Cara Efektif Gunakan Facebook Ads untuk Perbanyak Leads

0
120
leads facebook ads

Dalam digital marketing, sangat penting menggaet leads demi keberhasilan bisnismu. Leads adalah calon konsumen yang bersedia meninggalkan kontak mereka. Banyaknya leads bisa sangat berpengaruh pada keberhasilan promosi produkmu. 

Ada banyak cara untuk memperbanyak leads. Salah satunya menggunakan Facebook Ads. Nah, sebelum kami membahas cara perbanyak leads pada facebook ads, Sobat Shipper wajib tahu dulu definisi leads hingga cara mendapatkannya. Berikut rangkumannya.

Definisi Leads 

Leads adalah orang-orang yang berpotensi besar untuk menjadi pelanggan tetap. Mereka biasanya meninggalkan kontak mereka sehingga kamu leluasa untuk membagikan promosi produk. 

Leads menjadi penting karena menjadi jembatan paling mudah untuk follow up ketertarikan mereka akan produk yang kamu tawarkan. Lewat leads juga, kamu bisa dengan mudah mengontak mereka jika ingin mempromosikan produk. 

Dengan leads, kamu juga bisa memetakan demografi pelanggan dengan tepat. Kamu bisa tahu target audiens bisnis yang kamu punya dari informasi yang mereka berikan.

Mendapatkan leads tentunya tidak mudah. Diperlukan konten dan koneksi yang kuat untuk menciptakan leads. Untuk itu, diperlukan lead generation.

Lead generation sendiri merupakan strategi pemasaran yang bisa kamu lakukan demi menggaet sebanyak-banyaknya leads. 

Cara Mendapatkan Leads Secara General 

Walau tak bisa didapatkan dengan begitu saja, ada sejumlah cara yang Sobat Shipper bisa lakukan untuk menggaet leads. Berikut kamu rangkum untuk kamu.

1. Membuat Giveaway

Salah satu cara mendapatkan leads yang sedang populer saat ini adalah membuat giveaway atau kuis berhadiah. Kamu bisa menetapkan ketentuan-ketentuan untuk mereka yang ingin mengikuti kuis. Contohnya, memfollow akun media sosial kamu dan share postingan tersebut di akun media sosial mereka. 

Banyak sekali brand besar yang menerapkan trik ini untuk menggaet leads potensial. Biasanya giveaway juga efektif karena semua orang suka hadiah. Sobat Shipper juga suka, kan?

2. Membuat Konten Premium

Cara lainnya untuk menggaet leads adalah menciptakan konten premium. Biasanya konten premium ini mengharuskan pelanggan membayar sejumlah dana untuk mengaksesnya. 

Trik ini sudah banyak dilakukan oleh portal media online, terutama di negara luar. Tapi, di Indonesia juga sudah mulai banyak media yang menerapkan cara ini.

Dengan konten premium, kamu bisa mendapatkan leads yang loyal dan berkualitas. Namun, sebelum itu, kamu harus pastikan memiliki konten yang akan memberikan insight baru untuk pengguna. 

3. Permudah Akses ke Kontak Bisnis

Untuk mendorong orang menjadi konsumen potensial tentunya harus didorong dengan kemudahan akses untuk meraih kontak bisnismu. Sebagai contoh iklan online yang kamu dapatkan di Instagram Story, kamu bisa tambahkan fitur swipe up yang terhubung langsung dengan kontak WhatsApp admin. 

Kamu juga bisa permudah akses ke kontak bisnismu dengan menggunakan fitur LiveChat yang bisa kamu ciptakan di website. Pastikan ada orang khusus yang siap sedia menjawab segala kebutuhan konsumen kapanpun. 

4. Gunakan Media Sosial

Bukan rahasia lagi jika media sosial digunakan untuk memudahkan bisnis digital. Bagaimana tidak, hingga kini pengguna media sosial terus bertambah setiap tahunnya. Sejumlah media sosial juga dilengkapi dengan fitur khusus yang bisa membuat kamu menjajakan produk kamu dalam platform yang sama. 

Untuk memaksimalkan platform media sosial, tentunya kamu harus tahu dulu tools dan fitur yang dimiliki. Media sosial juga punya data akurat mengenai demografi penggunanya, hal inilah yang akan membantu kamu menemukan leads yang tepat.

