Hal yang Perlu Diketahui Mengapa Garansi Produk itu Penting?

0
154

Garansi produk merupakan salah satu jaminan yang ditawarkan oleh produsen atau penjual mengenai kondisi produknya. Hal ini mengacu pada kondisi dan situasi di mana perbaikan atau penukaran akan dilakukan jika produk tidak berfungsi seperti yang dijelaskan atau dimaksudkan saat transaksi. Garansi produk memastikan bahwa konsumen memiliki hak untuk meminta produsen atau penjual untuk menangani masalah apa pun sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. 

Produsen sering kali memiliki syarat yang membatasi kondisi kerusakan yang disebabkan oleh cacat produksi. Karena garansi produk dari produsen yang terbatas ini, banyak penjual menawarkan garansi produk yang diperpanjang. Hal ini pada dasarnya adalah polis asuransi produk yang dibayar oleh setiap konsumen saat melakukan transaksi. Biasanya, cakupan garansi toko akan berlangsung selama beberapa tahun di luar garansi produsen dan seringkali memiliki syarat dan ketentuan lebih longgar.

1. Manfaat Garansi Produk untuk Penjual

Menunjukkan perhatian dan dedikasi

Ketika penjual menawarkan garansi produk, konsumen akan melihat ini sebagai bentuk jaminan untuk produk yang dibeli, sekaligus produk yang mungkin akan dibeli di masa depan. Ini adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan komitmen penjual untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen dan memungkinkan penjual untuk mengembangkan hubungan yang positif.

Kepuasan pelanggan yang lebih besar

Ketika penjual membuat konsumen senang, hal ini membuat pengalaman berbelanja tak terlupakan dan mendorong konsumen untuk kembali bertransaksi. Dengan memberikan garansi produk yang melindungi konsumen dari kerusakan dan kegagalan produk, penjual pasti meningkatkan rasa kepuasan konsumen.

Loyalitas pelanggan meningkat

Loyalitas pelanggan berjalan seiring dengan kepuasan pelanggan. Penjual harus memenuhi kebutuhan konsumen dan membuat mereka merasa diperhatikan. Dengan begitu, jumlah konsumen setia pasti akan bertambah. 

Peningkatan pendapatan

Ketika konsumen senang dengan produk dan layanan, dan penjual juga mendapatkan lebih banyak konsumen setia. Dan hal ini tentu saja berarti peningkatan pendapatan. 

2. Manfaat Garansi Produk untuk Pembeli

Memberikan rasa aman

Garansi produk memiliki peran psikologis yang penting bagi pembeli. Dengan adanya jaminan, pembeli akan merasa aman jika menghadapi risiko kerusakan akibat cacat produksi. Dengan adanya garansi produk, pembeli bersedia membayar lebih selama ada jaminan untuk produk tersebut. 

Mendukung sistem kendali mutu

Ketika penjual menetapkan syarat dan ketentuan garansi produk untuk pembeli, penjual akan selalu berusaha untuk mendapatkan produk terbaik dari produsen yang memiliki reputasi baik. Tentunya penjual akan mengantisipasi keluhan konsumen dengan membangun sistem pengendalian mutu yang efektif sehingga potensi kerugian dapat dihindari.

Menjadi bahan pertimbangan

Garansi produk memerlukan koordinasi layanan yang baik untuk mengetahui alasan kegagalan dan mencari solusi yang sesuai. Jika penjual telah menawarkan produk terbaik tetapi masih ada keluhan dari konsumen, maka penjual perlu berupaya lebih keras untuk mengatasi keluhan dari konsumen tersebut agar produk sesuai dengan yang diharapkan. Evaluasi yang baik akan berguna untuk meminimalisir kesalahan di kemudian hari. Hal ini tentu saja menjadi salah satu indikator penting untuk konsumen dalam mengambil keputusan.

Mengetahui standar produk

Garansi produk akan membantu penjual untuk menetapkan standar yang jelas yang akan menunjukkan apa yang konsumen dapatkan dari produk yang mereka beli. Ketika mencari suatu produk, tentu saja mereka akan mencari berdasarkan kebutuhan atau keinginan mereka. Standar yang jelas tentunya akan membantu pembeli untuk mengambil keputusan lebih cepat dan teliti. 

Di zaman sekarang yang serba online, Sobat Shipper bisa menjadikan garansi produk sebagai bahan pertimbangan untuk bertransaksi di e-commerce. Jangan lupa untuk menggunakan jasa pengiriman yang profesional. Mari bekerjasama dengan Shipper untuk mendapatkan layanan pengiriman terbaik untuk bisnismu! Shipper memberikan tarif pengiriman terbaik dan bebas pilih ekspedisi. Cari tahu lebih banyak tentang Shipper, klik https://shipper.id

Baca Juga: Bagaimana Cara Kirim Ikan Hias agar Aman Sampai Tujuan?