Barangmu Gagal Dikirim? 6 Faktor Ini Bisa Jadi Penyebab Utamanya!

0
211
cek status pengiriman

Cek status pengiriman sudah jadi kegiatan rutin pelanggan setelah mengantarkan barangnya ke penyedia jasa ekspedisi. Kamu bakal menemukan istilah-istilah seperti on process (barang di tahap pengiriman), delivered (sudah dikirim dan sampai di tangan penerima), bahkan criss cross (paket tertukar dengan yang lain).

Lantas, bagaimana kalau kamu menerima status pengiriman barang berupa unpick atau gagal kirim? Jangan panik dulu! Mari kita cari dulu penyebabnya supaya barang bisa kembali diantarkan.

1. Alamat salah atau kurang jelas

Penyebab yang satu ini sering kali terjadi dan sayangnya masih ada pengirim yang melakukannya. Begitu menemukan kesalahan tersebut, pihak ekspedisi akan menghubungimu. Kamu yang melihatnya saat cek status pengiriman juga bisa memperbaikinya agar barang dapat segera diantarkan. Namun akan lebih baik kalau kamu memeriksa kelengkapan data seperti alamat tujuan, nama pengirim dan penerima, hingga nomor telepon sebelum menyerahkannya ke ekspedisi.

2. Kirim barang melewati jam kerja

Sebagian besar layanan pengiriman barang memberlakukan waktu maksimum. Kalau kamu datang menjelang waktu tutup, barang bakal diantarkan keesokan hari. Apalagi kalau jenis layanan kirim barang yang kamu pilih termasuk yang kilat, waktu maksimumnya pasti lebih singkat. Apabila poin ini jadi penyebabnya, kamu bisa cek sampai besok, lalu cek statusnya di website atau aplikasi untuk memantau pergerakan paket di perjalanan.

3. Cabang pengiriman sedang overload

Barang dinyatakan gagal kirim atau tertunda setelah cek status pengiriman bisa disebabkan karena penyedia layanan sedang overload. Mereka pun bakal memprioritaskan paket-paket yang datang lebih dulu di cabang. Situasi seperti ini seringnya terjadi menjelang masa liburan hari raya karena penyedia jasa tutup sementara waktu. Untuk tips pengiriman barang cepat, kamu dapat mengantisipasinya dengan mengantarkan barang sebelum masa-masa sibuk tersebut.

Baca juga: 3 Tips Agar Paket Kamu Selamat Sampai Tujuan!

4. Penerima tak ada di tempat saat kurir datang

Penerima paket tak kunjung merespons panggilan kurir? Barang tadi biasanya akan dikembalikan ke cabang sampai menerima kabar dari penerima. Akan tetapi, kalau tak ada perkembangan kabar dalam waktu 2-3 hari, maka pengirim bakal menerima status barang gagal kirim saat cek status pengiriman. Sebagai pengirim, kamu bisa mengambil lagi barang tersebut atau menghubungi penerima agar mereka segera mengambilnya.

5. Penerima menolak menerima paket

Berbeda dari kasus sebelumnya, pada poin ini penerima sebenarnya sudah melihat paket yang dibawa kurir. Akan tetapi karena beberapa alasan, mereka menolak barang tersebut. Alasannya bisa karena mereka tak kenal pihak pengirim atau data yang dicantumkan kurang lengkap. Satu lagi alasan yang membuat pengiriman paket barang ditolak adalah kurir meminta biaya tambahan karena alamat yang sulit dijangkau atau harus parkir.

6. Kurir membawa terlalu banyak barang

Faktor terakhir yang membuatmu menerima kabar barang gagal dikirim saat cek status pengiriman adalah kurir membawa terlalu banyak barang di hari yang sama. Terutama kalau alamat penerima jauh atau bukan berada di area yang mudah dijangkau. Kalau sampai terjadi, barang akan dinyatakan gagal terkirim. Namun, pihak ekspedisi bakal berupaya mengantarkannya keesokan harinya di jam operasional yang sama.

Tak mau mengalami kendala ini? Berarti kamu harus menggunakan jasa shipping berpengalaman dari Shipper. Dengan tarif bersahabat, Shipper memastikan paket yang kamu antarkan sampai di penerima tepat waktu. Untuk keterangan lebih lengkap, kamu bisa buka https://shipper.id buat menemukan jenis pengiriman yang sedang dibutuhkan.
Baca juga: Cara Menulis Format Kirim Paket yang Baik dan Benar