Ketahui Fungsi Warehouse dalam Bidang Logistik & Juga Sebagai Rantai Pemasok

0
423

Warehouse logistik merupakan sebuah tempat untuk melakukan penyimpanan bahan maupun barang, baik itu untuk bahan baku, barang yang setengah jadi, maupun barang yang jadi. Aktivitas yang ada dalam gudang berkaitan dengan penyimpanan, penerimaan, dan juga pengiriman barang maupun bahan dari tempat yang satu ke tempat yang berikutnya. 

Fungsi Gudang dalam Sistem Logistik

Warehouse logistik ini akan memiliki peran yang penting pada sistem logistik dan juga rantai pasokan. Warehouse tidak hanya mempunyai fungsi sebagai tempat untuk penyimpanan, tetapi juga memiliki berbagai fungsi seperti di bawah ini:

1.Warhouse Sebagai Pusatnya Distribusi

Warehouse ini akan di jadikan sebagai pusatnya distribusi di pakai sebagai tempat untuk mengumpulkan dan melakukan penyimpanan sebuah barang maupun produk untuk sementara dari lokasi dan nantinya akan dikirimkan ke berbagai lokasi yang akan menjadi tujuan ketika diperlukan. 

Dengan adanya pusat distribusi tersebut maka biaya pengirimannya akan jadi lebih murah jika dibandingkan dengan pengiriman yang langsung dari lokasi asalnya ke berbagai lokasi tujuan. 

Baca juga: Ketahui Apa Itu Warehouse & Logistik, Serta Kegunaannya

2. Warehouse Logistik Sebagai Terminal Konsolidasi

Memiliki fungsi sebagai sebuah tempat yang dijadikan pengumpulan barang yang memang berasal dari berbagai lokasi asal untuk di distribusikan ke lokasi tujuannya. Pada masing-masing pabrik akan memiliki perbedaan lokasi dan juga barang-barang yang di produksinya. Jadi fungsi warehouse di sini sebagai sebuah tempat untuk mengumpulkan dan mengatur barang-barang sebelum dilakukan pengiriman ke lokasi tujuannya. 

Misalkan ada tiga pabrik yang akan melakukan produksi terhadap tiga barang yang berbeda tetapi untuk satu pelanggan. Contoh; pabrik A akan menghasilkan sebuah produk A & pabrik b juga menghasilkan produk B, pada pabrik C akan menghasilkan untuk produk C & ketiganya akan menghasilkan sebuah produk untuk Konsumen X yang memang memerlukan produk-produk tersebut. 

Sebagai terminal konsolidasi maka warehouse logistik akan digunakan untuk tempat mengumpulkan ketiga barang tersebut dan akan dikirimkan kepada para konsumen. Dengan memakai warehouse sebagai terminal konsolidasi, maka biaya pengiriman untuk total akan menjadi lebih rendah jika dibandingkan melakukan pengiriman masing-masing pabrik untuk customer. 

3. Warehouse Digunakan Sebagai Tempat Cross-Dock Opration

Digunakan sebagai sebuah tempat untuk melakukan penerimaan yang berasal dari lokasi asalnya dan nantinya barang tersebut akan langsung dikirim ke lokasi tujuan yang selanjutnya. Dalam proses pengiriman dan penerimaan akan dilakukan dalam waktu yang cepat, sehingga nantinya tidak akan terjadi penyimpanan produk maupun barang tersebut. 

Cross-dock opration ini akan dilakukan dengan beberapa tujuan dan juga alasan. Salah satu alasan yang biasanya dilakukan adalah barang tersebut bersifat perishable, misalnya sayur mayur. 

4. Warehouse logistik Sebagai Tempat Break-Bulk Opration 

Memiliki fungsi sebagai sebuah tempat untuk melakukan pemecahan barang maupun produk yang akan dikirim dalam volume yang begitu besar untuk menjadi beberapa bagian dengan volume yang bisa kecil-kecil. Hal tersebut dilakukan supaya dalam pengiriman dati tempat asalnya dalam bentuk volume yang cukup besar, misalkan digunakan sebagai alasan efisiensi untuk biaya pengirimannya. 

5. Sebagai Sebuah Tempat In-Transit Mixing

Berfungsi sebagai sebuah tempat untuk melakukan pencampuran atau mengombinasikan sebuah barang maupun produk yang akan dikirim dari berbagai tempat asalnya yang menghasilkan berbagai produk tidak sama ke pelanggan dengan kebutuhan barang maupun produk dengan kombinasinya yang sangat berbeda-beda tersebut sehingga warehouse logistik akan melakukan kombinasi tersebut dan dikirim kepada pelanggan-pelanggan itu. 

Jika kamu ingin mendapatkan layanan gudang yang baik dan berkualitas untuk berbagai kebutuhan kamu dapat menggunakan jasa pergudangan dari https://shipper.id/warehouse yang pastinya sudah tidak perlu untuk diragukan lagi. 

Baca juga: 5 Fungsi Sewa Gudang dalam Sistem Logistik dan Supply Chain yang Perlu Dipahami