Cara Menulis Format Kirim Paket yang Baik dan Benar

0
134

Kenapa kamu mesti tulis format kirim paket dengan benar dan sesuai format standar yang digunakan semua ekspedisi? Sebab, pengisian form kirim paket yang baik dan benar dapat memudah ekspedisi mengantarkan barang sampai dengan selamat tanpa tujuan. Pengirim yang tak benar akan sangat memengaruhi pada perkiraan waktu pengiriman.

Karenanya petugas pengirim ataupun kurir perlu melakukan pemeriksaan dahulu, dimana alamat yang kamu tunjukkan pada kota tersebut terletak di daerah mana.  Indonesia sendiri terdapat ribuan pulau, dan di sana terdiri atas kabupaten yang tiap kabupatennya ada yang nama kotanya sama maupun hampir mirip.

Tata Cara Pengisian Format Kirim Paket

Di bawah ini akan menjelaskan tata cara menulis destinasi, alamat, dan lokasi tujuan pengiriman barang.

Cara Tulis Alamat Pengiriman untuk Dokumen atau Surat

• Di sebelah belakang baik itu kiri atas atau bawah kamu tulis lengkap alamat, nama pengirim, dan kontak nomor telepon. Alamat yang tertulis harus sesuai dengan kartu identitas yang masih berlaku.

• Sementara bagian depannya di kanan atas atau bawahnya kamu isi lengkap tujuan pengiriman yakni nama penerima barang, kontak penerima, Nomor Jalan, RT serta RW, Desa atau Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, dan terakhir Kode Pos daerah penerima.

Cara Tulis Format Pengiriman di Box atau Kardus

Berbeda dari penulisan alamat untuk surat atau dokumen, pada paket yang dibungkus kardus dan box cukup kamu tulis alamat identitas pengirim maupun penerimanya di bagian depan saja.

• Sebelah kiri atas kamu tulis nama pengirimnya, lalu kontak telepon atau Hp, setelah itu alamat pengirim seperti nama dan No. Jalan, RT dan RW, Desa, Kecamatan dan Kabupatennya. Sebisa mungkin alamat yang ditulis lengkap, supaya bisa digunakan jika terjadi kesalahan dalam pengiriman ataupun hal lainnya yang membuat barang itu mesti dikembalikan pada pengirim.

• Di bagian kanan bawah ditulis lengkap nama penerima paket, kontak Hp atau nomor telepon, alamat penerima berupa nama dan No. Jalan, RT dan RW, Desa, Kec., Kab., Provinsi, serta Kode Posnya.

Pada penulisan penerima seharusnya lebih detail. Lihat proses cek resi untuk konfirmasi barang sampai sesegera mungkin ke tempat tujuan jauh lebih mudah.

Cara Menulis Format untuk Kargo

Lantas, bagaimana dengan pengiriman memakai cargo?

Pada penulisan alamat tentu sangat dibutuhkan tiap mitra kargo yang mempunyai tugas mengantar paket dengan LCL supaya barang tersebut dapat di antar ke tempat tujuan tepat waktu, sesuai dengan yang telah ditentukan sebelumnya. Lalu apa itu LCL? LCL merupakan jenis jasa pengiriman barang ekspedisi yang ada di Indonesia.

Jadi pada pengiriman ekspedisi LCL ini terdapat barang kiriman dari customer, dimana barang tersebut akan dicampur barang milik pelanggan lainnya yang juga sedang menggunakan layanan tersebut pada truk atau mobil ekspedisi. 

Penting sekali kamu perhatikan alamat pengirim maupun penerima yang akan ditulis, agar format kirim paket tak salah tulis hingga barang tidak sampai tujuan.