5 Tips Memilih Gudang Penyimpanan Barang untuk Bisnismu

0
728

Yang tak kalah pentingnya dengan aktivitas penjualan adalah operasional gudang penyimpanan barang. Baik dari kapasitas gudang, lokasi, sampai kemudahan aksesnya, ada begitu banyak kriteria gudang yang penting dan wajib dipenuhi. Kalau begitu, apa saja yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih dan sewa gudang untuk penyimpanan barang stok untuk bisnismu? Simak tipsnya berikut ini yuk, Sobat Shipper!

1. Fitur, Layanan, dan Teknologi

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang berbagai gudang telah dibekali dengan sederet fitur, layanan, hingga teknologi yang semakin modern dan canggih. Artinya, gudang alias warehouse saat ini tak hanya sebatas ruang berukuran luas untuk menyimpan barang selayaknya gudang penyimpanan barang di rumah.

Belum memiliki modal yang cukup untuk berinvestasi di gudang dengan fitur, layanan, dan teknologi modern terbaru? Tak perlu khawatir, karena sekarang sudah ada banyak penyedia jasa sewa gudang untuk penyimpanan barang yang bisa kamu manfaatkan seperti yang bisa kamu akses lewat www.shipper.id. Jadi, kamu hanya perlu bayar sewa sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

2. Staf Gudang

Begitu kamu memutuskan untuk sewa atau malah beli kawasan gudang, kamu juga harus memperhitungkan biaya yang berkaitan dengan operasional gudang tersebut. Contohnya biaya tenaga kerja untuk staff gudang hingga biaya overhead untuk memastikan gudang tetap beroperasi, seperti tagihan listrik.

Tentu saja, biaya yang kamu butuhkan juga perlu disesuaikan dengan waktu operasional gudang. Apakah gudang akan beroperasi selama 24 jam setiap hari atau tidak? Kalaupun tidak, kamu juga perlu membayar tenaga kerja untuk keamanan gudang 24 jam.

3. Keamanan

Tentunya, faktor keamanan juga perlu kamu pertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk beli atau sewa gudang penyimpanan barang. Nah, keamanan ini tak hanya berkaitan dengan keamanan dari risiko pencurian, Sobat Shipper. Soalnya, kamu juga perlu pertimbangkan keamanan kualitas barang yang akan kamu simpan di sana, terutama jika produk yang kamu jual adalah barang-barang yang butuh prosedur penyimpanan tertentu.

4. Kebutuhan Penyimpanan Stok

Salah satu pertimbangan penting lainnya dalam memilih gudang adalah seberapa besar kebutuhan penyimpanan stok barang bisnismu. Tak hanya dari volumenya saja, tapi kamu juga perlu pertimbangkan kebutuhan rak, luas gudang, serta tata letak penyimpanan. Sebab, bergantung pada apa barang yang akan kamu simpan, bisa jadi ada jenis-jenis barang yang tidak boleh disimpan berdekatan.

5. Lokasi

Pertimbangan penting lainnya dalam memilih gudang adalah lokasi. Lalu, bagaimana pemilihan lokasi gudang? Pada dasarnya, dalam menentukan lokasi gudang, kamu perlu menentukan berapa biaya transportasi menuju dan dari gudang yang kamu kehendaki, serta waktu transit dan perjalanan yang dibutuhkan. Dan jika kamu juga menyediakan jasa pengiriman langsung ke pelanggan alias tidak menggunakan jasa ekspedisi lain, kamu juga perlu perhitungkan pula waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman dari gudang.

Seluruh proses bagaimana pemilihan lokasi gudang ini memang bisa jadi sebuah proses yang panjang dan menyedot tenaga. Pasalnya, seluruh kriteria gudang tersebut memang sangat penting untuk kamu penuhi. Untungnya, Sobat Shipper sekarang tak perlu lagi repot mencari sendiri lokasi gudang, lho! Saat ini, Shipper telah menyediakan layanan sewa gudang penyimpanan barang lewat www.shipper.id/warehouse.

Dengan dukungan staf yang profesional, teknologi yang mumpuni, serta persebaran lokasi gudang di berbagai kota di Indonesia, kamu tak perlu lagi pusing mengecek lokasi gudang satu per satu. Yuk buat bisnismu jadi lebih simpel dan makin untung bersama gudang penyimpanan barang Shipper!