Pebisnis Perlu Tahu, Ini Cara Mengatur Keuangan Bisnis yang Efektif

0
47

Sobat Shipper, mengatur keuangan bisnis termasuk hal penting dalam sebuah bisnis. Tidak terkecuali bisnis online perlu mengatur keuangan dengan cermat. Pengaturan keuangan yang efektif berpengaruh terhadap untung atau rugi suatu perusahaan. Bagaimana cara mengatur keuangan bisnis yang efektif? Mari simak penjelasannya!

1. Bedakan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Hal pertama dalam mengatur keuangan bisnis yang penting namun kadang sering terlewati yaitu membedakan keuangan bisnis dan pribadi. Sobat Shipper perlu punya dua akun keuangan berbeda yaitu untuk bisnis dan pribadi. Hal ini agar keuangan pribadi dan bisnis tidak tercampur. Sehingga, Sobat Shipper lebih mudah mengetahui dan menganalisis pemasukan dan pengeluaran bisnis atau pribadi. 

2. Membuat Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan adalah cara yang efektif sebagai persiapan terhadap hal yang akan terjadi di waktu mendatang. Susun pos-pos pengeluaran bisnis Sobat Shipper dengan rinci misalnya untuk waktu satu bulan ke depan. Hal ini penting untuk mengatur keuangan bisnis, menghitung rencana pengeluaran dan mengantisipasi pengeluaran yang tidak sesuai. 

Rencana keuangan dapat juga berisi target penjualan satu bulan ke depan. Ini termasuk cara mengatur keuangan bisnis online. Sehingga, Sobat Shipper bisa mengukur berapa kira-kira pendapatan bulan depan dan pengeluarannya. Rencanakan dengan cermat untuk menghindari kerugian bisnis di masa mendatang.   

Baca Juga: Peranan Bisnis Ekspedisi Untuk Kebutuhan Belanja Online Indonesia

3. Catat Pengeluaran dengan Baik

Meskipun Sobat Shipper telah membuat perencanaan keuangan satu bulan ke depan, namun sangat mungkin ada pengeluaran di luar hal-hal yang sudah direncanakan. Maka dari itu, dalam mengelola keuangan bisnis penting untuk selalu mencatat pengeluaran dengan baik. Catat biaya operasional, faktur, biaya tagihan dan biaya lain yang berhubungan dengan bisnis sesegera mungkin. 

Sobat Shipper wajib selalu mengawasi arus kas keuangan perusahaan. Keuntungan bisnis dihitung tidak hanya berdasarkan uang masuk, namun setelah semua biaya dibayarkan. Jadi, akan lebih baik jika semua biaya terkait operasional bisnis segera dibayarkan tepat waktu agar lebih efektif dalam mengatur keuangan bisnis. 

4. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting ketika Sobat Shipper mengelola keuangan bisnis. Dana darurat berguna untuk hal-hal urgensi terkait bisnis di luar rencana keuangan yang ada. Cara menyiapkan dana darurat dapat dilakukan dengan menyisihkan beberapa persen dari keuntungan setiap bulan. Pastikan Sobat Shipper tidak memakai dana darurat tersebut kecuali benar-benar terdesak.  

5. Kembangkan Bisnis dari Keuntungan

Salah satu tujuan mengatur keuangan bisnis adalah untuk mengembangkan bisnis. Keuntungan harus diputar agar bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang. Sobat Shipper perlu strategi yang tepat untuk menggunakan keuntungan untuk mengembangkan bisnis. Beberapa cara yang dapat Sobat Shipper lakukan yaitu sebagian keuntungan dijadikan dana investasi, menambah produk dagangan dan jika memungkinkan membuka cabang usaha. 

Sobat Shipper itulah beberapa cara mengatur keuangan bisnis yang efektif. Ketika Sobat Shipper mengatur keuangan bisnis pastikan mengutamakan hal penting untuk kebutuhan bisnis. Jangan menggunakan semua keuntungan bisnis untuk keperluan pribadi. 

Sebagai pebisnis online tentunya Sobat Shipper memerlukan layanan pengiriman. Oleh karena itu, selain mengelola keuangan bisnis, bekerja sama dengan perusahaan pengiriman profesional juga penting. Percayakan kebutuhan pengiriman kepada Shipper! Dapatkan harga kompetitif dan segudang keuntungan dari Shipper sehingga bisnis Sobat Shipper semakin untung. Klik https://shipper.id

Baca Juga: 7 Alasan Bisnis Online Harus Punya Website