5 Fitur Penting Warehouse Management System yang Harus Ada, Apa Saja?

0
611

Warehouse Management System (WMS) tidak sekedar soal penyimpanan saja namun keseluruhan hal mencakup stock di gudang. WMS dapat membantu memonitoring dan mengontrol setiap produk dengan lebih detail serta terdata jelas. Sehingga kesalahan stock menjadi sangat minim terjadi karena termanajemen dengan baik.

Banyaknya barang di gudang kerap kali sangat merepotkan dan membutuhkan banyak waktu jika di data secara manual. Shipper menggunakan sistem manajemen modern dengan memanfaatkan teknologi canggih dalam manajemen pergudangan. Sehingga data yang diberikan akurat dan dapat digunakan perusahaan dalam pengambilan keputusan terkait stok gudang.

Agar perusahaan dapat dengan mudah melakukan manajemen warehouse sebaiknya pilih fitur-fitur yang paling tepat. Sehingga apa yang dikerjakan lebih maksimal hasilnya dan tidak terlalu berlebihan penggunaan fiturnya. Beberapa fitur wajib ada di WMS demi kemudahan manajemen sistem pergudangan untuk perusahaan.

1. Desain Gudang

Pengelolaan gudang yang baik dan benar dapat dimudahkan jika desain gudangnya sangat tepat serta mendukung. Desain gudang juga harus dimaksimalkan agar lebih mudah mengatur keluar masuknya barang. Tujuan utama WMS dengan fitur desain gudang membantu perusahaan melakukan penghematan tempat penyimpanan yang disesuaikan produknya.

Desain gudang tidak hanya mengacu pada desain ruangan namun mencakup hal lebih luas lagi. Alur keluar masuknya barang juga harus diperhatikan dalam sebuah desain sehingga tidak rumit prosesnya. Selain itu dapat memudahkan karyawan memahami alur dari penerimaan hingga pengiriman barang ke konsumen.

2. Melacak Inventaris

Sistem manajemen pada warehouse harus menggunakan fitur melacak inventaris agar lebih memudahkan menemukan barang. Serta memudahkan berbagai jenis pelacakan termasuk persediaan dengan lebih cepat dan akurat. Fitur ini digunakan dengan memanfaatkan barcode masing-masing barang sehingga tidak akan ada kesalahan dalam memberikan informasi.

3. Pengambilan dan Pembatalan

WMS juga harus memiliki fitur pengambilan yang tercatat secara otomatis sehingga langsung mengurangi stok. Bahkan dapat membantu pembatalan serta pengembalian barang ke stock semula agar tidak selisih data. Fitur ini sangat bermanfaat bagi manajemen pergudangan karena terlalu rumit dan memakan waktu jika semua harus manual.

Selain pengambilan dan pembatalan masih ada fitur lainnya yaitu pengemasan serta pemilihan zona pengambilan. Hal ini membuat proses lebih cepat karena dalam pengemasan tidak harus keliling gudang terlebih dahulu. Pengambilan barang dalam satu zona di dalam warehouse untuk dikemas menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Pengiriman

Keuntungan menggunakan jasa pergudangan memang untuk memberikan kemudahan perusahaan dalam hal stock sampai pengiriman. Tidak heran jika fitur ini harus ada sebagai satu kesatuan sistem yang menjadi kelebihannya. Bertanggung jawab tidak hanya penyimpanan saja namun juga memastikan barang diterima sampai di konsumen.

WMS atau manajemen pergudangan haruslah memiliki fitur pengiriman yang mencakup berbagai fungsi dimana tujuannya untuk:

  1. Melacak pengiriman 
  2. Mengirimkan resi gudang dan resi pengiriman
  3. Daftar pengemasan
  4. Faktur pengiriman
  5. Memberi informasi kepada konsumen

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa pengiriman Barang

5. Manajemen Tenaga Kerja

Fitur manajemen tenaga kerja dalam WMS digunakan untuk intern dalam menilai kinerja karyawan gudang. Manager gudang dapat dengan mudah menilai mana karyawan yang memang bekerja maksimal. Serta karyawan yang bekerja di bawah standar sehingga harus dilakukan pelatihan agar skill menjadi meningkat kembali.

Nah, itu tadi 5 fitur penting yang wajib ada bagi Warehouse Management System. Selain itu demi mendukung kelancaran bisnis para penyewa gudang, sebaiknya percayakan pergudangannya terhadap jasa sewa gudang terpercaya, salah satunya yang bisa dijadikan pilihan yakni Shipper. 

Merupakan salah satu aggregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Shipper memberikan kebebasan untuk setiap penggunanya agar bisa melakukan kegiatan lainnya. Memiliki fitur yang mudah untuk digunakan dan kamu bisa memilih berbagai macam jasa ekspedisi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu. 

Tak hanya itu saja, Shipper juga menawarkan jasa penjemputan barang secara gratis tanpa minimum order, lho! Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa cek di www.shipper.id. Pakai Shipper, semua makin gampang!