5 Faktor Penyebab Online Tracking Gagal Terus, Apa Saja?

0
754

Menggunakan website atau aplikasi sebagai cara melacak paket dengan nomor resi barangkali sudah akrab buat Sobat Shipper yang sering belanja online. Hasil real time yang ditampilkan fitur ini membuat pengirim maupun penerima bisa memantau pergerakan paket sampai tiba di tujuan.

Akan tetapi, teknologi ini tak terlepas dari kekurangan. Ada kalanya nomor resi paket barang yang dimasukkan tidak menunjukkan data yang Sobat Shipper butuhkan. Ternyata, ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan tersebut terjadi, di antaranya:

1. Server Situs Jasa Pengiriman Bermasalah

Penyebab ini umum terjadi saat Sobat Shipper mengelola sebuah website resmi. Ketika menghadapi kegagalan dari cara melacak paket dengan nomor resi, biasanya website sedang mengalami kelebihan beban akibat pengecekan resi secara bersamaan atau masalah teknis lainnya. Maintenance pun akan dilakukan untuk mengatasinya sampai server tak lagi mengalami gangguan. Sobat Shipper perlu menunggu sampai situsnya bisa diakses kembali.

2. Hasil Tracking Barang Mengalami Delay

Hasil dari pelacakan paket dengan nomor resi mendadak delay? Hal ini bisa disebabkan penyedia ekspedisi masih memakai metode manual untuk pencatatan, terutama untuk agen atau cabang di desa dan kawasan terpencil yang jaringan internetnya terbatas. Sobat Shipper sebenarnya tidak perlu mencemaskan hal ini selama hasil tracking tetap muncul. Namun kalau butuh kejelasan, Sobat Shipper tinggal kunjungi saja tempat pengiriman barang.

Baca juga: Manfaat Cek Resi Online yang Wajib Diketahui

3. Kesalahan dalam Memasukkan Nomor Resi

Salah memasukkan digit angka dalam cara melacak paket dengan nomor resi bakal memperlihatkan keterangan invalid pada hasil pencarian. Kalau sudah berkali-kali, sebaiknya Sobat Shipper cek lagi nomor resi yang dimasukkan ke kolom website, sebab bisa jadi kesalahannya terletak pada digit angka pada tahap input. Cek lagi nomor resi yang tercantum, lalu kalau sudah tepat, mulai cara mencari paket secara online.

4. Nomor Resi yang Diterima Ternyata Palsu

Bagaimana bisa Sobat Shipper menerima nomor resi palsu? Kejadian ini sudah umum dialami para penerima barang yang bertransaksi dengan penipu. Jadi mau berkali-kali nomor resi dimasukkan ke fitur online tracking, cara melacak paket dengan nomor resi bakal gagal. Sobat Shipper bisa menempuh jalur hukum untuk menindak penipu tersebut. Namun akan lebih baik kalau Sobat Shipper waspada sejak awal dan batalkan transaksi kalau merchant menunjukkan itikad kurang baik.

5. Gangguan Pada Alat Pelacak Pihak Ketiga

Penyebab selanjutnya yang menghalangi proses pelacakan paket dengan nomor resi adalah gangguan pada alat pelacak pihak ketiga. Beberapa kendala yang bakal Sobat Shipper hadapi mencakup respons pelacakan yang lambat, hasil pencarian tidak muncul, hingga website atau aplikasi yang tak bisa diakses sama sekali. Sobat Shipper bisa melaporkan gangguan kepada pengelola website menggunakan platform tracking lain.

Kadang cara melacak paket dengan nomor resi datang juga dari penyedia jasa yang kurang profesional. Oleh karena itu, Sobat Shipper sebaiknya memakai layanan perusahaan yang mampu memberikan fitur online tracking memadai seperti Shipper.

Mengapa Shipper? Selain jangkauan pengiriman luas dan terjangkau, Shipper menyediakan sistem tracking memadai di website resminya. Jadi setelah Sobat Shipper mengirimkan barang dengan jasa mereka, nomor resi yang diterima bisa langsung dimasukkan ke kolom yang tersedia. Cara melacak paket dengan nomor resi di Shipper pun dipastikan selalu real time.

Untuk informasi jasa pengiriman hingga tracking paket, silakan buka https://shipper.id/tracking saja, ya!

Baca juga: Keunggulan Shipper Sebagai Situs Cek Resi Pengiriman Online