4 Cara Mengetahui Biaya Pengiriman Logistik secara Langsung

0
516
logistik Indonesia

Kelebihan menggunakan jasa perusahaan logistik untuk mengirim barang adalah mudah dipantau. Berapa besar biaya yang dibutuhkan bisa diketahui sebelum melakukan pengiriman. Pebisnis online bisa menginformasikan kepada pembeli mengenai beban biaya kirim yang harus ditanggung dengan mudah.

Misalnya melalui cek ongkir JNE sesuai perhitungan jarak, berat serta ketersediaan asuransi berdasarkan jenis barang kiriman. Informasi biaya pengiriman atau sering disebut ongkir sangat berguna karena menentukan nominal pembayaran dari konsumen. Tidak jarang, permasalahan biaya kirim ini menjadi pertimbangan membeli barang. 

Pada kasus tertentu bisa jadi biaya ongkir lebih besar dibanding harga barang. Maka pembeli terlebih dahulu disarankan mengecek sendiri biaya pengiriman sebelum membeli secara online. Sehingga mereka tahu berapa besar uang yang dibutuhkan untuk membayar ongkos pengiriman tersebut. Berikut cara mengetahui biaya ongkir berdasarkan perhitungannya:

1. Cek berdasarkan pilihan durasi ongkir dari jasa ekspedisi

Membeli barang secara online dan jarak jauh yang menjadi pertimbangan utama adalah ongkir. Tarif pengiriman menjadi penambah nominal pembayaran dari konsumen. Banyak calon pembeli yang pada akhirnya membatalkan pesanan hanya karena permasalan tingginya ongkos kirim.

Sebab harga produk terlihat murah namun ketika ditotal dengan ongkir jumlahnya jadi sangat signifikan bagi pembeli. Kita saja pada saat tertarik dengan tawaran produk melalui internet terlebih dahulu menghubungi penjual untuk menanyakan ongkir. Jika memungkinkan terdapat beberapa pilihan ongkir sesuai jasa ekspedisi dan durasi pengiriman. 

2. Cek berat, tipe, dan jarak pengirimannya

Pengiriman standar dengan one day service atau layanan khusus tentu berbeda tarifnya. Semakin cepat semakin tinggi biaya ongkir yang harus ditanggung. Jangan buru-buru mengklaim biaya ongkir mahal. Cek dulu berdasarkan tipe, berat, dan jarak pengiriman. Untuk produk cepat rusak misalnya kosmetik dan parfume umumnya mahal.

Karena perlu pengemasan khusus serta resikonya dalam perjalanan. Beberapa jasa kirim barang menerapkan aturan ketat untuk jenis cairan seperti parfume. Karena resiko rusak lebih tinggi. Ongkir ditentukan oleh jarak dan berat, ini perhitungan utama. Semakin jauh jarak tempuh semakin besar biaya ongkir. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Jasa pengiriman Barang

Ongkir biasanya diinformasikan untuk tiap satu kilogram. Jadi jika penjual mengirim lebih dari itu akan dihitung satu kilogram berikutnya atau 2 kilogram. Contoh berat 1,25 kg, maka ongkos kirimnya tetap dihitung untuk 2 kg setiap pengiriman.

3. Cek melalui internet

Biaya pengiriman barang bisa diketahui secara umum melalui mesin pencarian internet. Melalui mesin pencarian konsumen atau seller bisa mengetahui tarif pengiriman barang pada beberapa perusahaan logistik sekaligus. Namun bisa lebih spesifik dengan memasukkan keyword yang relevan. 

Misalnya cek ongkir lion parcel, disini perlu data kota pengirim dan penerima barang. Jika tidak mengetahui alamat website perusahaan bisa langsung mengetikkan keyword pada browser. Akan langsung muncul informasi seperti yang diinginkan. Biaya pengiriman barang akan tertera dalam satuan perkilogram. 

Jadi bisa disesuaikan dengan beratnya kiriman namun umumnya terdapat juga ukuran dalam satuan volume. Selain melalui mesin pencari, seller atau konsumen bisa cek ongkir J&T di laman website perusahaan. Perusahaan besar umumnya menyediakan website resmi yang bisa digunakan untuk mencari berbagai informasi.

4. Cek dari website resmi perusahaan

Cara melakukan pengecekan biaya ongkos kirim logistik lainnya yakni melalui situs resmi bisa juga digunakan untuk cek ongkir SiCepat, jangkauan, jenis layanan, contact customer service, alamat kantor cabang, agen dan sebagainya. Kamu juga bisa menghubungi langsung perusahaan tersebut untuk mendapatkan informasi biaya kirim barang secara up to date dan cepat.

Yang pasti jangan salah pilih, pastikan hanya menggunakan jasa Shipper. Customer service online 24 jam akan sangat membantu semua kebutuhan kamu mengenai informasi pengiriman. 

Shipper adalah salah satu agregator logistik & warehouse di Indonesia yang menyediakan jasa pengiriman barang serta sewa gudang terpercaya. Dengan Shipper, kamu bisa memilih berbagai macam ekspedisi sesuai dengan kebutuhan bisnis online shop kamu. Selain itu, Shipper juga memiliki layanan customer service supportive selama 24 jam serta fitur tracking untuk melacak keberadaan paket yang sedang dikirim secara online dan akurat. Bebas kirim tanpa batas dan ke mana saja, Shipper solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek di www.shipper.id.