Carousel, Membantu Periklanan Kamu di Instagram

0
48
carousel adalah

Carousel adalah salah satu fitur yang akan kita bahas pada artikel berikut ini yang telah hadir di Instagram sejak tahun 2017. Lima tahun menghiasi platform Instagram tentu bukanlah waktu yang sebentar. Maka dari itu, pada artikel ini Sobat Shipper akan disajikan dengan berbagai penjelasan mengenai fitur Carousel. Yuk, langsung saja kita simak serba-serbi Carousel berikut ini.

Era digitalisasi saat ini telah berkembang begitu pesat. Berbagai platform media sosial telah melakukan bentuk pembaruan layaknya menghadirkan inovasi-inovasi kreatif. Mulai dari penambahan fitur, pengembangan performa fitur, sampai perbaikan teknis terhadap fitur.

Tak hanya pada Instagram lho, Sob. Berbagai platform media sosial lain layaknya Facebook, Twitter, TikTok, YouTube, dan lain sebagainya. Juga telah menghadirkan beragam bentuk pembaruan terhadap fitur-fitur atau bahkan terhadap tampilan platform itu sendiri.

1. Apa Itu Instagram Carousel

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, IG Ads atau Instagram Ads adalah sebuah platform pengiklanan yang disajikan langsung oleh Instagram. Nah, dalam penyajiannya. Ads IG sendiri sebenarnya terdiri dari berbagai bentuk pengiklanan.

Layaknya gambar, video, dan stories. Kemudian Carousel menjadi salah satu diantaranya. Dimana Carousel adalah sebuah fitur yang disajikan oleh Instagram, dimana penggunanya dapat membagikan foto dan video dalam jumlah lebih dari satu dan dengan waktu yang bersamaan. Setidaknya ada 10 foto atau video yang dapat dimuat pada fitur Carousel ini.

Maka dari itu, tak heran rasanya kalau fitur Carousel, saat ini tengah banyak diminati oleh pengguna. Serta hadir untuk menjadi salah satu fitur yang favorit dan populer untuk digunakan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengetahui ketentuan dan ide-ide menarik terhadap konten Carousel ini? Yuk, kita telisik lagi lebih dalam!

2. Ketentuan Penggunaan Carousel

Cara membuat iklan Carousel di Instagram sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa memilih jenis Carousel mana yang dapat diterapkan, apakah jenis foto? Atau jenis video? Tentunya, penggunaan Carousel ini memiliki beragam ketentuan yang harus disesuaikan dan diperhatikan. Dan berikut adalah berbagai ketentuannya.

Pertama kita akan mulai dari Carousel jenis foto, dimana Carousel jenis ini memungkinkan Sobat Shipper untuk menghadirkan foto dalam waktu yang bersamaan, dan jumlah yang cukup besar. Ukuran yang dianjurkan pada penggunaan Carousel jenis foto adalah 1080 × 1080 pixel, resolusi minimal 600× 600 pixel, rasio 1 : 1, format JPG atau PNG, dengan ukuran file minimal 30 MB, dan jumlah gambar sebanyak 2 – 10.

Sementara untuk Carousel jenis video, juga memiliki ketentuan yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan. Dimana ukuran yang dianjurkan pada penggunaan Carousel jenis foto adalah 1080 × 1080 pixel, resolusi minimal 600× 600 pixel, rasio 1 : 1, dengan format MP4, ukuran maksimal 4 GB, jumlah video 2 – 10, dan durasi video 60 detik.

3. Ide-ide Menarik Konten Carousel

Mengetahui pengertian sudah, mengetahui ketentuan-ketentuan juga sudah. Maka dari itu, kamu pasti bisa menggunakan fitur Carousel Instagram Ads yang satu ini dengan tepat dan mantap. Eits, untuk menyokong kemantapan tersebut kamu juga perlu nih, memikirkan ide-ide menarik konten Carousel. Kira-kira apa saja ya… ide-ide menariknya?

a) Menyajikan Konten Memanjang Bersambung

Ini adalah ide konten yang bisa kamu coba terhadap konten Carousel, dimana dengan menyajikan konten memanjang bersambung kamu dapat menarik atensi para pengguna untuk menggeser slide-slide berikutnya. Menampilkan konten seperti ini juga tengah populer dan cukup banyak diterapkan banyak pengguna.

