4 Jenis Laporan yang Perlu Dibuat Administrasi Gudang

0
530

Menjalankan warehouse atau gudang secara efisien juga akan sangat memengaruhi performa bisnismu, lho! Karena gudang adalah tempat di mana stok barang disimpan, manajemen dan administrasi gudang yang baik jelas berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya performa bisnis. Oleh karena itu, dalam administrasi gudang juga terdapat berbagai laporan yang perlu disusun. Beberapa contoh laporan administrasi gudang misalnya laporan stok di gudang.

Tentu saja berbagai contoh laporan administrasi gudang dibuat tak hanya untuk formalitas saja, Sobat Shipper. Soalnya laporan seperti laporan stok barang gudang penting untuk pengambilan keputusan. Selain itu, laporan administrasi gudang juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi aktivitas pergudangan. Kalau begitu, apa saja contoh laporan administrasi gudang yang perlu dibuat, ya? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, ya!

Laporan Supplier

Laporan ini berisikan data-data penting mengenai supplier. Data-data yang termasuk bisa jadi laporan keluhan pelanggan mengenai supplier tertentu, track record mereka, dan sebagainya. Laporan supplier ini bisa kamu gunakan untuk menyeleksi calon-calon supplier.

Selain itu, laporan ini juga bisa membantumu mengevaluasi performa supplier-mu agar kamu bisa memutuskan apakah kamu ingin terus lanjut bekerja sama atau tidak. Dan apabila ternyata supplier tersebut tidak sesuai dengan visi-misi bisnismu atau tidak memenuhi ekspektasi, laporan ini bisa jadi bukti untuk menguatkan keputusanmu.

Laporan Persediaan di Gudang

Tahukah kamu kalau ternyata banyak pelaku bisnis UKM yang mengabaikan pentingnya data stok persediaan? Padahal, mendata stok persediaan yang ada di gudang sangat penting agar pemilik bisnis tahu dengan pasti berapa banyaknya barang yang bisa dijual.

Apalagi, sekarang kamu sudah bisa gunakan program aplikasi manajemen gudang, yang di dalamnya juga termasuk fitur data stok barang yang dapat di-update dengan mudah. Lewat data ini, laporan persediaan barang di gudang pun dapat menyajikan data yang akurat.

Baca juga: 6 Cara Melakukan Rebranding Bisnis Agar Semakin Lancar

Laporan Riwayat Supplier

Contoh laporan administrasi gudang lainnya yang terkait dengan supplier adalah laporan riwayat supplier. Dengan laporan ini, kamu bisa telaah riwayat supplier-mu berdasarkan penjualan dan data gudang. Contohnya nama supplier yang paling berdampak positif pada perkembangan bisnismu, supplier yang produknya paling laris, prosedur pemesanan stok dari supplier, dan sebagainya.

Lewat laporan ini, kamu bisa belajar banyak soal cara-cara untuk meningkatkan hubunganmu dengan supplier. Lebih jauh lagi, data dari laporan ini bisa bantu kamu meningkatkan efisiensi gudang hingga sistem penjualan, lho.

Laporan Empty Bin

Ketika kamu menerima kiriman stok baru dari supplier, akan sangat bermanfaat kalau kamu sudah tahu sejak awal di mana kamu bisa menyimpan kiriman tersebut, kan? Dengan begitu, kamu juga bisa buat alur perpindahan stok barang sejak penerimaan, penyimpanan di gudang, sampai pengiriman ke pelanggan.

Inilah fungsinya laporan empty bin, yang bisa menginformasikan dengan cepat seberapa banyak ruang dan kapasitas yang ada di gudang. Dengan begitu, kamu bisa atur penyimpanan barang dengan lebih efisien, terutama karena staf gudang jadi tak perlu buang-buang waktu dan tenaga mencari spot kosong untuk menyimpan barang yang baru datang.

Meskipun berbagai contoh laporan administrasi gudang di atas penting, tentu saja kamu butuh waktu dan tenaga tambahan untuk menyusunnya kan, Sobat Shipper? Tapi tenang saja, karena kamu bisa memanfaatkan layanan warehouse Shipper sebagai solusi laporan administrasi gudang yang praktis.

Layanan warehouse Shipper tak sebatas menyediakan gudang untuk menyimpan stok barang, tapi juga manajemen gudang yang profesional. Dan di dalamnya, termasuk proses pelaporan dengan format laporan administrasi gudang yang pasti mudah kamu pahami untuk bantu kembangkan bisnismu. Klik https://shipper.id/warehouse sekarang juga untuk info lengkapnya!

Baca juga: Ketahui Apa Itu UMKM Serta Keuntungannya Dalam Perekonomian