5 Cara Pengelolaan Rak Gudang yang Efektif

0
30
rak gudang

Gudang mungkin bukan bagian paling rapi dari bisnis Sobat Shipper, tetapi tempat penyimpanan adalah ruang yang paling penting dari lokasi fisik yang Sobat Shipper miliki.

Dalam banyak hal, gudang merupakan pusat operasi sebuah toko, baik fisik maupun online. Di situlah tempat rak gudang yang dipenuhi stok produk Sobat Shipper berada, di mana Sobat Shipper melakukan inventaris untuk memenuhi permintaan pelanggan. 

Saat Sobat Shipper mengelola tempat penyimpanan dengan efektif, Sobat Shipper sudah melakukan langkah awal untuk mengembangkan bisnis yang dimiliki. Namun, kalau Sobat Shipper tidak mengorganisir rak penyimpanan barang di gudang dengan baik, semua kegiatan bisnis yang Sobat Shipper lakukan di dalam dan luar gudang akan kacau. 

Nah, untuk membantu Sobat Shipper, inilah beberapa tips yang bisa Sobat Shipper lakukan untuk mengelola rak gudang besi milik Sobat Shipper.

1. Memaksimalkan ruang vertikal

Jangan hanya berpaku pada penyimpanan di lantai, terutama kalau gudang Sobat Shipper memiliki langit-langit yang cukup tinggi. Carilah rak gudang besi yang kokoh dengan tinggi yang sesuai dengan ketinggian langit-langit gudang, tapi tidak harus mencapai langit-langit. 

Semakin banyak stok yang bisa Sobat Shipper simpan di rak tersebut, semakin banyak ruang di lantai untuk bergerak dengan leluasa. Jangan lupa juga untuk membeli bangku atau tangga yang kokoh dan mudah untuk dipindahkan sehingga Sobat Shipper bisa mencapai rak tertinggi dengan aman. 

2. Produk berat di bawah, sedangkan produk ringan di atas

Untuk tetap menjaga keamanan diri Sobat Shipper, simpan stok terberat sedekat mungkin dengan lantai. Selain akan mencegah risiko rak rusak karena roboh, hal ini juga akan mencegah risiko cedera saat Sobat Shipper memindahkan barang-barang tersebut.

Sebaliknya, untuk stok yang lebih ringan, sebaiknya disimpan jauh dari lantai untuk mencegah tumpukan dan risiko tersandung. Selain itu, dengan disimpan di rak gudang yang sejajar dengan jarak pandangan, Sobat Shipper bisa dengan mudah menemukan produk berukuran kecil. 

3. Investasi dengan rak gudang yang tepat

Memilih rak penyimpanan barang di gudang adalah langkah yang cukup mudah untuk mengelola gudang dengan tepat. Ada banyak jenis rak gudang yang bisa Sobat Shipper pilih untuk melengkapi tempat penyimpanan. Ada rak, laci, boks, lemari, meja, dan masih banyak lagi. 

Jenis yang tepat adalah jenis yang sesuai dengan kebutuhan Sobat Shipper. Hal ini bergantung pada stok yang akan Sobat Shipper simpan. Tapi untuk kemudahan, unit penyimpanan mobile adalah pilihan yang menarik karena mudah dipindahkan, sehingga Sobat Shipper bisa memaksimalkan ruang gerak dalam gudang.

4. Gunakan untuk semua rak gudang 

Salah satu kunci utama untuk tempat penyimpanan yang berfungsi  dengan baik adalah menciptakan sistem organisasi yang baik pula. Sobat Shipper sebaiknya membagi stok yang ada menjadi beberapa kategori dan beri label. Demikian juga dengan rak penyimpanan barang di gudang.  

Setelah Sobat Shipper memilih sistem yang sesuai, patuhilah itu, terutama kalau Sobat Shipper memiliki gudang yang luas. Dengan demikian, Sobat Shipper bisa menemukan stok dan melakukan inventaris dengan mudah dan cepat. 

5. Siapkan area pengiriman dan penerimaan khusus

Gudang Sobat Shipper membutuhkan tempat untuk menerima dan membuka kotak semua stok dan mengepak dan mengirim pesanan. Siapkan meja di dekat pintu dengan ketinggian yang nyaman, dan sediakan area yang cukup lega dan bersih di mana kotak dapat ditempatkan dan stok mudah ditumpuk sementara.

Nah, dengan memulai mengorganisasi dan menerapkan beberapa kebijakan, Sobat Shipper bisa memastikan bahwa rak gudang berfungsi dengan efektif dan efisien, dan menghindari inventaris tempat penyimpanan yang kacau balau.

Dan tentu saja, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id