b) Tampilkan Konten Story Telling

Mengemas iklan dengan cerita akan menjadi hal yang bagus untuk ditampilkan pada konten Carousel. Dimana ketika yang disajikan dapat mengundang daya tarik, maka penyisipan iklan dapat dilakukan dengan baik. Menjadi salah satu bentuk pengiklanan yang populer, konten story telling menjadi konten yang layak untuk kamu coba.

c) Menggunakan Gambar Pemandangan

Memanjakan mata pengunjung dengan pemandangan yang asri nan menyejukkan, dapat menjadi ide menarik yang bisa kamu terapkan terhadap konten Instagram Carousel. Dimana dengan menyuguhkan gambar pemandangan, ketertarikan dapat dibentuk dengan kualitas gambar yang tentunya menarik dan bagus.

d) Menggunakan Stop Motion

Apakah kamu tahu tentang apa itu stop motion? Nah, stop motion ini merupakan sebuah teknik animasi yang dapat membuat objek, layaknya benda mati dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Jika kamu sering menonton film animasi. Beberapa film animasi seringkali menggunakan teknik ini, lho. Yang mana dengan teknik ini film yang disajikan terlihat menarik dan unik.

Nah, untuk menghadirkan kesan unik dan menarik kamu bisa menggunakan teknik stop motion ini terhadap iklanmu. Sehingga iklan yang kamu buat nantinya tampak lebih menyenangkan, seru, tidak monoton, dan anti mainstream.

e) Menyisipkan Testimoni

Ide yang satu ini juga dapat kamu coba lho, Sob. Yup, menyisipkan Testimoni dari para pelanggan dapat kamu lakukan untuk menambah daya tarik pengguna Instagram. Dengan hadirnya testimoni ini, kamu bisa meningkatkan branding terhadap produk atau layanan jasa yang kamu iklankan.

Terlebih lagi, jika testimoni tersebut kamu dapatkan dari tokoh-tokoh terkenal, seperti Selebriti, Selebgram, YouTubers, dan lain sebagainya. Tentu, testimoni dari mereka dapat membuat produkmu semakin naik kelas, dan ketertarikan semakin meningkat.

f) Menyertakan Before After

Apakah kamu menjual produk kecantikan, kesehatan, pelayanan jasa, dan lain sebagainya? Kalau iya. Kamu memiliki kemungkinan untuk menyertakan penampakan baik before maupun after usai penggunaan terhadap produk atau jasa dilakukan. Penyertaan before dan after ini tentu dapat menarik atensi pengunjung, layaknya menyertakan testimoni.

g) Menyatupadukan Postingan Foto dan Video

Kata siapa Carousel hanya berlaku pada satu jenis pengiklanan saja? Carousel hadir dalam bentuk foto dan video, lho. Bahkan dapat menghadirkan keduanya secara bersamaan. Dengan kemudahan yang diberikan pada fitur Carousel, penyatupaduan konten foto dan video pun dapat kamu lakukan dengan mudah, dan tidak menutup kemungkinan untuk menarik banyak pengunjung.

Oke Sobat Shipper itu dia berbagai serba-serbi mengenai fitur Carousel Instagram. Jadi apakah kamu tertarik untuk menggunakan fitur yang satu ini? Nah, ketika strategi periklanan yang baik telah kamu terapkan. Maka operasional bisnis tidak boleh diabaikan.

Ya, Sobat Shipper dapat menggunakan  jasa otomatisasi pengelolaan inventori dan alokasi stok yang tepat. Yang mana pemesanan dan stok barang bisa dikontrol dengan baik, dan invertori produk dapat diatasi secara otomatis.

Dan saat ini Atoor hadir untuk menjadi andalan kita semua. Dimana Atoor telah menyediakan tools yang membantu terpenuhinya pengelolaan operasional bisnis. Harganya kompetitif, kualitasnya pun terjamin. Yuk, langsung saja cek informasi menarik tentang Atoor di Shipper.id!