Tutorial Cara Menggunakan Facebook Ads Untuk Pemula

0
131
facebook ads

Facebook menjadi media sosial paling populer saat ini di Indonesia. Bagaimana tidak, menurut data dari internet world stats, sebanyak 175,3 Juta pengguna Facebook berasal dari Indonesia. Jumlah yang dirilis Maret 2021 lalu tersebut merupakan 63,4% dari total seluruh populasi di Indonesia.

Nah, Sobat Shipper bisa memanfaatkan media sosial ini, untuk membantu meningkatkan bisnis. Salah satunya dengan menggunakan Facebook Ads. Apa itu Facebook Ads dan bagaimana cara menggunakannya. Yuk, kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Facebook Ads

Facebook Ads merupakan fitur iklan yang disediakan Facebook untuk mempromosikan bisnis. Dengan pakai fitur ini, kamu bisa menjangkau lebih banyak calon customer dengan target yang tepat.

Pengguna Facebook yang terus meningkat menjadi salah satu alasan mengapa Facebook Ads perlu dimanfaatkan. Selain itu, fitur ini juga memiliki kelebihan lain, salah satunya biaya yang cukup terjangkau. Dengan budget minimal Rp 10 Ribu, kamu sudah bisa beriklan di Facebook.

Tak hanya itu, Facebook Ads juga bisa membuat bisnismu mencapai demografi audiens yang beragam. Ini menjadi penting untuk meluaskan brand awareness terhadap bisnismu. Setelah mengetahui demografi yang bermacam-macam, kamu bisa mempersempit target yang spesifik. Audiens tersebut bisa dipilih sesuai kategori usia, lokasi hingga minat dan hobi. 

Format dan Tipe Facebook Ads

Facebook Ads memiliki beragam jenis dan tipe. Seperti Instagram Ads, yang menawarkan jenis sesuai dengan postingan default, jenis Facebook Ads juga bisa beragam jenis dan bentuk. Berikut jenis-jenis facebook Ads yang bisa Sobat Shipper pilih.

  1. Facebook Photo Ad

Sesuai namanya, jenis yang pertama merupakan konten berupa foto atau gambar. Kamu bisa menyiapkan promosi produk/jasa yang ditawarkan bisnismu, dalam satu gambar. Jangan lupa perhatikan kualitas dan resolusi gambar dan konten yang menarik ya.

  1. Facebook Video Ad

Jika Sobat Shipper ingin menampilkan konten produk dalam bentuk video, bisa menggunakan tipe Facebook Ads yang satu ini. Selain memasarkan produk, biasanya jenis yang satu ini juga cocok jika kamu mau membuat deskripsi produk atau kampanye event.

  1. Slideshow

Jika kamu tak ada waktu untuk membuat video, namun ingin menampilkan beberapa konten dalam satu postingan, bisa dicoba tipe Facebook Ads yang satu ini. Dalam jenis Slideshow, kamu bisa menggabungkan 3 hingga 10 gambar, lho!

  1. Instant Experience

Untuk yang satu ini, cocok untuk menggaet target yang biasa menggunakan ponsel ketimbang laptop untuk membuka Facebook. Layaknya fitur Stories pada Instagram Ads, audiens juga bisa berinteraksi langsung dengan iklan yang dipajang, seperti mengklik link atau swipe menuju ke konten sepenuhnya.

Cara Menggunakan Facebook Ads

Setelah mengetahui apa itu Facebook Ads dan jenis-jenisnya, sekarang waktunya Sobat Shipper menyimak penjelasan lengkap cara menggunakan Facebook Ads, terutama bagi para pemula.

1. Buat Halaman di Facebook

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman Facebook. Caranya adalah dengan membuka Facebook Pages, lalu pilih jenis bisnis apa yang sesuai.

Setelah itu, kamu bisa mengisi seluruh informasi berkaitan dengan bisnismu. Dari mulai nama perusahaan, jenis produk, alamat hingga kontak pribadi.

Jangan lupa mengunggah foto profil dan sampul untuk menarik para audiens untuk datang ke halaman Facebook kamu. Ingat, semakin lengkap dan jelas profil bisnismu, semakin besar juga kemungkinan Facebook Pages kamu dikunjungi.

