Cara Optimasi Facebook Ads Agar Customer Repeat Order

0
81
optimasi facebook ads

Dalam dunia digital marketing, Facebook Ads sudah tidak asing lagi. Berjuta pelaku usaha menggunakan platform ini untuk memasarkan produknya. Keefektifan dan luasnya jangkauan menjadi salah satu alasan mengapa pengguna Facebook Business meningkat setiap tahunnya.

Menurut data yang dirilis hubspot, pada tahun 2020, Facebook Ads disebut bisa menjangkau 2,1 Miliar pengguna dari seluruh dunia. Atas fitur ajaib ini, Facebook bahkan mengumpulkan keuntungan sebesar $27,1 Miliar atau setara dengan Rp 385 Triliun. 

Nah, keuntungan yang didapat Facebook tentunya sejalan dengan para pelaku Facebook Ads yang setia menggunakan fitur ini untuk berbisnis. Selain bisa menggaet customer, tentunya kamu berharap supaya audiens tersebut repeat order. Dengan optimasi Facebook Ads, kamu bisa mewujudkan itu. 

Keuntungan Beriklan dengan Facebook Ads

Facebook Ads merupakan iklan yang ditawarkan Facebook untuk pelaku bisnis. Nantinya konten iklan akan ditayangkan di laman pengguna. Beragam keuntungan bisa diraih dari iklan Facebook ini, berikut ulasannya. 

1. Jumlah Pengguna Aktif Banyak

Pengguna Facebook bukan hanya banyak tapi juga dinyatakan aktif. Menurut penelitian yang dilakukan oleh We Are Social, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu selama 3 jam 23 menit untuk mengakses media sosial. Dari riset itu pun disebutkan bahwa Facebook memiliki trafik kunjungan paling tinggi. 

2. Jenis Demografi Audiens Beragam 

Tak hanya banyak jumlahnya, pengguna Facebook juga memiliki demografi yang beragam. Jika Instagram lebih banyak digunakan oleh generasi millennial dan Z, Facebook bisa menjangkau generasi baby boomers juga. 

3. Target Bisa Spesifik 

Facebook juga sangat menguntungkan untuk social media marketing karena kamu bisa membuat target iklan menjadi sangat spesifik. Kategori yang dipilih saat menentukan target tak hanya soal rentang usia dan jenis kelamin, namun banyak kategori lainnya yang bisa dipilih. Ada kategori lokasi, minat hingga hobi yang bisa membuat iklan Facebook lebih bisa tepat sasaran. 

4. Cocok untuk Segala Jenis Online Marketing 

Sobat Shipper tentunya memiliki tujuan berbeda-beda ketika ingin menggunakan internet marketing. Ada yang ingin menjual langsung di platform tertentu, atau pun ingin meningkatkan trafik website juga brand awareness.

5. Biayanya Terjangkau

Yang ini juga menjadi keuntungan promosi online di Facebook Ads, biaya yang relatif murah. DIbandingkan platform lain, Facebook bisa dibilang memiliki channel marketing sangat terjangkau. Hanya dengan minimal Rp 10 Ribu, kamu sudah dapat beriklan di Facebook. 

Tips Optimasi Facebook Ads

Setelah tahu keuntungan yang bisa didapat dari Facebook Ads, sekarang saatnya Sobat Shipper menyimak tips optimasi facebook ads supaya targetmu melakukan repeat order. Berikut kami rangkum untuk kamu. 

1. Riset tentang Target Audiens

Hal pertama yang paling bisa membantu optimasi Facebook Ads adalah mengetahui dengan pasti target audiens. Ini berarti kamu harus tahu dulu target pasar bisnismu siapa secara spesifik. 

Jika kamu telah menggunakan Facebook Ads sebelumnya, platform ini juga punya fitur yang bisa membuat kamu lebih paham tentang audiens. Kamu hanya perlu buka fitur Facebook Ads Manager, kemudian pilih audience insight. Di sana kamu akan menemukan demografi pelanggan konten iklan mu.

