Mengenal Prosedur Pengiriman Barang Dari dan Ke Luar Negeri !

0
1625

Mungkin kamu merasa kebingungan ketika mengunjungi layanan usaha ekspedisi pengiriman barang, dalam rangka mengirim barang. Sebenarnya prosedur apa saja yang harus dilakukan, dan berapa biaya yang harus dikeluarkan ketika menggunakan layanan pengiriman barang ekspedisi tersebut.

Prosedur pengiriman barang lewat ekspedisi sendiri tidak terlalu sulit, dan berbelit-belit. Asalkan barang yang akan dikirim dari dan ke luar negeri jelas, dan biaya yang harus dibayarkan pun siap.

Prosedur pengiriman cargo secara umum

Berikut adalah beberapa prosedur umum tentang pengiriman barang, baik itu pengiriman barang ke luar negeri atau juga pengiriman barang antar pulau, yang biasanya digunakan. Prosedur tersebut, tentunya ditetapkan dengan tujuan memperlancar proses pengiriman barang itu sendiri. Serta mencegah terjadinya berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Adapun prosedur yang dilakukan antara lain:

1. Booking Shipment

Hal pertama yang tentunya dilakukan oleh pihak pengirim barang, dalam hal ini kamu, adalah mengisi berbagai macam data – data yang dibutuhkan, mulai dari foto copy KTP, SPPKP, NPWP, dan yang lainnya. Hal ini dilakukan, sebelum proses pengisian formulir perjanjian dilakukan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mempermudah proses komunikasi, jika terjadi beberapa hal yang darurat tentang proses pengiriman barang, dan harus dilakukan secara segera.

Tidak hanya itu, kamu sebagai pengirim harus menjelaskan secara rinci tentang barang dan berat muatan barang yang akan dikirim. Tujuannya tidak lain untuk menentukan space atau ruang dalam kontainer, agar sesuai dengan barang yang akan dikirim.      

2. Penerimaan dan Pemeriksaan Kontainer Kosong

Berikutnya adalah memeriksa kontainer yang akan digunakan. Kali ini besaran ruang dalam kontainer harus sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim. Pastikan pihak penyedia jasa, mempunyai kontainer kosong atau ruang kontainer yang kosong secara tepat. Kamu sebagai pihak pengirim barang, dapat memeriksa apakah kontainer yang akan digunakan, layak untuk barang yang akan dikirimkan atau tidak.

3. Menentukan Berat Maksimum Isi Kontainer yang Akan Digunakan

Setelah prosedur pengecekan kontainer selesai, berikutnya adalah menentukan berat maksimal dari isi kontainer itu sendiri. Perlu diingat disini, semakin besar ukuran dan semakin berat barang yang akan dikirim, tentunya akan mempengaruhi harga pengiriman barang. Demikian sebaliknya, jika kamu ingin memilih jasa ekspedisi pengiriman barang termurah sebaiknya cek list harga layanan pengiriman barang terlebih dahulu. Sebelum bekerja sama dengan jasa tersebut.

Dalam hal ini, sebelum melakukan pengiriman, pihak penyedia jasa akan menjelaskan berat maksimum kontainer yang akan digunakan untuk pengiriman barang.

4. Berapa Ketentuan untuk Barang yang Mudah Rusak

Barang yang dapat dikirim menggunakan kontainer ini memang sangat beragam, termasuk beberapa barang yang mudah sekali rusak, seperti sayuran, buah-buahan, telur, dan lain sebagainya. Khusus untuk barang-barang jenis tersebut, sebaiknya diperhatikan dengan baik. Dengan cara menginformasikannya pada pihak penyedia jasa, dan pihak penyedia jasa nantinya akan memberikan informasi atau masukan tepat, untuk pengiriman barang yang dimaksud. Misalnya menggunakan general purpose kontainer yang telah disetting sebelumnya, dengan tidak mencapai atap kontainer, agar tetap ada ventilasi, ketika proses pengiriman dilakukan. Bisa juga menggunakan fridge kontainer, atau bahkan yang lainnya. 

5. Beberapa Ketentuan untuk Pengiriman Benda Cair dalam Tangki

Khusus jika kamu ingin mengirimkan benda cair dalam tangki, maka kontainer yang akan digunakan harus di las terlebih dahulu. Tentunya hal ini dilakukan, agar proses pengiriman barang jadi lebih terjaga dengan baik dan aman selama perjalanan.

