Ini Cara Melakukan Market Research untuk Perkembangan Bisnis

0
146

Riset pasar merupakan salah satu langkah dalam proses mengembangkan bisnis. Pengertian market research adalah upaya pengumpulan data atau informasi untuk kebutuhan analisis peluang bisnis atau kebutuhan pemasaran. Upaya market research ini membantu seorang pebisnis dalam mengevaluasi dan memantau kinerja atau performa bisnisnya. 

Dalam kegiatan riset pasar ada yang disebut objek riset pasar. Objek inilah yang menjadi dasar dalam melakukan kegiatan analisis pasar. Objek riset pasar meliputi harga, produk, alat pemasaran, distribusi dan konsumen. Sobat Shipper, selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara melakukan market research untuk perkembangan bisnis. 

1. Ketahui Target Pasar dengan Tepat

Cara melakukan riset pasar yang pertama adalah mengetahui siapa target pasar yang tepat untuk bisnis yang Sobat Shipper jalankan. Target pasar ini yang akan menjadi konsumen dari produk yang Sobat Shipper pasarkan. Agar kegiatan market research lebih terarah dan fokus maka perlu tahu siapa target yang dituju. Mengetahui target pasar akan mempermudah dalam menganalisis kebutuhan produk di pasar, penentuan harga, fitur atau manfaat produk yang tepat dan sebagainya.  

Baca Juga: 6 Tips Menjalankan Bisnis Minuman Kekinian Laris Manis

2. Susun Pertanyaan 

Selanjutnya cara melakukan market research yaitu menyiapkan pertanyaan  untuk kebutuhan evaluasi perusahaan. Pertanyaan ini nantinya akan mengacu pada jawaban target pasar yang selanjutnya dikembangkan untuk meningkatkan kinerja bisnis atau kualitas produk. Contoh pertanyaan seperti berapa biaya yang akan konsumen keluarkan untuk membeli produk setelah mengetahui manfaatnya. Pertanyaan lain, bagaimana kebiasaan atau cara belanja calon konsumen dan sebagainya. 

3. Lakukan Riset Terhadap Bisnis Kompetitor

Melakukan riset terhadap bisnis kompetitor adalah bagian dari market research. Pelajari bagaimana strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh kompetitor, bagaimana keunggulan produknya dan siapa target pasarnya. Dengan demikian, Sobat Shipper dapat mengetahui celah atau peluang yang dapat dimanfaatkan untuk bersaing secara sehat dengan bisnis kompetitor.

4. Lakukan Riset Terhadap Produk

Bagian dari riset pasar yang tak kalah penting adalah melakukan riset terhadap produk yang Sobat Shipper tawarkan. Riset produk dapat dilakukan dengan melakukan riset kata kunci yang berhubungan dengan produk dan cari informasi sebanyak-banyaknya dari internet. Sobat Shipper dapat mengetahui jenis produk apa yang sedang banyak dibutuhkan konsumen. Sehingga, Sobat Shipper lebih mudah melakukan inovasi produk yang mempunyai nilai jual dan siap bersaing di pasar. 

5. Menganalisis Tren di Pasar Bisnis

Bisnis tidak boleh jalan di tempat, melainkan harus selalu mengikuti arah tren di bidang tersebut. Jika produk tidak berkembang mengikuti tren kemungkinan peluang untuk bersaing di pasar bisnis semakin kecil. Menganalisis tren pasar dapat mempermudah Sobat Shipper menghadirkan produk yang lebih cocok dan bermanfaat bagi konsumen. Pelanggan akan bertambah sehingga penjualan dapat meningkat.

Melakukan market research dapat lebih mudah memanfaatkan teknologi digital dan internet. Salah satunya dengan fitur yang disediakan Google untuk membantu pebisnis melakukan riset pasar seperti Google Trends atau Google Analytics. Sobat Shipper, selain menjalankan riset pasar pastikan untuk selalu meningkatkan layanan pelanggan dalam proses mengembangkan bisnis.

Salah satu cara meningkatkan pelayanan pelanggan agar konsumen tetap loyal adalah menyediakan layanan pengiriman yang aman dan profesional. Percayakan kebutuhan pengiriman barang kepada Shipper! Shipper menyediakan layanan pengiriman produk yang aman dan menguntungkan. Apa saja kemudahan yang Shipper berikan untukmu? Klik link https://shipper.id!  

Baca Juga: 5 Cara Optimalkan Bisnismu Dengan Website Toko Online!