Jika kamu adalah pemula, jangan khawatir. Kamu tetap bisa melakukan riset melalui fitur yang sama, Facebook Ads Manager. Caranya kamu tinggal buka menu yang sama, kemudian pilih profil Facebook yang ingin kamu riset, lalu pilih audience insight. 

Mengetahui dengan pasti cara targeting Facebook Ads akan membuat kamu membuat konten iklan yang sesuai dengan minat para target. Dengan membuat konten yang relate, dijamin mereka akan kembali menggunakan produk atau jasamu.

2. Pakai Engagement Campaign untuk Promosi Iklan

Setelah membuat konten iklan sesuai dengan cara targeting Facebook Ads, kamu bisa mengoptimalkannya dengan membuat campaign, salah satunya engagement campaign. Fitur ini memungkinkan para calon pelanggan untuk berinteraksi dengan postingan promo yang kamu tawarkan. 

Caranya, kamu harus membuka Facebook Manager, kemudian pilih iklan yang sudah ditayangkan. Lalu, pilih ‘Create’ dan ‘Engagement’. Kemudian, klik ‘Post Engagement’ dan isi judul kampanye yang ingin kamu publikasikan.

Setelah itu, kamu diarahkan untuk memilih demografi target. Jangan lupa untuk mengisi sedetail mungkin supaya iklan kamu bisa mencapai audiens yang tepat. 

Dengan jenis kampanye ini, konten iklan mu akan diarahkan algoritma Facebook untuk para audiens yang bersedia memberikan feedback langsung. Tentunya, cara optimasi ini juga sangat efektif untuk membawa mereka kembali melakukan transaksi.

3. Perkuat Facebook Leads

Salah satu faktor penting dalam membawa customer melakukan repeat order adalah memperkuat leads. Apa itu Leads? Leads adalah orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan setia karena bersedia meninggalkan kontak mereka. 

Dengan mendapatkan leads, kamu bisa memulai promosi produk apapun melalui kontak mereka. Leads juga berpotensi besar untuk melakukan transaksi atas apa yang kamu tawarkan, tak sekadar tertarik dengan melihat-lihat saja.

Lewat Facebook Ads, kamu juga bisa menggaet banyak leads dengan menggunakan tipe iklan Cost per Action atau pay per lead. Dalam tipe ini, kamu hanya akan membayar ketika pelanggan melakukan aksi tertentu di landing page bisnismu. 

Memperkuat Facebook Leads juga dapat membuat para pelanggan kembali memilih bisnismu karena kemudahan informasi yang didapatkannya.

4. Mengecek Rutin Performa Iklan di Facebook

Facebook Ads memang dikatakan sebagai platform iklan yang cukup efektif, namun tak menutup kemungkinan bahwa kontenmu tidak mencapai target yang diinginkan. Maka dari itu, cara optimasi facebook ads selanjutnya adalah mengecek rutin performa iklan di Facebook Business mu. 

Caranya, kamu bisa membuka Facebook Ads Manager, kemudian pilih Ads Report. Di kolom ‘Performance’ akan ada hasil konversi dari iklan mu. Berapa banyak engagement yang didapat, hingga jumlah audiens yang melakukan interaksi. 

Kamu juga bisa optimalkan fitur ‘Breakdown’ untuk melihat demografi audiens yang lebih spesifik. Di menu ini kamu akan lihat laporan lengkap tentang pengguna yang tertarik akan iklanmu. Data tersebut dari mulai umur, lokasi, gawai yang dipakai hingga kecenderungan minat mereka.

Dengan memanfaatkan optimasi Facebook Ads, kamu bisa menggaet lebih banyak lagi konsumen yang melakukan repeat order. Tak hanya bidang promosi, kamu juga harus selalu meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Selain itu, meningkatkan pelayanan terhadap konsumen juga sangat penting. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!