk menunjang proses pengiriman, antara lain:   

1. Hubungkan aset dengan sistem

Menghubungkan sistem seperti manajemen gudang dengan teknologi seperti warehouse management system berpeluang meningkatkan kecepatan dan validitas dalam rantai pasokan (supply chain). Sobat Shipper bisa menghubungkan konsumen dengan status pengiriman lewat fitur tracking sebagai bentuk transparansi dalam berbisnis dan menjaga kredibilitas lewat fulfillment service terbaik.

2. Pakai sistem yang sama untuk seluruh pasokan produk

Kalau Sobat Shipper tidak mau repot mengelola data, gunakan satu sistem saja untuk memenuhi stok atau pasokan produk. Benefit lain yang bakal Sobat Shipper peroleh adalah merampingkan proses pembuatan laporan hingga meningkatkan efisiensi pada proses distribusi. Dengan begitu, jasa fulfillment Indonesia yang diberikan bakal semakin dipercaya konsumen.

3. Periksa masalah atau kendala dalam pengiriman produk

Masalah seperti penundaan pengiriman atau ada barang di luar jalur memang bisa diselesaikan dengan mengontak konsumen atau jasa ekspedisi saat itu juga. Hanya saja waktu yang dibutuhkan pasti lama dan menghambat proses fulfillment produk. Dalam hal ini, Sobat Shipper bisa mengantisipasinya sejak dini dengan mempersiapkan metode untuk mengidentifikasikannya agar resiko bisa ditekan.

4. Percayakan jasa fulfillment berpengalaman

Belum berpengalaman dalam mengelola jasa fulfillment Indonesia? Sobat Shipper bisa menggunakan layanan dari penyedia fulfillment center berpengalaman. Bersama mereka, Sobat Shipper dapat mempelajari alur pengiriman dan memanfaatkan layanan lain yang disediakan. Langkah ini pun secara tak langsung bakal memberikan dampak positif pada kegiatan e-commerce atau marketplace.

Shipper merupakan penyedia jasa fulfillmeny Indonesia yang bisa Sobat Shipper andalkan untuk memulai bisnis di ranah e-commerce maupun marketplace. Setiap barang yang sudah Sobat Shipper kemas untuk konsumen secara otomatis bakal dikirimkan dari warehouse Shipper dan dijamin sampai sesuai estimasi yang diperkirakan.

Mau menjajal layanan lain? Sobat Shipper langsung saja kunjungi https://shipper.id/warehouse yang memuat lengkap layanan terbaik dari Shipper.

Baca juga: 7 Kunci Sukses Memaksimalkan Pengelolaan Jasa Fulfillment yang Bisa Kamu Lakukan