Dengan melakukan prosedur yang tepat, dan sesuai dengan aturan yang ada. Sedikit banyak akan mencegah terjadinya kerusakan barang pada saat proses pengiriman.

Alur pengiriman barang dari dan ke luar negeri

Setelah membahas tentang prosedur umum pengiriman barang dari dan ke Indonesia kamu pahami. Maka berikutnya kamu akan mempelajari bagaimana alur pengiriman barang dagangan ke luar negeri demikian pula sebaliknya, jika kamu akan melakukan pengiriman barang ke indonesia.

  1. Pertama-tama, konsumen dalam hal ini kamu, harus memberikan informasi pada pihak admin, tentang isi barang yang akan dikirim. Baik dengan cara menelpon pihak admin, atau mendatangi kantor cabang terdekat secara langsung.
  2. Berikutnya pihak admin akan memberikan informasi secara langsung tentang lamanya proses pengiriman, harga yang harus dibayar, dan hal lainnya. Dalam hal ini kamu sebagai pihak konsumen, dan pihak shipper atau penyedia jasa, akan berdiskusi masalah harga yang ditawarkan.
  3. Jika sudah ada kesepakatan, maka pihak penyedia jasa akan menjemput barang yang akan dikirim, pada alamat yang diberikan sebelumnya oleh pihak konsumen, dalam hal ini kamu. Layanan yang diberikan kali ini adalah layanan door to door.
  4. Selanjutnya ada langkah pengecekan dan penimbangan barang. Setelah barang tiba di gudang, maka pihak penyedia jasa akan kembali menimbang dan mengecek isi barang yang akan dikirim. Hal ini dilakukan untuk mengecek barang dan kondisi barang yang akan dikirim.  
  5. Adapun packing barang akan dilakukan oleh pihak operator sesuai dengan jenis barang yang akan dikirim.
  6. Jika barang akan dikirim menggunakan pesawat, maka pihak operator aka melakukan booking maskapai penerbangan yang dituju. Demikian pula jika barang akan dikirim menggunakan kontainer, maka pihak operator akan melakukan booking kapal laut.
  7. Ketika menggunakan pesawat, maka akan dilakukan pengecekan ulang tentang dokumen kelengkapan pengiriman barang, seperti SMU atau Surat Muatan Udara, dan yang lainnya.
  8. Berikutnya barang akan di cek menggunakan X-ray, apakah sudah sesuai dengan list dalam SMU atau tidak.
  9. Jika sudah selesai, maka barang akan dikirim ke alamat tujuan.    

Cara kirim barang dari dan ke luar negeri

Yang perlu dicatat dalam pengiriman barang lewat cargo dalam hal ini menggunakan SMU, adalah barang atau paket yang akan dikirim akan diantar oleh kamu sebagai konsumen ke gudang ekspedisi cargo. Alasannya cukup jelas, agar biaya pengiriman barang jadi lebih murah, karena memangkas biaya pengiriman barang. Ingin proses pengiriman barang yang cepat tidak sulit, disediakan pula layanan pengambilan barang langsung ke alamat tujuan, tapi tentu saja ada biaya tambahan untuk hal tersebut.

Yang harus kamu ketahui, dalam hal ini cara pengiriman barang internasional dan pengiriman barang dari luar negeri ke indonesia atau domestik tidak jauh berbeda. Yang membedakan hanya harga pengirimannya saja. Untuk mencari  pengiriman barang murah, maka kamu harus mencari tahu list harga layanan yang diberikan terlebih dahulu.

Adapun cara pembayaran sendiri, biasanya dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan melakukan pembayaran di muka atau DP, tapi bisa juga yang langsung cash ketika barang sudah sampai ke alamat tujuan. Sedangkan jika pengiriman barang sudah sampai tujuan, baik itu ke alamat di Indonesia, dalam hal ini kamu atau pihak penerima yang berada di luar negeri. Biasanya akan ada pemberitahuan lebih lanjut. Jika kamu menggunakan layanan door to door, maka barang akan langsung dikirim ke alamat yang dimaksud. Lain jika menggunakan layanan door to port, maka pihak penerima harus mengambil paket ke gudang ekspedisi yang ada di negara atau tempat tujuan.