Sudah Tahu Belum? Ini 6 Jasa Ekspedisi yang Bisa COD

0
58
cash on delivery

Cash on delivery (kadang-kadang disebut collect on delivery atau cash on demand dan sering disingkat COD) adalah sistem penjualan barang melalui jasa ekspedisi, di mana pembayaran dilakukan saat barang telah sampai di tujuan. Berbeda dari sistem belanja online pada umumnya yang melakukan pembayaran di awal sebelum barang dikirimkan. Jika barang tidak dibayar, barang tersebut dikembalikan ke penjual.

Sistem COD dibuat untuk mengakomodasi masyarakat yang lebih memilih metode pembayaran konvensional karena belum terlalu mempercayai pembelian secara online. Dengan layanan COD, pelanggan tidak perlu khawatir terhadap penipuan seperti barang yang tidak sampai ke tujuan atau paket kosong. Beberapa ekspedisi yang bisa COD antara lain adalah:

1. J&T

J&T Express adalah jasa ekspedisi yang bisa COD. J&T bekerja sama dengan marketplace seperti Shopee, Lazada, BukaLapak, Tokopedia, Berrybenka, Hijabenka, dan lainnya.

2. JNE

Bagi Sobat Shipper yang ingin mengaktifkan sistem COD tapi tidak mempunyai toko di marketplace bisa mendaftar program COD langsung di ekspedisi pengiriman JNE. Syarat umumnya adalah kamu harus mengisi form COD (PCRF) melalui website JNE, mencantumkan fotokopi KTP, fotokopi NPWP Seller/Badan Usaha, fotokopi Kartu JLC, fotokopi buku rekening yang tertera nomor rekening, dan mengisi Form CS3 (Customer Self Service System). Kamu juga harus terdaftar sebagai member JNE Loyalty Card (JLC) selama minimal 1 bulan berjalan. Selain itu layanan COD hanya berlaku untuk jenis kiriman Reguler

3. TIKI

TIKI memperkenalkan layanan COD pada tahun 2017 dan menjadi pelopor layanan ini di seluruh Indonesia. Layanan ini khusus untuk pelaku bisnis yang sudah memiliki corporate account di TIKI. Online shop atau online seller yang ingin melakukan transaksi penjualan barang dapat menggunakan layanan COD dengan nominal harga barang maksimal Rp 3.000.000,-.

4. Ninja Xpress

Ninja Xpress menawarkan layanan COD untuk penjual dengan fee sebesar 3% dari harga produk atau maksimal sebesar Rp5.000. Wilayah pengirimannya mencakup seluruh Indonesia dan seller akan menerima uang atas pembayaran produk setiap hari Jumat. Caranya mudah, tinggal mendaftar saja di website Ninja Xpress.

5. SiCepat

Setiap belanja online di market place, salah satu transaksi pembayaran dapat melalui menggunakan cash pada saat barang diterima Sahabat SiCepat. Layanan ini baru tersedia di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, dan Surabaya. SiCepat menjamin paket akan sampai dalam waktu maksimal 8 jam.

6. Pos Indonesia

Bagi online seller yang belum ingin memakai layanan COD Pos Indonesia, harus mendaftar melalui aplikasi Pos Play yang bisa diunggah di Play Store. Pos Pay juga digunakan sebagai penampungan dana COD dari paket yang sudah berhasil dikirim ke konsumen. Normalnya dana akan masuk dalam 1-2 hari kerja dari Status barang diterima pembeli. Fee dari COD ini untuk nilai barang hingga Rp150.000 adalah Rp. 1.500 per paket, sedangkan untuk barang yang harganya lebih dari Rp150.000 maka dikenakan biaya sebesar 1% dari nilai COD. Biaya akan dipotong langsung melalui Rekening Pos Pay.

Shipper sudah bekerja sama dengan ekspedisi yang bisa COD. Kamu tidak perlu lagi repot mendaftar satu per satu ke setiap jasa ekspedisi. Cukup gunakan aplikasi Shipper dan kamu bisa mendapatkan semua jenis layanan. Untuk info lebih lanjut, kunjungi websitenya di shipper.id!