4 Macam Fungsi Packing untuk Promosi Agar Lebih Menarik, Apa Saja?

0
90

Secara garis besar, packing arti merujuk pada bungkus atau proses pengemasan. Tujuannya adalah memproteksi barang dari kotoran, benturan, atau risiko lain yang bakal merusak kualitasnya. Kamu bisa memakai macam-macam item buat packing atau packaging, dari kertas, kardus, bubble wrap, hingga kotak khusus yang bakal memberikan perlindungan ekstra.

Seiring perkembangan tren dan zaman, packing produk bukan cuma berfungsi buat membungkus barang. Banyak pengusaha  yang menjadikannya sebagai bentuk pemasaran. Jadi, jangan kaget kalau kamu semakin sering menerima kemasan yang cantik sekaligus meningkatkan daya jual produk. Nah, untuk mempelajari lebih jauh seputar packing dalam dunia usaha, simak penjelasannya berikut ini!

Macam-macam fungsi packing untuk promosi

Fungsi packing arti dalam promosi produk ternyata lebih beragam saat kamu memanfaatkannya untuk keperluan promosi. Berdasarkan tulisan berjudul Principle of Marketing karya Philip Kotler, prinsip pemasaran yang dilakukan dengan packing bakal menghasilkan empat fungsi, antara lain:

1. Self service

Dalam fungsi packing produk ini, kemasan bakal memberikan benefit terhadap penjualan, apalagi kalau kamu menggunakan packaging yang menarik dipandang konsumen. Kemudian, packing juga akan membantu meyakinkan konsumen untuk membeli produk karena ada ciri khas produk yang ditampilkan. Dari sini, konversi penjualan berpotensi naik secara signifikan.

Baca juga: Ide Kemasan Produk yang Bisa Kamu Tiru

2. Company and brand image

Pengusaha yang jeli memperhatikan pergerakan pasar pasti bakal memanfaatkan packing arti buat meningkatkan brand awareness. Dalam hal ini, kamu harus cermat dalam merancang kemasan tersebut supaya mampu mengundang rasa penasaran konsumen. Brand image yang dibawa pada kemasan juga bakal membuat konsumen mudah mengingat usahamu.

3. Consumer offluence

Tahukah kamu kalau ada konsumen yang rela bayar lebih setelah melihat kemasan produk yang mengesankan? Ini adalah salah satu manfaat packing produk yang akan kamu terima saat memakai fungsinya dengan tepat. Namun, kamu juga harus memastikan fungsi produk yang dikemas tetap berguna demi menjaga kepuasan pelanggan.

4. innovational opportunity

Fungsi lainnya dari packing arti untuk kepentingan promosi adalah mengoptimalkan kepuasan dalam berinovasi. Selain memperlihatkan profesionalitas, packing seperti ini juga bakal membuat produkmu unik di antara kompetitor. Sebelum menerapkannya, jangan lupa cek dulu tren pasar supaya inovasimu tak dianggap aneh atau keluar dari jalur.

Tetap jaga fungsi utama packing produk

Sebelum dijadikan sebagai media promosi, tentu kamu harus memprioritaskan fungsi utamanya. Seperti yang disinggung, salah satu fungsi packing barang adalah melindunginya dari berbagai pergerakan. Terutama pada produk yang bakal menempuh perjalanan jauh. Kemudian, kemasan juga bakal menjaga ketahanan produk yang rentan rusak seperti makanan dan minuman. Kalau sampai bocor atau tercecer, jenis produk ini pasti tak bakal diterima konsumen.

Selain itu, packing arti dalam manajemen gudang bakal memudahkanmu mengaturnya sebelum dikirim ke alamat tujuan. Mengapa? Karena pada kemasan kamu bakal menempelkan informasi penting seperti nama penerima, alamat tujuan, dan nomor telepon untuk membantu pengiriman. Kalau sampai salah kirim, kamu yang harus menanggung kerugian, bukan?

Lantas agar proses packing arti berjalan mulus, ada baiknya kamu lakukan di warehouse atau gudang penyimpanan barang. Shipper sebagai penyedia warehouse yang punya pengalaman menahun bukan hanya membantumu dalam fasilitas stok barang, tetapi juga sampai mengurus pengirimannya, lho!

Supaya lebih jelas, kamu bisa kunjungi https://shipper.id/warehouse buat menggali lebiih dalam seputar layanan Shipper di bidang pergudangan buat membantu pengembangan usaha.

Baca juga: 3 Tips Agar Paket Kamu Selamat Sampai Tujuan!