Cara Cek Resi Luar Negeri Secara Cepat dan Akurat !

0
323

Menunggu kiriman barang dari luar negeri, baik itu yang dikirim dari saudara atau kolega di luar negeri, atau bahkan kamu membeli langsung di salah satu marketplace yang ada, pastinya membosankan akan ketidakpastian pengiriman. Untuk mengatasinya, kamu harus tahu tentang  bagaimana cara cek resi luar negeri. Agar kamu tahu, posisi barang yang tengah dikirim !

1. Perhatikan Jasa Ekspedisi atau Kurir yang Digunakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jasa ekspedisi atau juga kurier yang digunakan untuk proses pengantaran barang kali ini. Hal seperti ini penting, agar kamu, dapat melacak barang atau mengecek barang secara lebih mudah. Masing-masing jasa ekspedisi atau kurir mempunyai no resi atau kode pengiriman yang berbeda-beda, selain itu kode resi luar negeri dan dalam negeri juga berbeda.  

Agar kamu mudah mengetahui jasa ekspedisi atau kurir yang digunakan kali ini, juga tidak terlalu sulit. Caranya cek nota pembelian atau invoice yang telah diberikan oleh pihak pengirim barang. Dari catatan tersebut kamu bisa mengetahui layanan ekspedisi yang digunakan.

2. Siapkan Nomor Resi

Hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah, cek resi dengan cara mempersiapkan resi atau airwaybill. Yang dimaksud disini adalah no resi atau no airwaybill yang diberikan.

Seperti yang diungkapkan sebelumnya, dalam hal ini, kamu sebelumnya sudah mencari informasi tentang invoice dan layanan ekspedisi yang digunakan, dan di dalam invoice tersebut, tidak hanya terdapat nama jasa ekspedisi yang digunakan. Namun juga no resi atau juga no airwaybill, mengingat proses pengiriman barang kali ini, berasal dari luar negeri.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, no resi yang diberikan pastinya berbeda dengan no resi pengiriman dalam negeri.

Baca juga: 5 Keahlian Dasar dalam Entrepreneurship yang Harus Kamu Miliki

3. Lakukan Tracking

Setelah mengetahui no jasa ekspedisi dan juga no resi atau airwaybill yang diberikan, berikutnya melakukan tracking. Tracking yang dimaksud disini adalah proses melacak posisi barang yang sedang dikirim, dengan menggunakan no resi atau airwaybill yang diperoleh sebelumnya.  

Cara untuk mengecek no resi atau airwaybill ini sendiri juga sangat mudah. Kamu bisa melacaknya dari jasa ekspedisi yang digunakan, atau membukanya di layanan tracking online lainnya, misalnya saja https://shipper.id/tracking.

4. Cek Info Status yang Diberikan

Masukkan no resi atau airwaybill yang ada, di kolom tracking yang ada di website utama. Pastikan no resi atau no airwaybill yang diberikan benar adanya. Berikutnya pilih salah satu jasa ekspedisi yang digunakan, berikutnya klik “enter”, maka informasi tentang keberadaan paket akan muncul secara lengkap di bagian bawah halaman.

Disini kamu akan mengetahui posisi paket berada dan apa yang tengah dilakukan oleh paket tersebut, misalnya saja masih ada di gudang ekspedisi, masih berada di dalam kapal ekspedisi, berada di bea cukai, dan yang lainnya.

Dari informasi di atas, dapat dilihat bahwa mengecek dan melacak resi luar negeri tidak sulit. Kamu hanya perlu mengetahui no resi atau airwaybill dan jasa ekspedisi yang digunakan. Selanjutnya keberadaan barang dapat dicek dengan mudah.

Selain mudah, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di sini

Baca juga: 5 Keahlian Dasar dalam Entrepreneurship yang Harus Kamu Miliki