Beberapa Cara Mengirim Paket ke Luar Negeri dengan Mudah

0
62
kirim paket ke luar negeri

Kirim paket ke luar negeri tidak jauh berbeda dengan mengirim paket di dalam negeri, hanya saja ada beberapa ketentuan yang perlu kamu penuhi. Secara umum, kebanyakan jasa pengiriman menerapkan bobot minimal 10 kg. Ada juga pajak pengiriman yang harus dibayar. Namun untuk lebih detailnya, kamu bisa menanyakan langsung kepada penyedia jasa ekspedisi karena setiap ekspedisi memiliki ketentuan masing-masing. Cara kirim paket ke luar negeri yang perlu kamu perhatikan adalah:

1. Barang yang hendak kamu kirim harus dikemas dengan baik dan benar.

2. Pastikan dulu jasa ekspedisi yang kamu pilih menyediakan layanan antar ke luar negeri.

3. Serahkan paket kepada ekspedisi dan lengkapi formulir pengiriman paket.

4. Bayarkan biaya kirim sesuai ketentuan ekspedisi.

5. Minta nomor resi untuk memudahkan tracking dan tracing paket kamu.

6. Cek status pengiriman paket secara berkala hingga sampai tujuan.

Biaya Kirim Paket ke Luar Negeri

Biaya kirim paket ke luar negeri bergantung pada berat paket dan negara tujuan. Semakin dekat negara tujuan dan semakin ringan berat paket, maka akan semakin murah juga. Biaya pengiriman paling murah senilai Rp.100.000.

Untuk memudahkan pembayaran, penyedia ekspedisi memiliki pilihan metode pembayaran dari berbagai bank hingga bekerja sama dengan PayPall. Penyedia ekspedisi juga acap kali membuat promosi berupa potongan biaya kirim paket bagi pengguna layanan online dengan metode pembayaran transfer dari bank tertentu.

Jalur Pengiriman Paket ke Luar Negeri

1. Pengiriman Paket Via Udara

Pengiriman paket via udara ini tentunya menggunakan pesawat untuk sampai ke luar negeri. Keuntungan metode ini adalah barang yang kamu kirim bisa sampai lebih cepat karena jadwal berangkat pesawat ada setiap hari. Kamu bisa memilih metode ini bila barang yang ingin kamu kirim bersifat urgen. Namun perlu diingat bahwa pengiriman via udara cukup mahal. Kekurangan lainnya adalah kamu tidak bisa mengirimkan barang yang terlalu berat karena kapasitas beban pesawat tidak terlalu besar. Barang yang dianjurkan dikirim via udara adalah dokumen atau surat–surat penting serta barang yang tidak memiliki jangka waktu simpan yang lama.

2. Pengiriman Paket Via Laut

Pengiriman paket via laut menggunakan kapal besar pengangkut barang (kapal kargo). Di dalam kapal biasanya terdapat tumpukan kontainer. Keuntungan menggunakan metode ini adalah tarifnya yang lebih murah dibandingkan pengiriman via udara. Selain itu kamu bisa mengirimkan barang yang jauh lebih berat atau jauh lebih banyak karena kapal memiliki kapasitas penampungan yang tinggi. Kekurangannya adalah pengiriman via laut memakan waktu yang jauh lebih lama karena kapal kargo hanya akan berangkat jika jumlah muatannya sudah banyak. Kapal kargo biasanya dijadwalkan berangkat satu bulan sekali setelah semua muatan terkumpul.

Bagi kamu yang ingin mengirimkan barang ke luar negeri bisa memilih jasa ekspedisi melalui Shipper. Kamu bisa memeriksa biaya kirim paket ke luar negeri melalui aplikasi kami. Shipper juga menyediakan layanan penjemputan paket, kamu tinggal jadwalkan saja kapan paket kamu ingin diambil lalu sisanya tinggal tracking dan tracing dari aplikasi kami deh! Untuk info lebih lanjut, kunjungi websitenya di shipper.id