Apa Itu Instagram Shopping dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

0
33

Sobat Shipper pernah mendengar tentang Instagram Shopping? Jika selama ini Sobat Shipper menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi mungkin sudah tidak asing dengan Instagram Shop. IG Shopping sangat efektif digunakan untuk online seller agar jualannya makin laris manis. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai apa itu Instagram Shopping dan cara jualan di Instagram shop!

1. Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur dari Instagram yang khusus untuk membantu penjual memasarkan produknya di media sosial Instagram. IG Shopping tidak hanya memudahkan penjual, tapi juga memberi kemudahan pelanggan berbelanja tanpa harus pindah aplikasi. Sobat Shipper bisa membuat katalog produk atau menambahkan tag produk di postingan feeds dan instastory. 

Manfaat Instagram Shopping bagi penjual yaitu bisa membuat etalase toko online seperti pada e-commerce. Bedanya, etalase toko ini ada pada akun Instagram bisnis Sobat Shipper. Tentu ini jauh lebih praktis, khususnya bagi Sobat Shipper yang terbiasa berjualan di media sosial. 

Mengapa perlu menggunakan IG Shopping? Salah satu alasannya karena Instagram merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak. Sehingga sangat cocok sebagai tempat memasarkan produk ke lebih banyak target pelanggan. Semakin mudah pelanggan melakukan transaksi maka semakin besar tingkat penjualan yang bisa Sobat Shipper dapatkan.

2. Bagaimana Cara Menggunakan Instagram Shopping?

Tidak ada salahnya Sobat Shipper menambah media berjualan online selain website toko online dan marketplace. IG Shopping dapat menjadi media jualan yang menguntungkan. Tertarik mencoba cara jualan di Instagram Shop? 

Jika Sobat Shipper ingin membuat IG Shopping pastikan bisnis tersebut benar-benar ada. Sebab, sebelum memulai membuka toko di Instagram, Sobat Shipper perlu memenuhi syarat kelayakan perdagangan dari Instagram. Syarat tersebut bisa di cek di sini.

Setelah bisnismu memenuhi syarat dan ketentuan dari Instagram, Sobat Shipper bisa memulai cara buat Instagram Shopping.

Cara membuat Instagram Shopping yaitu:

  1. Untuk mengaktifkan IG Shopping, Sobat Shipper harus punya website dan Facebook Page.
  2. Pastikan akun Instagram sudah menjadi akun bisnis dan hubungkan ke Facebook Page.
  3. Buat katalog produk di Facebook Page menggunakan Facebook Business Manager.
  4. Buka akun IG dan aktifkan Instagram Shopping di bagian setting > sign up for shopping.
  5. Setelah mendapat notifikasi IG Shopping disetujui oleh Instagram, aktifkan toko online-mu dengan cara buka setting > business setting > shopping > product catalogue > done
  6. Sekarang toko online-mu di Instagram sudah aktif dan bisa digunakan.
  7. Buatlah konten jualan yang menarik dengan menggunakan fitur tag product pada postingan feeds dan instastory.  

Sobat Shipper, tidak sulit kan cara jualan di Instagram Shop? Setelah membuat Instagram Shopping jangan lupa untuk selalu mengelola akun Instagram bisnismu dengan maksimal ya. Buat konten-konten interaktif yang dapat menarik minat calon pelanggan. Kembangkan terus akun Instagram bisnis supaya pengikutnya terus bertambah dan jualan semakin laris. Unggah konten secara berkala dengan konten yang bermanfaat untuk target pelanggan. 

Penting bagi online seller yang berjualan di Instagram Shopping untuk menyediakan jasa pengiriman yang terbaik. Shipper adalah solusi layanan pengiriman terpercaya dan harga bersaing. Cocok untuk Sobat Shipper yang mempunyai bisnis online. Sobat Shipper dapat menjadwalkan pengiriman secara online dan mendapatkan gratis biaya jemput paket. Masih banyak keuntungan yang Shipper tawarkan untukmu. Yuk, klik https://shipper.id!