Cara Perbanyak Leads dengan Facebook Ads

Dibanding media sosial lain, Facebook menjadi platform yang paling banyak digandrungi saat ini. Dari data yang dirilis backlinkinfo, Facebook menempati urutan teratas, dengan jumlah pengguna 2,85 miliar per tahun 2021. 

Nah, fakta ini tentunya bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan leads potensial untuk bisnismu. Tentunya dengan menggunakan Facebook Ads yang merupakan iklan yang akan tampil di laman pengguna. Ada sejumlah cara untuk memperbanyak leads dengan fitur facebook ads ini, berikut ulasannya. 

1. Memilih Objektif dan Target yang Sesuai

Salah satu fitur menarik di Facebook Leads yang bisa kamu manfaatkan adalah pemilihan objektif dan target yang sesuai dengan pasar bisnis. Kamu bisa tentukan terlebih dahulu, demografi target yang ingin kamu capai. 

Nantinya, setelah iklan kamu dilihat oleh konsumen potensial, kamu bisa gunakan data pengguna tersebut untuk menetapkan mereka sebagai leads. 

Sobat Shipper bisa mengoptimalkan fitur ini dengan riset pasar terlebih dahulu. Semakin mirip dan spesifik target audiens yang kamu punya, semakin banyak juga leads yang akan kamu dapat.

2. Membuat Konten Menarik dan Efektif

Keberhasilan menggaet leads juga tergantung konteks iklan yang kamu punya. Siapkan konten kreatif yang dapat menarik perhatian calon leads. Desain yang atraktif dengan permainan warna bisa membantu kesuksesan facebook ads.

Namun, harus diingat bahwa konten yang dibuat harus target-oriented. Jadi, kamu harus memepertimbangkan kemampuan target audiens untuk memahami iklan yang kamu suguhkan.

Sebagai contoh iklan online yang ingin kamu pasarkan adalah produk perawatan tubuh pria. Namun, kamu pakai banyak warna dan teks yang bisa membuat konsumen bingung dan malah mengabaikan iklan produkmu.

3. Siapkan Format Formulir Menarik

Dalam Facebook Ads, kamu bisa menambahkan link yang memungkinkan pengguna mengklik link tersebut ketika tertarik dengan iklan yang kamu tawarkan. Nah, kamu bisa tambahkan formulir data diri untuk menggaet leads.

Siapkan format formulir menarik dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana juga efektif. Jangan gunakan terlalu banyak pertanyaan yang akan membuat calon leads malas untuk mengisi datanya. 

Jangan lupa cantumkan kontak bisnismu untuk membantu mereka kalau mereka ada pertanyaan terkait produk. Dengan menggunakan format formulir yang menarik, dijamin facebook leads ads kamu akan berhasil.

4. Menggunakan Tipe Iklan Pay Per Lead

Facebook Ads memang memiliki banyak jenis dan tipe. Salah satu yang bisa kamu manfaatkan adalah tipe iklan Pay Per Lead (PPL). Pay per Lead adalah jenis iklan yang hanya akan dibayar ketika pengguna melakukan aksi di situs bisnis. 

Dalam Facebook Ads, pay per lead dikenal juga dengan istilah Cost per Action (CPA). Intinya, kamu hanya perlu membayar ketika ada pelanggan yang melakukan sesuatu terhadap iklan yang mengarahkan ke website bisnis.

Aksi yang dihitung bukan hanya pembelian produk, tapi juga berlangganan newsletter misalnya, ataupun subscribe konten. Pokoknya segala aksi yang akan mendatangkan leads potensial bagi bisnis kamu.

Selain itu, keuntungan penggunaan pay per lead adalah kamu bisa mengontrol budget supaya tidak keluar berlebih. Dengan tipe iklan ini, kamu juga bisa memfilter leads yang hanya sekadar melihat-lihat atau leads yang memang potensial.

Mendatangkan leads dengan menggunakan Facebook Ads Manager harus juga diimbangi dengan kualitas produk atau servis yang kamu punya. Semua tips digital marketing akan sia-sia jika produk yang ditawarkan tidak menarik.

Selain mengedepankan promosi produk menggunakan social media ads, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Salah satunya dengan memilih jasa pengantaran yang tepat. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi websitenya di shipper.id!