2. Buka fitur Facebook Ads Manager

Setelah membuat Facebook Page, Sobat Shipper waktunya memulai perjalanan untuk membuat iklan online di Facebook. Langkah pertama adalah buka Facebook Ads Manager. Kemudian pilih menu kampanye dan klik ‘buat iklan’.

Nantinya, kamu diarahkan untuk memilih satu dari dua jenis iklan. Ada Iklan Terpandu dan Iklan Cepat.

Jika kamu pilih Iklan Terpandu, kamu bisa memilih dengan spesifik segala hal yang berhubungan dengan targetmu. Sedangkan untuk Iklan Cepat, biasanya kamu diberi rujukan default.

3. Tentukan Tujuan, Jenis dan Target Audience

Tahap ini perlu diperhatikan benar-benar, karena berhubungan dengan informasi yang akan kamu capai nantinya. Yang pertama, kamu harus tentukan tujuan iklan kamu.

Secara umum, ada 3 kategori tujuan dalam Facebook Ads. Ada kesadaran/awareness, pertimbangan/consideration dan juga konversi/conversion.

Untuk pilihan kesadaran, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan merk kamu. Sedangkan untuk pertimbangan, tujuannya lebih untuk meningkatkan feedback dari audiens, karena kontennya biasanya interaktif. Adapun konversi, cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan penjualan lewat website.

Setelahnya, kamu bisa memilih target audiens yang ingin dicapai. Ada spesifikasi khusus yang bisa kamu pilih, supaya iklanmu bisa mencapai konsumen yang tepat. Kategori tersebut adalah usia, pekerjaan, minat, lokasi, jenis kelamin hingga koneksi.

 Adapun untuk jenis iklan yang ditawarkan di Facebook Ads, bisa disesuaikan dengan konten dan tujuan kamu. Beberapa yang bisa dipilih, yaitu CPC (iklan yang dibayar berdasarkan jumlah klik), CPM (biaya iklan dibayarkan per 1.000 penayangan) dan CPV (iklan yang dibayar per satu kali lihat).

4. Pilih Jadwal, Penempatan dan Format Iklan

Setelah selesai dengan pemilihan target dan tujuan, Sobat Shipper akan diarahkan menuju penempatan iklan. Akan ada dua opsi yang ditawarkan, apakah penempatan otomatis atau tertentu. Disarankan untuk memilih penempatan otomatis, karena Facebook yang akan memilih sendiri tempat terbaik untuk iklan kamu.

Kemudian, kamu juga akan diminta untuk memilih jadwal postingan iklan online yang akan tayang. Pilih tanggal memulai dan berakhir konten di Facebook Ads.

Sedangkan format iklan online di Facebook Ads, adalah gambar, video hingga slideshow, sesuai dengan yang telah kami jelaskan di atas.

5. Pilih Budget yang Sesuai

Setelah mengisi seluruh informasi terkait iklan, Sobat Shipper bisa menentukan biaya yang akan digunakan untuk beriklan di Facebook Ads. kamu bisa sesuaikan dengan budget yang ada, dengan jumlah minimal Rp 10 Ribu.

Nantinya, kamu juga akan diberikan pilihan cara pembayaran. Ada dua jenis cara bayar yang ditawarkan, yaitu dengan kartu debit dan kredit. Stepnya pun cukup mudah, yaitu memasukkan nomor kartu, waktu berlaku dan kode keamanan.

Setelah membayar harga Facebook Ads yang kamu pilih, Sobat Shipper tinggal menunggu penayangan konten dan menyambut para audiens baru di platform halaman Facebook.

Setelah memahami apa itu Facebook Ads, beserta cara menggunakannya, kamu tinggal mempraktekannya untuk meningkatkan penjualan bisnis kamu. Facebook Ads bisa sangat membantu bisnis kamu, jika dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Jangan lupa, siapkan konten terbaik dengan design menarik untuk menggaet perhatian calon consumer. Selain itu, meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen juga sangat penting. Kamu bisa gunakan jasa Shipper untuk menjaga kepercayaan pelanggan dalam pengiriman barang. Apa saja layanan yang Shipper punya? Yuk, kunjungi https://shipper.id!