Tips Menjalani Bisnis Online & Melakukan Cek Ongkir yang Tepat

0
1075

Bisnis online saat ini berkembang sangat pesat, terutama toko online. Banyak orang sekarang ini membuka bisnis online untuk mendapatkan penghasilan. Dukungan teknologi dan internet yang juga semakin cepat perkembangannya, membuat bisnis satu ini dapat cepat menunjukkan perkembangan yang juga signifikan. Belum lagi ide-ide baru yang kian hari semakin banyak bermunculan, seperti contohnya penerapan gratis ongkir untuk berbagai wilayah dan cara untuk cek ongkir yang semakin mudah, misal di website atau di aplikasi cek ongkir. 

Selain karena mengikuti perkembangan jaman, nyatanya membuka bisnis online sendiri ada beberapa alasan. Nah, kamu perlu mengetahui apa saja alasan tersebut, supaya jika kamu ingin membuka toko online, kamu semakin termotivasi. Berikut adalah alasan berbisnis online tersebut.

Baca Juga: Tips Mudah Cek Ongkir 2021 yang Perlu Kamu Ketahui

Alasan Kenapa Harus Bisnis Online

  • Modal yang Kecil

Membangun sebuah bisnis tentunya membutuhkan modal, bahkan modal tersebut tidak sedikit. Namun berbeda jika kamu menjalankan bisnis online, modal yang digunakan untuk relatif kecil. Kamu tidak perlu untuk menyewa toko ataupun membeli produk secara fisik seperti di bisnis konvensional. Selain itu, kamu bisa menjadi dropshipper atau reseller yang lebih membantu dalam meminimalkan pengeluaran dan modal. 

  • Dukungan Teknologi Internet Canggih

Teknologi yang semakin canggih dan internet yang semakin pesat sangat mendukung atau membantu dalam menjalankan bisnis online saat ini. Kamu pun memanfaatkan sosial media, marketplace ataupun platform yang lain untuk memasarkan produk yang kamu jual. Kamu juga bisa bekerja sama dengan web atau aplikasi untuk mengecek ongkir guna memudahkan pembeli tahu bagaimana cara cek ongkir. Dukungan teknologi dan internet ini akan semakin membuat toko online kamu semakin terkenal bahkan hingga ke seluruh dunia.

  • Audiens yang Bisa Dijangkau Lebih Luas

Keuntungan lain dari membangun bisnis online adalah dapat menjangkau audiens atau pelanggan yang lebih luas. Bahkan tidak hanya orang-orang di Indonesia yang bisa melihat produk yang kamu posting, namun kemungkinan orang-orang di luar negeri. Kamu hanya perlu membuat produk yang akan dipromosikan di internet menjadi semakin cantik dan menarik, hingga membuat semakin banyak pembeli yang tertarik untuk membelinya. Kamu juga bisa memberikan informasi dengan cepat mengenai produk-produk yang dijual hingga bagaimana cara cek tarif ongkir dengan mudah.

Nah itulah beberapa alasan kenapa harus mulai bisnis online. Dalam berbisnis secara online, apalagi membuka toko online, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya ongkir atau ongkos kirim. Ya, itu adalah biaya kirim terima barang melalui ekspedisi atau jasa pengiriman barang.

Menerapkan ongkir sendiri untuk toko online tidak bisa asal begitu saja. Harus ada cara atau strategi yang tepat agar semakin menarik banyak pembeli untuk berbelanja di bisnis online kamu. Nah bagaimana strategi tersebut? Berikut ini pembahasannya.

Strategi Tepat Melakukan Cek Ongkir

1. Daftar Ongkir per Kota

Di strategi ini kamu bisa memajang biaya ongkir untuk tujuan ataupun per kota. Cara ini berarti pembeli dapat melihat secara langsung biaya ongkir barang yang dibelinya. Kamu bisa menyajikan ongkir ini dalam beberapa format seperti tabel html, gambar, ataupun dokumen digital. Kamu juga bisa memasukkan link atau alamat website cek ongkir yang sudah bekerja sama dengan berbagai ekspedisi seperti web shipper. Web shipper adalah salah satu website yang membantu dalam cek ongkir semua ekspedisi.  

2. Ongkir yang Dirahasiakan

Pada cara yang satu ini kamu bisa menampilkan harga dari barang yang dijual namun ongkir-nya belum di toko online. Menggunakan cara yang satu ini, kamu harus yakin jika calon pembeli di toko online-mu mau menghubungi via telepon padamu untuk cek ongkir semua barang. Namun, kelemahan dari cara yang satu ini adalah kamu harus siap untuk sibutk dan repot membalas ataupun menjawab telepon para calon pembeli yang menanyakan ongkir.

