Skip to content

Cara Menggunakan Google Ads Bagi Pemula

Cara menggunakan Google Ads – Pasti Sobat Shipper sudah tidak asing lagi dong ya, dengan metode iklan Google yang satu ini. Yup, iklan Google atau yang acap kali disebut sebagai Google AdWords merupakan sebuah metode pengiklanan yang tengah populer dan dinilai memiliki prospek yang baik.

Iklan Google ini memiliki begitu banyak peranan bagi para pebisnis, baik pebisnis perintis maupun pebisnis besar sekalipun. Ya, terutama untuk kamu yang baru merintis bisnis nih, Sob. Dengan memasang Google Ads yang ruang lingkupnya luas, maka bisnis maupun produk mu memiliki kesempatan untuk dikenal banyak orang.

Tapi… Dikala baru merintis bisnis, mungkin Google Ads ini menjadi sesuatu yang baru bagi Sobat Shipper. Nah, maka dari itu artikel ini akan menyajikan berbagai informasi cara menjalankan Google Ads dan cara menggunakan Google Ads yang tepat agar dapat membantu kamu dalam berbisnis. Tak hanya itu, Sobat Shipper juga akan disuguhkan dengan panduan lengkap melakukan pendaftaran pada Google Ads.

Seperti apa saja sih, pembahasannya? Yuk, kita tinjau mulai dari sekarang!.

1. Mengenali Apa Itu Google Ads

Pertama-tama mari kita berkenalan terlebih dahulu, tentang apa itu Google Ads? Google AdWords atau yang sering kali disebut sebagai Google Ads adalah layanan periklanan yang diminati banyak orang, dan tengah menjadi tren saat ini. Adanya Google Ads ini, dapat membantu Sobat Shipper untuk menampilkan  iklan yang relevan bagi para audiens

Google Ads ini pertama kali dirilis pada tahun 2000 silam, dan telah membantu tindak pengiklanan terhadap jutaan pebisnis. Tentunya, Sobat Shipper harus melakukan pembayaran terhadap layanan pengiklanan ini, agar iklan yang Sobat Shipper tampilkan, dapat muncul ketika pencarian menggunakan keyword tertentu diberlakukan pada mesin pencarian Google.

2. Pentingnya Memberlakukan Riset

Pada Google Ads, iklan ditampilkan pada mesin pencarian Google, dengan kata kunci tertentu yang relevan terhadap produk ataupun jasa milik Sobat Shipper. Maka dari itu, riset terhadap kata kunci pun amat diperlukan dalam penerapan Google Ads ini. Antara lain platform yang dapat digunakan dalam riset kata kunci ini adalah Google Keywords Planner, Ubersuggest, WordTracker, KWFinder, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, sebelum membuat periklanan tentu kamu butuh gambaran kan, Sob? Maka dari itu, riset terhadap kompetitor juga sama pentingnya untuk dilakukan. Berbagai riset yang dapat kamu terapkan antara lain seperti, memperhatikan jelas bagaimana tata kalimat iklan dibuat, meninjau kata persuasif yang digunakan, sampai penyampaian seperti apa yang telah diberikan.

Eits, pemberlakuan riset kompetitor ini bukan berarti untuk dijiplak ya… Layaknya pembuatan konten pada umumnya, dalam membuat iklan Sobat Shipper juga perlu membangkitkan inovasi dan kreativitas dalam diri sendiri.

3. Tindak Pembayaran Terhadap Google Ads

Sebelum memberlakukan pengiklanan terhadap Google Ads, beberapa hal penting untuk Sobat Shipper tinjau dan pertimbangkan. Salah satunya adalah pada modal iklan, yang jangan sampai berakibat merugikan karena terlampau besar dibanding dengan penghasilan. Oleh karenanya, peninjauan dan evaluasi penting untuk Sobat Shipper lakukan secara berkala dan terperinci.

Perlu diperhatikan, bahwa ada beberapa cara pembayaran yang dapat dilakukan pada Google Ads. Salah satunya adalah pembayaran terhadap iklan yang hanya perlu dilakukan ketika ada audiens yang melakukan pengeklikan ataupun bentuk interaksi lainnya. Yang mana hal ini biasa disebut sebagai “Pay per Thousand Impression”. Atau yang dapat diartikan sebagai, “kamu akan dikenakan biaya hanya setiap ada 1000 orang yang menyaksikan iklan pada halaman mesin pencarian Google.”

Tak hanya istilah “Pay per Thousand Impression” Istilah lain yang juga ditemui dalam cara pembayaran Google Ads ini adalah  “Pay per Click” Atau umumnya disingkat sebagai PPC. Nah, pada sistem PPC ini Sobat Shipper diharuskan untuk melakukan pembayaran ketika audiens melakukan interaksi layaknya mengklik iklan. Sedangkan, jika iklan tersebut hanya dilihat begitu saja tanpa adanya pengeklikan, Google tidak akan melakukan penarikan biaya.

