Yuk Cek Hal-Hal yang Berkaitan Dengan Estimasi Pengiriman!

0
64
estimasi pengiriman

Saat kamu mengirimkan paket, kamu akan mendapatkan estimasi pengiriman. Apa maksudnya? Estimasi pengiriman adalah perkiraan waktu pengiriman dengan perhitungan waktu dan jarak sampai kepada penerima barang. Setiap jenis layanan dari perusahaan ekspedisi memiliki estimasi pengiriman yang berbeda-beda. Ada yang same day alias barang kirimanmu dijamin sampai hari itu juga, ada yang kilat yaitu besok sampai, ada juga yang baru 3 hari sampai.

Sebagai penjual, penting bagi kamu untuk mengetahui perkiraan barang sampai. Dengan begitu kamu bisa memilih layanan jasa yang sesuai dengan jenis barang yang akan kamu kirim. Contohnya bila kamu berjualan makanan, lebih baik kamu menggunakan layanan same day atau next day agar makanannya tidak kadaluwarsa di jalan.

Faktor yang Memengaruhi Estimasi Pengiriman

Ada dua hal yang memengaruhi estimasi dalam pengiriman paket. Berikut adalah faktor yang mempengaruhi lama atau cepatnya estimasi pengiriman:

1. Jenis Layanan yang Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, setiap jasa pengiriman memiliki berbagai layanan dengan estimasi pengiriman paket yang berbeda-beda. Kecepatan pengiriman akan memengaruhi harga layanan. Layanan unggulan tentunya memiliki estimasi pengiriman dengan waktu tercepat dan harga yang paling mahal juga. Sementara layanan dengan harga yang murah tentu memiliki estimasi pengiriman yang paling lama juga. Ini dikarenakan jasa ekspedisi memberikan prioritas dan fasilitas mereka pada layanan unggulan tersebut.

2. Lokasi Pengiriman

Biasanya beberapa layanan unggulan hanya terbatas pada satu wilayah tertentu yaitu kota-kota besar. Selain jarak, infrastruktur kota besar mendukung untuk pengiriman yang lebih cepat. Sementara daerah-daerah terpencil lebih sulit dijangkau. Tidak banyak layanan dan estimasi pengiriman yang ditawarkan untuk daerah-daerah seperti ini. Terlebih lagi lokasi yang jauh dan sulit diakses juga akan membuat biaya kirim yang harus dibayarkan semakin Tinggi. Malah, jasa pengiriman yang kamu sudah pilih mungkin harus menggunakan Pihak Logistik Ketiga/Third Party Logistic (3PL) agar bisa sampai ke daerah tujuan.

Cek Resi Pengiriman

Resi merupakan nomor bukti pengiriman yang berasal dari jasa logistik maupun ekspedisi. Resi berguna sebagai bukti bahwa penjual sudah mengirimkan paket kepada pelanggan. Tak hanya itu saja, nomor resi juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket selama proses pengiriman barang dari pihak jasa ekspedisi.

Untuk bisa cek resi pengiriman, pastikan kembali jumlah nomor resi sudah benar. Kamu bisa langsung memasukkan nomor ke halaman tracking penyedia jasa ekspedisi yang kamu gunakan untuk mengirim paket. Tentunya, semua data yang disajikan oleh website penyedia jasa ekspedisi adalah akurat.

Shipper sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan logistik seperti JNE, J&T, SiCepat, Ninja Express, Indah Cargo dan masih banyak yang lainnya. Temukan estimasi pengiriman dan cek resi pengiriman dalam satu aplikasi Shipper. Kamu tidak perlu lagi repot-repot memasukkan nomor resi ke website yang berbeda-beda setiap mau melacak paket. Selain itu Shipper juga menyediakan jasa penjemputan barang tanpa minimum order loh! Jadwalkan saja penjemputan paketmu dari aplikasi. Download sekarang di Play Store. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi shipper.id