5 Ide Usaha yang Cocok untuk Pemula

0
81
ide usaha pemula

Sobat Shipper mungkin ingin memulai bisnis sendiri. Namun pengalaman yang masih kurang dan modal yang minim sering menghentikan niatan tersebut. Hari ini Shipper akan membagikan ide usaha yang cocok untuk pemula agar kamu bisa menghempas kecemasan yang menghentikanmu dari berwirausaha.

1. Jual Camilan

Usaha makanan yang cocok untuk pemula adalah berjualan camilan. Semua orang suka nyemil dan kamu bisa memasarkannya di mana saja. Kamu bisa mulai dari menawarkannya kepada teman-temanmu. Belilah beberapa variasi camilan dalam jumlah besar. Biasanya kalau kamu membeli

secara kiloan, kamu akan mendapat harga yang lebih murah. Lalu, kemas ulang camilan tersebut ke dalam kantong yang lebih kecil. Berikan harga yang cocok sehingga menutup modal dan juga memberi keuntungan. Selain menjual camilan repack, kamu juga bisa mencoba menjual camilan buatan sendiri.

2. Jasa Titip Beli Barang

Jasa titip atau jastip untuk membeli barang tertentu kini semakin marak. Biasanya orang yang membutuhkan jasa ini tidak memiliki waktu sendiri untuk pergi membeli barang keperluannya. Atau lokasi tokonya yang terlalu jauh.

Kamu bisa pergi ke mal-mal terdekat, lalu memfoto barang-barang yang sekiranya menarik peminat jastip. Kamu juga bisa memanfaatkan event-event yang digelar satu tahun sekali seperti pameran buku Big Bad Wolf. Post saja di media sosial kamu atau di komunitas jastip.

3. Usaha di Bidang Fotografi

Dengan bermodalkan skill fotografi yang baik dan perlengkapan kamera, kamu bisa membuka menjadi penyedia jasa fotografi. Kamu bisa menawarkan diri untuk mengabadikan berbagai event seperti pernikahan, wisuda, acara kantor ataupun ulang tahun. Selain itu, kamu juga bisa menjual hasil foto jepretanmu di situs web tertentu.

4. Jual Beli Motor Bekas

Istilah pasar untuk seseorang yang bergerak di jasa jual-beli kendaraan bekas adalah makelar. Secara teknis, tugas kamu adalah membangun kepercayaan. Bantu orang lain menjual motor lamanya dan kamu bisa mendapatkan komisi. Tidak perlu modal kan? Kalau kamu sudah punya pasar yang jelas, kamu bisa mulai membeli motor bekas sendiri yang harganya di bawah Rp10 juta. Kemudian jual kembali dengan mengambil selisih harga.

5. Jual Baju Thrift

Ini adalah usaha yang cocok untuk pemula tanpa modal. Periksa lemarimu dan pilah baju-baju yang jarang kamu pakai, yang sudah tidak ingin kamu gunakan, dan yang kamu rasa sudah tidak pas lagi di badan. Selama kondisinya masih bagus, kamu bisa menjualnya kembali. Foto satu per satu baju itu dan tampilkan bila ada kekurangan. Pelanggan tidak akan keberatan dengan sedikit ketidak sempurnaan karena memang barang yang dibeli adalah barang bekas. Yang penting kamu jujur agar pelanggan tidak kecewa.

Nah, Sobat Shipper sudah memutuskan akan memulai jenis usaha yang cocok untuk pemula yang mana? Kalau sudah, kamu bisa mengirimkan jualan kamu nanti melalui Shipper. Caranya sangat mudah, tinggal download aplikasi Shipper di ponsel kamu. Temukan tarif ekspedisi terbaik dan otomatis cashback ongkir. Berapapun kiriman paketnya, kami jemput tanpa dipungut biaya. Kamu bisa kirim barang ke mana pun di Indonesia dan melacak proses pengirimannya. Untuk bisa melacak nomor cek resi yang benar kamu harus memastikan kembali jumlah nomor resi sudah benar dan bisa langsung mengeceknya di Shipper dan masuk ke halaman tracking. Tentunya, semua data yang disajikan oleh Shipper secara akurat dan cepat, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi menggunakan jasa pengiriman melalui Shipper. Untuk info lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di shipper.id!