3. Pukul Rata

Cara yang satu ini sering kali dipakai oleh perusahaan yang menjual produk seperti surat kabar atau majalah. Kamu hanya perlu mematok secara langsung ongkir per pulau, bukan per kota yang dituju. Contohnya ongkir untuk pengiriman di wilayah pulau Jawa, kamu mengenainya sebesar Rp15.000, lalu di luar pulau Jawa Rp25.000. Dengan begitu pembeli dapat cek ongkir 2020 lebih mudah lagi.

Itulah beberapa cara menyajikan ongkir yang tepat untuk toko online kamu. Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa toko online saat ini tidak terlepas hanya dari cek ongkir online namun juga dari strategi gratis ongkir. Hampir semua toko online kini memakai gratis ongkir untuk semakin menarik minat pembeli. Namun sama hal-nya dalam penerapan ongkir untukik toko online kamu, menerapkan gratis ongkir juga dibutuhkan beberapa trik agar tetap untung. Nah, kamu ingin tahu apa saja trik tersebut? Di bawah ini pembahasannya. 

Baca Juga: Tips Aman Pilih Jasa Ekspedisi Internasional

Trik Menerapkan Gratis Ongkir untuk Pembeli

1. Carilah Jasa Pengiriman yang Paling Murah

Kamu bisa mencari jasa pengiriman barang yang lebih murah dibandingkan dengan jasa yang lainnya. Kamu bisa cek ongkir termurah dari berbagai jasa pengiriman. Namun meski murah, kamu juga harus memastikan jika barang yang dikirimkan kepada pembeli sampai tidak lebih dari satu minggu. Kamu harus menggunakan paket pengiriman untuk semua barang bila menerapkan gratis ongkir karena paket tersebut lebih murah dibanding paket yang lain. 

2. Menggunakan Persyaratan Tertentu

Kamu bisa menerapkan persyaratan tertentu pada pembeli apabila ingin mendapatkan gratis ongkir. Misalnya di toko online-mu akan mendapatkan gratis ongkir apabila pembeli membeli barang minimal 1 lusin atau minimal harganya Rp. 50.000 dan sebagainya. 

3. Masukkan dalam Harga Barang

Cara yang selanjutnya adalah kamu bisa memasukkan harga ongkir ke dalam harga barang. Misalnya saja kamu menjual sebuah produk dengan harga aslinya Rp. 20.000, lalu ongkir ke kota tujuan dari kota-mu adalah Rp. 10.000, nah kamu bisa menambahkan ongkir tersebut ke dalam harga barang sehingga menjadi Rp. 30.000. Namun kelemahan dari cara yang satu ini adalah pembeli akan merasa jika harga produk yang dijual di toko online milikmu terlalu mahal, apalagi jika dijual di luar negeri, maka jangan lupa untuk cek ongkir internasional juga. 

4. Jualan di Marketplace

Saat ini banyak marketplace yang mempunyai subsidi khusus untuk biaya pengiriman barang. Dimana artinya marketplace yang menanggung biaya ongkir barang, jadi kamu tidak perlu takut akan mengalami kerugian. Namun biasanya marketplace ini juga memberikan syarat tertentu agar pembeli bisa mendapatkan gratis ongkir yang biasanya adalah ada minimum pembayaran dengan di atas nominal yang tertentu.

5. Terapkan di Wilayah Tertentu

Cara yang selanjutnya adalah kamu bisa menerapkan gratis ongkir pada wilayah tertentu saja. Misalnya kamu hanya menerapkan gratis ongkir untuk wilayah Jabodetabek. Lalu untuk wilyah yang lain, ongkir-nya tetap normal. Kamu harus mencari wilayah mana saja yang dekat dengan kota-mu dan biaya pengiriman yang murah supaya ongkir bisa tertupi dengan keuntungan penjualan.

Demikian pembahasan ini. Bagi kamu yang ingin cek ongkir untuk bisnis online atau ketika akan membeli barang online dengan mudah, kamu bisa cek ongkir pengiriman di web shipper. Website ini bisa mengecek ongkir lion parcel, wahana, jne, jnt, sicepat, SAP, Tiki, Ninja Express, dll. Selain itu, paket dapat dikirimkan sekaligus dan paket pun akan dijemput oleh mitra shipper.

Untuk keterangan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa langsung mengecek di www.shipper.id/shipping.