3 Ide Bisnis Rumahan Kreatif yang Bisa Kamu Mulai Sekarang

0
104
ide bisnis rumahan

Kalau Sobat Shipper berencana untuk memulai bisnis, Sobat Shipper mungkin mulai memikirkan hal-hal seperti menyewa tempat komersial, pergi ke kantor, atau mengelola karyawan.

Tetapi dengan munculnya peluang bisnis berbasis internet, semakin banyak orang menemukan cara untuk menggunakan kesempatan ini untuk menjalankan usaha unik dari rumah.

Di era digital ini, di mana teknologi memberi kita lebih banyak fleksibilitas dalam cara dan tempat kita bekerja, bisnis rumahan memiliki banyak peluang untuk berkembang.

Ada banyak ide usaha rumahan kreatif yang bisa Sobat Shipper pilih. Beberapa mengharuskan Sobat Shipper untuk mengubah sebuah ruangan menjadi gudang mini untuk produk, sementara yang lain bisa dijalankan sepenuhnya secara online. 

Namun, Sobat Shipper bisa memulai ide bisnis kreatif dan unik mulai dari rumah dengan menggunakan ruang dan sarana yang ada. 

Nah, ayo simak ide bisnis kreatif dari Shipper di bawah ini!

1. Reseller

Mungkin Sobat Shipper baru-baru ini bepergian ke luar negeri dan menemukan produk-produk unik yang tidak tersedia di pasar nasional atau lokal, tetapi yang Sobat Shipper minati. Atau mungkin Sobat Shipper telah menemukan sebuah pasar niche dan tahu cara sempurna untuk memenuhi permintaan tersebut..

Bagaimanapun juga, kalau produk ini relatif mudah disimpan dan dikirim, Sobat Shipper mungkin sudah memiliki beberapa ide bisnis kreatif dan unik di tangan.

Sobat Shipper bahkan bisa menggunakan rumah sendiri sebagai showroom untuk menjual secara lokal.

Baca Juga : Ide Bisnis Reseller Terlaris Bikin Kamu Cepat Untung

2. Masakan Rumahan

Kalau Sobat Shipper senang memasak atau kenal seseorang yang memasak, pertimbangkan untuk mengubah hobi tersebut menjadi bisnis. Hobi memasak  adalah sumber ide usaha makanan rumahan kreatif yang bisa dimulai dari jumlah kecil.

Saat Sobat Shipper bisa mengontrol hampir setiap aspek produk yang dijual, Sobat Shipper bisa menghemat biaya, meningkatkan kualitas, atau melayani pelanggan tertentu dengan menargetkan audiens di pasar.

Baik Sobat Shipper memilih untuk mengejar ide usaha makanan rumahan kreatif ini di marketplace seperti Shopee atau GoFood atau membangun presensi media sosial sendiri, menjual masakan rumahan adalah cara yang bagus untuk membagikan hasil karya dengan orang lain sambil menghasilkan uang.

Namun, berhati-hatilah dengan peraturan tentang makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh pelanggan.

Hal yang terbaik dari memasak produk sendiri tidak harus kesulitan untuk mendapatkan suplai. 

3. Jasa online 

Bisnis jasa kreatif mungkin jauh lebih sederhana dibandingkan dengan menjual produk, tetapi tantangan bisnis berbasis jasa adalah alokasi waktu yang terbatas. “Waktu adalah uang” akan sangat terasa saat Sobat Shipper menjalankan bisnis jasa kreatif.

Pekerja kreatif, seperti desainer atau penulis, mungkin bekerja secara lepas atau menjadi konsultan di sebuah perusahaan, dan seringkali dari jarak jauh dari kantor dan hanya sesekali datang ke kantor. Beberapa yang lain mungkin beroperasi berdasarkan janji temu dan proyek untuk menawarkan jasa mereka kepada klien secara langsung.

Ide bisnis jasa kreatif untuk dimulai di rumah yang berbasis jasa meliputi;

  • Penulis lepas
  • Pelatihan pribadi
  • Bantuan virtual
  • Pemasaran
  • Merancang

Bisnis berbasis jasa mungkin merupakan ide usaha rumahan kreatif yang mudah, tetapi memang membutuhkan kerja keras. Seringkali Sobat Shipper membutuhkan banyak jaringan dan rujukan dari mulut ke mulut untuk menemukan klien yang sesuai, tetapi klien yang puas mungkin akan mempertahankan jasa Sobat Shipper dari waktu ke waktu.

Untuk itu, Sobat Shipper tidak perlu membutuhkan banyak pelanggan untuk melakukannya dengan baik, seperti yang diperlukan oleh bisnis berbasis produk. Bergantung pada jasa yang Sobat Shipper tawarkan, beberapa klien berkualitas tinggi bisa cukup untuk menafkahi diri Anda sendiri secara penuh saat bekerja dari rumah.

Bisnis rumahan saat ini memiliki peluang yang besar di mana teknologi dapat menutup jarak antara Sobat Shipper, pemasok, karyawan, dan pelanggan. Inilah beberapa ide usaha rumahan kreatif untuk dimulai dari yang kecil.

Pikirkan tujuan Sobat Shipper dengan baik-baik, apa yang memotivasi Sobat Shipper, dan apa yang suka Sobat Shipper kerjakan untuk menciptakan bisnis rumahan yang cocok dan sukses.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id

Baca Juga : Ini Dia 5 Ide Bisnis Untuk Mahasiswa di Masa Pandemi