Cara pembayaran lain yang dapat dilakukan adalah Biaya Per Konversi (Pay per Conversion) dimana pada cara yang satu ini, pembayaran wajib untuk dilakukan terhadap Google, hanya ketika audiens memenuhi target yang telah ditentukan. Contohnya adalah ketika mereka sungguh-sungguh melakukan pengaksesan terhadap situs iklan yang ditampilkan,  yang mana ini dapat ditinjau dari durasi waktu memperhatikan situs, produk apa yang nantinya akan dibelanjakan, layanan apa yang kemudian akan digunakan, dan paket langganan yang bisa mereka tentukan.

4. Tata Cara Daftar Google Ads

Sebelumnya kita telah membahas berbagai konsep dan tata kerja yang berlangsung terhadap Google Ads. Lantas, apakah Sobat Shipper telah tertarik untuk menggunakan jasa Google Ads ini? Karena selanjutnya yang perlu dilakukan, adalah pendaftaran terhadap akun di Google Adwords.

Dan berikut adalah proses pendaftaran serta pembayaran pada Google Ads :

1. Buka Browser dan Mulai Akses Situs Google Ads

Langkah pertama yang perlu Sobat Shipper lakukan adalah membuka platform browser, dan memulai akses terhadap situs Google Ads. Ada baiknya, Sobat Shipper melakukan berbagai bentuk peninjauan terlebih dahulu, sebelum masuk ke proses pendaftaran.

2. Memberlakukan Proses Sign In

Setelah meninjau tampilan dan isi website Google Ads, selanjutnya Sobat Shipper dapat memberlakukan proses Sign In dengan mengklik tulisan “Get started” atau dapat disebut sebagai “Mulai sekarang”. Setelahnya, kamu pun bisa memilih opsi yang bertuliskan “Akun Google Ads baru.”

3. Menampilkan Berbagai Pertanyaan

Sebelum benar-benar melakukan periklanan, pada proses pendaftaran ini Sobat Shipper akan disajikan dengan berbagai bentuk pertanyaan yang harus dijawab. Yang mana pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain meliputi, tujuan pokok penggunaan layanan periklanan, penamaan yang digunakan terhadap bisnis, alamat situs yang akan dikunjungi audiens setelah mengklik iklan, dan jangkauan penargetan terhadap konsumen.

4. Melakukan Berbagai Pengisian Lainnya

Tak sampai disitu, karena ada beberapa pengisian lain yang perlu Sobat Shipper lakukan selanjutnya, dan hal tersebut adalah pengisian terhadap keyword atau kata kunci terhadap pencarian produk maupun jasa. Namun, perlu diingat ya Sob… Untuk jangan lupa memberlakukan riset keyword terlebih dahulu.

Kemudian setelahnya, kamu juga bisa melakukan pengisian terhadap kolom yang meliputi headline dan deskripsi iklan, pengisian terhadap nomor ponsel pun juga ikut disertakan sebagai narahubung yang nantinya dapat dihubungi konsumen.

5. Memilih Opsi Pembayaran

Setelah melakukan seluruh prosedur pendaftaran, selanjutnya akan muncul tiga pilihan paket pembayaran yang dibuat oleh Google, yang mana paket pembayaran ini akan Sobat Shipper bayarkan di setiap bulannya.

Google Ads ini sifatnya fleksibel, maka dari itu Sobat Shipper akan diberikan kebebasan untuk menentukan budget atau paket pembayaran mana yang nantinya akan dipilih. Oh iya, setelah selesai menentukan paket pembayaran, jangan lupa untuk menyelesaikan transaksi pembayaran dengan baik dan tepat ya.

Nah, Sobat Shipper itu dia pembahasan mengenai Google Ads, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan untuk membantu bisnis mu ya… Jika banjir orderan mulai melanda karena pengiklanan yang Sobat Shipper terapkan sukses, Sobat Shipper bisa mempertimbangkan untuk menggunakan tools otomatisasi untuk membantu mengelola inventori, layaknya Atoor yang dapat mengoptimalkan layanan penjualan kamu.

Yuk, langsung saja cek ragam informasi menarik mengenai Atoor di Shipper.id!

Shipper Indonesia

Shipper Indonesia menjemput paket Anda dan mencarikan harga pengirim terbaik dari agen pengiriman ternama. Cukup siapkan pesanan, jadwalkan waktu penjemputan, dan kami akan mengurus sisanya, pengiriman jadi mudah.

Blog Shipper!

Berlangganan Blog Shipper sekarang dan dapatkan informasi seputar tips dan tren kembangankan bisnis online!

Ingin konsultasi lebih lanjut?
Isi data Anda di sini:

Discover more from Shipper

Subscribe now to keep reading and get access to the full archive.

Continue reading

Kontak Sales